SOAL TRYOUT USBN MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS IX TAHUN 2019, 2020, 2021
SOAL TRYOUT USBN MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS IX TAHUN 2019, 2020, 2021

UJI COBA UJIAN SEKOLAH BERBASIS NASIONAL BAHASA INDONESIA
KELAS IX/ TAHUN PELAJARAN 2019/2020
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Daun pepaya sangat membantu meningkatkan jumlah trombosit bagi yang terkena demam berdarah dengue. Makna kata trombosit adalah …
    A. peredaran darah
    B. pembekuan darah
    C. keping-keping darah
    D. penyakit darah
  2. Kata yang mengalami perubahan makna karena tanggapan dua indera yang berbeda ( sinestesia) terdapat pada kalimat ….
    A. Wanita Indonesia sudah maju di segala bidang.
    B. Gadis cantik itu menjadi simpanan oknum pejabat.
    C. Setelah lulus pendidikan, ia pergi berlayar ke manca negara.
    D. Kata-katanya pedas, menyakitkan hari pendengarnya.
  3. Perhatikan penggalan teks berikut!
    Seseorang yang akan memasuki dunia kerja atau baru bekerja, sering mengalami rasa tidak percaya diri (1). Ia sering bertanya pada dirinya,” Apakah saya siap masuk ke dunia kerja?” (2) Bahkan, bagi para karyawan baru, meskipun telah diberikan pelatihan, rasa gamang saat pertama kali menghadapi pekerjaan atau klien membuat dia percaya diri, ini sering terjadi (3). Apalagi, mendapat staf senior yang ketus atau galak, mereka menjadi was-was dan merasa diri tidak mampu (4). Kondisi persaingan saat ini yang makin ketat, membuat perusahaan tidak cukup waktu untu mempersiapkan para karyawan barunya agar terampil, seperti yang dilakukan sekitar 20 tahun yang lalu, di waktu persaingan usaha belum seketat sekarang (5).
    Ide pokok paragraf tersebut adalah…
    A. Memasuki dunia kerja
    B. Karyawan baru
    C. Persaingan seorang karyawan
    D. Kurangnya percaya diri
  4. (1) Terdapat banyak faktor yang menyebabkan rendahnya nilai hasil Ujian Nasional. (2) Proses pembelajaran di kelas yang tidak efektif diduga merupakan faktor yang paling berpengaruh. (3) Potensi dan motivasi belajar siswa yang rendah juga merupakan salah satu penyebabnya. (4) Penyebab lain adalah kurangnya penguasaan siswa terhadap materi Ujian Nasional.
    Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan kalimat nomor ….
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  5. Perpustakaan ibarat jantungnya sekolah. Artinya kehadiran perpustakaan di sekolah sangat penting. Selain menjadi ajang untuk memperluas cakrawala, ilmu pengetahuan di mulai dengan kegiatan membaca. Siswa juga dapat mengetahui banyak mengenai perpustakaan.
    Simpulan isi paragaf di atas adalah . . .
    A. Pentingnya perpustakaan sekolah bagi siswa
    B. Siswa perlu mengetahui buku-buku di perpustakaan
    C. Siswa melakukan pengamatan pada buku perpustakaan
    D. Banyak siswa banyak yang membaca buku
  6. Perhatikan teks berikut!
    Batuk sebetulnya bukan penyakit refleks, karena mengalami rangsangan udara yang berpolusi, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat terjadi karena saluran pernapasan atau paru paru terkena infeksi kuman kuman tertentu, udara dingin atau lembab daopat juga membuat orang batuk atau bersin.
    Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umunya terdiri atas obat atau campuran obat yang mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernapasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu. Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.
    Ringkasan bacaan tersebut adalah …
    A. Penyakit batuk dikarenakan rangsangan udara yang berpolusi, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau kekurangan udara terinfeksi, maka harus diobati dengan ekspektoran.
    B. Pengaruh batuk itu terjadi karena asap pabrik, gas asap rokok, udara yang berpolusi, sehingga saluran paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut dapat dibeli di pasar bebas.
    C. Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas, dan kekurangan udara saluran pernapasan. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran.
    D. Terjadinya penyakit batuk karena polusi udara, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, dan kekurangan udara. Namun, semua dapat diobati dengan obat-obat alternatif yang dijual di pasaran bebas.
  7. Perhatikan kutipan kedua teks berita berikut !
    Teks Berita I Teks Berita II
    Anomali bibit badai tropis di Samudra Pasifik bagian barat masih berlangsung dan bergerak ke timur. Anomali ini mengganggu musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. Dalam dua sampai tiga hari ke depan diprediksikan masih terdapat hujan di sebagian besar wilayah. Namun, prediksi pada tujuh hari ke depan awan hujan berkurang meskipun masih pada puncak musim hujan hingga pertengahan Februari nanti. Arus angin yang bergerak dari timur laut dan dibelokkan ke timur bertemu dengan arus angin yang tertarik pusat sistem tekanan rendah di Samudra Hindia. Pertemuannya memanjang dari Sulawesi bagian selatan Maluku dan Papua. Bibit badai tropis di belahan bumi selatan itu terpantau ada dua, yakni lokasi selatan Nusa Tenggara Timur dan Teluk Carpentaria Australia. Perbedaan penyajian kedua kutipan berita tersebut adalah …
    Teks Berita I Teks Berita II
    A. diawali dengan unsur berita di mana diawali dengan unsur berita bagaimana
    B. diawali dengan unsur berita apa diawali dengan unsur darimana
    C. diakhiri dengan unsur bagaimana diakhiri dengan unsur berapa
    D. diakhiri dengan unsur kapan Dialhiri dengan unsur berapa
  8. Cermatilah data buku berikut!
    Judul : Sekolah Itu Candu
    Penulis : Roem Topatimasang
    Penerbit : Insist Press, Yogyakarta
    Cetakan : I, Juli 2007
    Tebal : xvii + 178 halaman
    Kelebihan : Menggunakan bahasa sederhana, tidak terkesan menggurui, dan patut dibaca semua kalangan.
    Kekurangan : Kover didesain dengan penampilan klasik naskah tua sehingga kurang menarik. Paragraf resensi yang sesuai dengan data tersebut adalah . . .
    A. Buku karya Roem Topatimasang merupakan kumpulan tulisan yang membahas berbagai topik mengenai sekolah. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana sehingga tidak terkesan menggurui. Sayangnya, kover buku Sekolah Itu Candu ini didesain dengan penampilan klasik naskah tua sehingga terkesan sebagai bacaan yang berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
    B. Buku Sekolah Itu Candu membahas topik mengenai kondisi sekolah. Buku ini disajikan dengan bahasa sederhana sehingga terkesan tidak menggurui. Disamping itu, kover buku disajikan dengan penampilan klasik naskah tua sehingga terkesan sebagai bacaan yang berat. Namun, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
    C. Buku karya Roem Topatimasang merupakan kumpulan tulisan yag membahas berbagai topik mengenai sekolah. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana sehingga tidak terkesan menggurui. Sayangnya, kover buku Sekolah Itu Candu ini didesain dengan penampilan yang sangat menarik sehingga terkesan sebagai bacaan yang berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh kalangan remaja.
    D. Buku setebal 178 halaman ini mengangkat tulisan berbagai topik mengenai sekolah. Sebuah buku yang sederhana, ringan dibaca, dan terkesan tidak menggurui. Kover buku menarik dan mengesankan sebagai bacaan yang berat. Meskipun kover buku didesain dengan penampilan klasik naskah tua, buku ini kurang patut dibaca oleh semua kalangan.
  9. Bacalah teks berikut!
    (1) Sang Pemimpi merupakan novel kedua Andrea Hirata. (2) Novel ini mengisahkan masa-masa tokohnya merajut mimpi di SMA dengan nuansa kenakalan khas remaja. (3) Andrea Hirata membawa kita pada kenyataan hidup yang harus dihadapi tokoh-tokohnya dan mimpi-mimpinya. (4) Andrea hampir berhasil membangkitkan obor semangat meraih mimpi Ikal, Arai, dan Jimbrom hingga mengantarkan mereka menuju Sorbonne.

(5) Novel Sang Pemimpi sangat kaya dengan keindahan bahasa yang dengannya setiap alur terdeskripsikan dengan sempurna. (6) Intelektualitas tinggi dan humor terjalin dengan memesona mengeksplorasi karakter para pelaku. (7) Novel ini sarat dengan nilai moral yang ditunjukkan dengan rasa humanis tinggi orang remaja. (8) Nilai sosialnya juga sangat menonjol, seperti kesetiakawanan antara Ikal, Arai, dan Jimboron. Tentu saja, dilengkapi dengan nilai agama yang kental dijalani oleh tokoh-tokohnya.

Pernyataan yang merupakan keunggulan novel terdapat pada bagian ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)

  1. Belalang terhanyut oleh kata-kata sanjungan Burung Hantu Tua.
    Kata yang bercetak tebal berarti …
    A. pujian
    B. pengkhianatan
    C. hinaan
    D. cacian
  2. Dengan kebulatan tekadnya, si Rusa berlari menyelamatkan kelinci.
    Maksud dari kata yang bergaris bawah adalah …
    A. tekad yang kecil
    B. keraguan yang besar
    C. keyakinan yang besar
    D. ketakutan
  3. Bacalah kutipan cerpen di bawah ini!
    Acara wisata berubah menjadi acara kelompok PMR karena kawan-kawanku berusaha menolong kakak yang tak berdaya itu. “Kita ini pergi untuk wisata atau prakik PMR?” “Ulil, teganya mengatakan itu. Lihat kakek ini butuh bantuan,” sahut Avanti sengit. “Farkhan, segera hubungi petugas perkebunan. Beritahukan kejadian ini!” perintah Rendy kepada Farkhan. Tanpa menjawab perintah Rendy, Farkhan langsung berlari menuju kantor perkebunan untuk meminta pertolongan. Setelah melihat kejadian tadi Avanti pun menyadari jika dimanapun kita berada kita harus bermanfaat bagi orang lain.
    Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen di atas adalah ….
    A. Bila berwisata jangan pedulikan hal yang lain
    B. Dimanapun kita berada kita harus bermanfaat bagi orang lain
    C. Hubungi orang lain agar kita tidak repot menolong
    D. Selalu menyiapkan alat pmr saat pergi.
  4. Pasangan suami istri memiliki seekor angsa yang setiap harinya bertelur emas. Mereka selalu ingin hidup kaya. Merekapun menunggu angsa bertelur emas setiap harinya. Akan tetapi, karena angsa hanya bertelur sedikit, mereka memutuskan untuk menyembelih dan membelah angsa menjadi dua. Mereka berfikir bahwa di dalam tubuh angsa terdapat hartanya. Setelah disembelih ternyata bukan emas yang keluar namun jeroan dan daging yang sama dengan angsa lainnya. Sebagai manusia kita tidak seharusnya terlalu tamak akan harta karena harta yang kita miliki tidak akan dibawa ke akhirat.
    Pesan yang terdapat dalam cerita fabel di atas adalah….
    A. kita harus mengejar apa yang kita inginkan
    B. kita tidak boleh terlalu tamak akan harta
    C. kita tidak boleh menyerah
    D. kita harus tetap bersyukur
  5. Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda. “Kenang-kenangan” oleh Abdul Gani A.K.
    Teks cerita tersebut merupakan bagian struktur …
    A. orientasi
    B. resolusi
    C. koda
    D. komplikasi
  6. Akhirnya mereka tiba di kediaman kancil. Sengaja kancil berbuat bodoh, sehingga keadaan itu jadi tenang. “ Cobalah, bagaimana keadaan semula. “ Pinta kancil. Lalu mereka kembali ke tempat semula. Harimau kembali masuk ke tempat ia terperangkap tadi. Setelah tertutup pintu perangkap, kancil mengerahkan seluruh penghuni hutan.
    Kutipan teks tersebut merupakan struktur teks fabel bagian ….
    A. orientasi
    B. koda
    C. komplikasi
    D. resolusi
  7. Perhatikan kutipan biografi berikut!
    Kegiatan kemasyarakatan yang pernah dilakukan Taufiq Ismail, antara lain menjadi pengurus perpustakaan PII, Pekalongan (1954¬-1956), bersama S.N. Ratmana, beliau merangkap sebagai sekretaris PII Cabang Pekalongan. Taufiq Ismail juga pernah menjadi Ketua Lembaga Kesenian Alam Minangkabau (1984-1986).Taufiq merupakan Pendiri Badan PembinaYayasan Bina Antarbudaya (1985), bahkan kini menjadi ketuanya. Taufiq Ismail juga bekerja sama dengan badan beasiswa American Field Service, AS, menyelenggarakan pertukaran pelajar. Pada tahun 1974-1976, Taufiq Ismail terpilih sebagai anggota Dewan Penyantun Board of Trustees AFS International, New York.
    Sumber: http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/11/ biografi-taufik-ismail.html
    Kutipan biografi tersebut membahas….
    A. riwayat pendidikan Taufiq Ismail
    B. pekerjaan yang pernah dilakukan Taufiq Ismail
    C. kegiatan kemasyarakatan yang pernah dilakukan Taufiq Ismail
    D. jabatan yang pernah diampu Taufiq Imail
  8. Dengan senang hati yang remuk redam Hanafi pulang ke kampung halamannya di Sumatra Barat , ibunya ingin mengembalikan Hanafi kepada Rafia . Hanafi menolak karena mungkin menjilat liur yang sudah di ludahkannya. Hanafi menyesal oleh tindakan yang tidak mengidahkan nasihat orang tuanya sehingga ia menderita dalam menjalani hidup ini. Tak lama kemudian Hanafi mati karena menelan empat butir sublimat.
    Pesan yang tersirat dalam kutiban cerpen tersebut…
    A. Turutilah nasihat orang tua!
    B. Jangan menolak keinginan orang tua
    C. Jangan pulang kampung dalam keadaan sedih
    D. Jalani hidup sesuai engan pilihan
  9. Bacalah penggalan teks berikut!
    . . . .
    “Apa-apaan sih, elo? Posternya kan jadi sobek!!!”
    “Sorry, Rin! Gue bener-bener nggak sengaja!”
    Rinta sama sekali nggak ngegubris pembelaan Anya. Ia masih memandangi poster Blur kesayangannya yang kini sudah terbagi dua karena robek. “Rin, sorry,ya. Gue . . . .”
    “Aah! Udah, deh! Pulang, sana!” potong Rinta kesal, matanya sudah sembap, hampir nangis. Anya nggak mau memperburuk keadaan. Ia pun langsung keluar dari kamar Rinta dan bergegas pulang.
    Tokoh yang mengalami konflik pada kutipan cerpen Malaikat Pelindung tersebut adalah . .
    A. Rinta dan dirinya
    B. Anya dan dirinya
    C. Rinta dan Anya
    D. Anya dan orang lain
  10. Teks 1
    Pagi itu Key kembali mengejekku, ia masih tidak bisa menerima kenyataan bahwa nilainya lebih rendah daripada aku. Memang selama ini ia selalu mendapat nilai tertinggi dalam pelajaran Bahasa Inggris. Namun kepintarannya itulah yang membuatnya sombong.

Teks 2
Singa itu pun pergi dengan tangan kosong. Ia menyadari bahwa dirinya sudah dibodohi oleh tikus kecil itu. Hal ini terjadi karena keserakahannya. Ia tidak mau bersabar menunggu tikus itu masuk perangkap yang sudah disiapkan olehnya. Ia malah langsung berlari menuju tikus itu untuk memangsanya.

Jenis teks 1 dan teks 2 secara berturut turut adalah…
A. Teks Fabel dan Teks Cerpen
B. Teks Cerpen dan teks fabel
C. Teks fabel dan teks fabel
D. Teks cerpen dan teks cerpen

  1. (1) … Sebagai alat komunikasi(2)… Internet juga bisa untuk mengakses sits situs yang dapat menambah ilmu dan dapat memperoleh berita secara terkini.
    Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah….
    A. Tidak hanya, karena
    B. Tidak hanya, tetapi
    C. Tidak hanya, sehingga
    D. Tidak hanya, karena
  2. Laki-laki bertubuh kurus itu berjalan gontai di bawah terik matahari. Sebuah kaos oblong lusuh dan celana jin kumal menutupi tubuhnya yang kurus. Sepasang sandal jepit melekat di kakinya … Sebuah ransel berwarna hijau melekat di pundaknya, Dia berjalan menuruti kehendak hatinya.
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf tersebut adalah …
    A. Dia ingin segera menemui anaknya.
    B. Rambutnya tak terurus, matanya cekung, tetapi pandangannya tajam.
    C. Dia belum tahu ke mana dia pergi tertiup angin.
    D. Keriting rarnbutnya, pandangannya tajam kepada orang sekitarnya.
  3. Kita tidak … beratnya sanksi bag ipelanggar … lalu lintas karena hal itu … bukan merupakan sumber masalah.
    Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah …
    A. dipersoalkan, pengaturan, pembenarannya
    B. mempersoal, pengaturan, kebenarannya
    C. mempersoali, peraturan, dibenarkannya
    D. mempersoalkan, peraturan, sebenarnya
  4. Pelaporan Kartika Cup berjalan sukses. Semua itu dikarenakan dukungan dana dari berbagai pihak.
    Perbaikan pilihan kata dicetak miring pada kalimat tersebut adalah ….
    A. perjalanan, meski
    B. perjalanan, karena
    C. Penyelenggaraan, meski
    D. Penyelenggaraan, karena
  5. Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan laut yang dapat memancing kedatangan wisatawan yang mendambakan suasana nyaman , tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota. Khususnya bagi mereka yang hobi menyelam, Pantai Nusa Penida seakan merupakan akuarium alam seukuran raksasa. Pantai Nusa Penida, tempat yang cocok untuk berternak penyu
    Agar menjadi paragraf yang padu, kalimat terakhir sebaiknya diubah menjadi…
    A. Pantai Nusa Penida tidak jauh dari kota
    B. Pantai Nusa Penida tempat meneliti ikan paus
    C. Pantai Nusa Penida segera dibangun menjadi tempat riset
    D. Pantai Nusa Penida menjadi tempat yang cocok bagi penyuka wisata.
  6. Bacalah teks berikut!
    (1) Kopi tubruk memberikan waktu cukup lama bagi penikmatnya untuk berbincang. (2) Pertama, semua bubuk kopi itu harus dibiarkan dulu mengapung, lalu pelan-pelan bubuk itu akan jatuh ke dasar cangkir. (3) Setelah beberapa menit, bolehlah sambil berbincang sambil memainkan sendok dipermukaan kopi, membantu perputaran bubuk dari yang mengapung jadi tenggelam. (4) Dalam ritual mini itu, kami berbincang panjang.
    Kalimat yang tidak padu pada teks ulasan tersebut adalah …
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  7. Walapun begitu, Rena tidak tinggi hati. Ia menyadari bahwa Tuhan mengatur sesuatu dibalik kekalahannya. Ia memang sangat kecewa. Ia sudah sejauh ini berkompetisi dalam olimpiade tingkat provinsi namun Tuhan berkata lain.
    Makna dari kata yang dicetak tebal di atas adalah…
    A. kehilangan semangat
    B. sombong
    C. menangis
    D. senang
  8. Penggunaan imbuhan ter- yang tepat pada kalimat berikut adalah …
    A. Kemarin kami berkunjung ke teropong bintang Boscha di Lembang
    B. Mayat yang terdampar di pantai itu saudara tetangga kami
    C. Terali jendela itu jebol dimasuki pencuri
    D. Suaranya terdengar sangat merdu
  9. Hiu dengan buasnya melahap ikan-ikan yang besar lalu lumba-lumba hanya memakan ikan-ikan kecil yang berada di dekatnya.
    Perbaikan kata yang bercetak miring adalah….
    A. daripada
    B. walaupun
    C. kemudian
    D. sedangkan
  10. Cermati teks berikut!
    (1)Yayasan Batik Indonesia ( YBI) kini telah berusia 15 tahun. (2) Demi pelestarian dan pengembangan batik, YBI harus meningkatkan karyanya. (3) salah satu karya YBI adalah berhasil meluluskan pengajuan batik ke UNESCO sebagai warisan dunia. (4) Di tanah Abang, dijual berbagai jenis batik nusantara.
    Kalimat tidak padu pada teks tersebut ditunjukkan oleh kalimat nomor …
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  11. Cermati kalimat berikut!
    Pada tahun 1980, Bung Hatta meninggal dunia dan di makamkan di Tanah Kusir, Jakarta.
    Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimt tersebut adalah …
    A. penulisan di seharusnya digabung karena di sebagai awalan
    B. penulisan gelar seharusnya dipisah, karena di sebagai kata depan
    C. penulisan dimakamkan diganti dikebumikan
    D. penulisan dimakamkan seharusnya di semayamkan
  12. Cermati kalimat berikut!
    R.A. Kartini kemudian wafat pada tanggal 17 September 1904 di usia yang sangat muda, yaitu 25 tahun dan dikebumikan di Desa Bulu, Kabupaten Rembang.
    Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah …
    A. kata yaitu tidak perlu karena membingungkan.
    B. kata tanggal digunakan salah satu saja, karena bermakna ganda.
    C. kata kemudian tidak diperlukan sehingga dapat dihilangkan.
    D. kata dikebumikan tidak perlu ditulis karena bermakna ganda.
  13. Cermati paragraf berikut!
    (1)Chairil Anwar adalah seorang penyair legendaris. (2) Karyanya yang paling terkenal adalah “ Aku” dan “Senja di Pelabuhan Kecil”. (3) Ia dilahirkan di Medan pada tanggal 26 Juli 1922 dan meninggal di Jakarta, 28 April 1949. (4) Bu Yunita memberi tugas siswa kelas IX C untuk membuat puisi-puisi perjuangan.
    Alasan ketidakpaduan paragraf pada teks tersebut adalah …
    A. kalimat nomor (1) tidak berkaitan dengan kalimat nomor (2),(3), dan (4).
    B. kalimat nomor (2) tidak berkaitan dengan kalimat nomor (3),(4), dan (1).
    C. kalimat nomor (3) tidak berkaitan dengan kalimat nomor (4),(1), dan (2).
    D. kalimat nomor (4) tidak berkaitan dengan kalimat nomor (1),(2), dan (3).
  14. Salah satu penyebab sepinya penonton di stadion (1) dalam kejuaraan sepak bola adalah kualitas (2) pertandingan yang belum baik. Dalam hal ini pihak (3) pelatih dan ofisial (4) juga bertanggung jawab membentuk team (5) yang handal (6).
    Kesalahan penulisan ejaan terdapat pada kata nomor….
    A. 1 dan 4
    B. 2 dan 3
    C. 5 dan 6
    D. 2 dan 5
  15. Kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya adalah …
    A. Pintu rumah terbuka
    B. “Cepat kalungkan bunga ini?”
    C. “Besok pagi harus pergi ke istana!”
    D. Dengan sigap, Ajisaka menangkapnya.
  16. Perhatikan kalimat berikut!
    Bandar udara internasional di j akarta, Bandar udara soekarno-hatta, menggunakan namanya sebagai penghormatan tehadap jasa-jasanya.
    Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat aalah …
    A. Bandar Udara Internasional di Jakarta, Bandar Udara Soekarno-Hatta, menggunakan namanya sebagai penghormatan tehadap jasa-jasanya.
    B. Bandar udara Internasional di Jakarta, Bandar udara Soekarno-Hatta, menggunakan namanya sebagai penghormatan tehadap jasa-jasanya.
    C. Bandar udara internasional di Jakarta, Bandar udara soekarno-hatta, menggunakan namanya sebagai penghormatan tehadap jasa-jasanya.
    D. Bandar udara internasional di jakarta, bandar udara Soekarno-Hatta, menggunakan namanya sebagai penghormatan tehadap jasa-jasanya.
  17. Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat …
    A. “Hai lucu, ya kerajinan tanganmu ini!”
    B. “Asyik, benar mereka bekerja sampai lupa waktu!”
    C. “Oh kapan, pemeran lukisan itu dibuka?”
    D. “Amboi, indah nian lukisan ini!”
  18. Predikat kota Yogyakarta bukan hanya sekedar (1) kota pelajar dan pariwisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan industri kecil kerajinan berkembang di daerah ini, mulai dari skala kecil, misalnya souvenir (2) hasil industri rumah tangga hingga skala besar yang bertaraf (3) internasional. Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (4) dunia.
    Ejaan yang perlu diperbaiki pada kata bernomor yang terdapat pada paragraf tersebut adalah . . . .
    A. sekedar seharusnya sekadar
    B. souvenir seharusnya sovenir
    C. bertaraf seharusnya bertarap
    D. tren seharusnya trend
  19. Cermati pernyataan berikut!
    Nilai tukar uang tahun 2016 diperkirakan akan menguat terhadap dolar AS, Penguatan itu merupakan dampak dari pemulihan ekonomi global.
    Perbaikan yang tepat penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah …
    A. tanda baca koma setelah dolar AS diganti dengan tanda baca titik.
    B. Setelah kata tahun 2016 ditambah dengan tanda baca titik dua.
    C. Tanda baca koma setelah dolar AS diganti dengan tanda baca seru.
    D. Setelah kata tahun 2016 diberi tanda baca titik dua dan tanda baca koma.
  20. Cermati kalimat berikut!
    Gubernur kita menyukai jambu Bangkok.
    Alasan kesalahan penggunaan huruf capital yang tepat pada kata Ambon adalah …
    A. nama diri geografi
    B. bukan jenis kekhasan budaya
    C. nama suku bangsa di indonesia
    D. pisang berada di seluruh Indonesia
  21. Di dalam tenda, mereka melepaskan lelah. Biarpun udara sangat dingin masih terasa menerpa-nerpa.
    Penggunaan tanda baca di atas salah, pernyataan di bawah ini yang benar adalah..
    A. Tanda koma (,) di depan kata tenda dihilangkan.
    B. Tanda koma (,) di depan tenda dihilangkan, tanda titik (.) setelah kata lelah di ganti tanda koma(,)
    C. Tanda titik (.) setelah kata lelah dihilangkan
    D. Tanda koma (,) dan titik (.) dihilangkan.

II. Kerjakan soal berikut ini!

Bacalah kutipan cerpen berikut!
Suria adalah seorang Manteri Kabupaten yang sangat angkuh. Ia sangat sombong dan gila hormat. Istirinya, zubaidah sudah tak tahan tinggal dengan suaminya itu. Suria senang berfoya-foya. Itu pun dari uang Ayahnya Zubaidah, Hj. Hasbulah. Sebenarnya, Hj. Hasbulah ingin menikahkan anaknya itu kepada raden Prawira, anak jaksa kepala. Tetapi, tiba-tiba Hj. Zakaria, ayah Suria memohon untuk menikahkan anaknya dengan anak Hj. Hasbulah. Karena Hj. Zakaria adalah sahabatnya, ia tak ingin membuat sahabatnya putus harapan, lalu ia kabulkan permintaan Hj. Zakaria. Zubaidah dulu, hanyalah gadis penurut. Ia menurut untuk di nikahkan oleh Suria.
Jawablah dengan benar!

  1. Bagaimana watak tokoh dalam kutipan cerpen tersebut?
  2. Sudut pandang apa yang digunakan dalam kutipan cerpen ?
  3. Temukan 5 kesalahan dalam penggunaan ejaan dan huruf kapital yang terdapat dalam kutipan teks tersebut!
  4. Temukan 5 konjungsi yang terdapat dalam kutipan teks tersebut!
  5. Tuliskan tanggapanmu tentang isi kutipan teks tersebut!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here