Home KUMPULAN SOAL SOAL TRY OUT UJIAN SEKOLAH SMP KELAS IX 2019, 2020, 2021

SOAL TRY OUT UJIAN SEKOLAH SMP KELAS IX 2019, 2020, 2021

SOAL TRY OUT UJIAN SEKOLAH SMP KELAS IX 2019, 2020, 2021 BAHASA INDONESIA
SOAL TRY OUT UJIAN SEKOLAH SMP KELAS IX 2019, 2020, 2021 BAHASA INDONESIA

SOAL TRY OUT UJIAN SEKOLAH SMP KELAS IX 2019, 2020, 2021 BAHASA INDONESIA

  1. Bacalah paragraf berikut.
    Pendidikan karakter yang akan diterapkan di sekolah-sekolah tidak diajarkan dalam mata pelajaran khusus. Namun, pendidikan karakter yang akan digencarkan dan diberi perhatian khusus dalam praksis pendidikan nasional ini, dilaksanakan melalui keseharian pembelajaran yang sudah berjalan di sekolah. Pendidikan karakter yang didorong pemerintah untuk dilaksanakan di sekolah-sekolah tidak akan membebani guru dan siswa. Hal-hal yang terkandung dalam pendidikan karakter sebenarnya sudah ada dalam kurikulum, tetapi selama ini tidak dikedepankan dan diajarkan secara tersurat. Pendidikan karakter yang diminta dapat membangun wawasan kebangsaan serata mendorong inovasi dan kreasi siswa. Selain itu, nilai-niali yang perlu dibangun dalam diri generasi penerus bangsa secara nasional yakni kejujura, kerja keras, menghargai perbedaan, kerja sama, toleransi, dan disiplin.
    Gagasan utama paragraf tersebut adalah …
    A. pendidikan karakter bangsa diajarkan melalui keseharian pembelajaran di sekolah.
    B. faktor-faktor penyebab diterapkan pendidikan karakter bangsa di sekolah-sekolah.
    C. guru dan siswa merasa terbebani dengan adanya pendidikan karakter bangsa yang akan dimasukkan dalam kurikulum.
    D. membangun wawasan kebangsaan serta mendorong inovasi dan kreasi siswa melalui pendidikan karakter bangsa.
  2. Perhatikan paragraf berikut.
    (1), Wacana pemerintah memberlakukan sekolah sehari penuh (full day school) mengundang kontroversi. (2) Banyak yang menganggap wacana tersebut sebuah ide kebablasan karena siswa diyakini tak akan mampu mengikutinya. (3) Bosan dan kelelahan sehingga membuat sekolah sehari penuh menjadi tak efektif dan menurunkan kualitas. (4) namun, ada juga yang menerima ide tersebut karena siswa bisa memanfaatkan waktu yang ihwal yang positif daripada terjebak dalam tindakan –tindakan negatif seperti tawuran, bermain game online berlebihan, dan sebagainya.
    Sumber:http://nasional.sindonews.com/read/1130101/16/pendidikan-sehari-penuh-1470800451
    Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor…
    A. kalimat 1
    B. kalimat 2
    C. kalimat 3
    D. kalimat 4
  3. Cermatilah biografi berikut.
    Habiburrahman El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini. Beberapa karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil mendapat sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan karya-karyanya telah dibuat dalam bentuk film dan sinetron.
    Menurut Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, ia dapat membuat beberapa novel dalam satu waktu. Ibarat makan, katanya, bosan jika harus makan satu menu terus dalam beberapa hari. Strategi selang-seling dalam menulis novel Islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan.
    Pria kelahiran Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku tidak kesulitan membuat novel dalam waktu bersamaan karena ia menulis sesuatu yang diketahui dan dekat dengan kehidupan.
    Sejak sekolah, ia telah banyak membaca dan menulis. Bahkan ia sering mendapat penghargaan atas tulisan ilmiah kala itu. Saat kuliah S2 harus terus berlanjut, beasiswa yang diberikan sudah dihentikan. Ia memutar otak bagaimana cara mendapatkan uang. Pertama, ia menerjemahkan tulisan ilmiah dan non-ilmiah dari bahasa Arab ke Inggris. Pekerjaan dilakukan rutin dan tekun serta disiplin waktu.
    Hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam biografi tersebut adalah ….
    A. banyak membuat novel yang bernuansa agama
    B. mendapat beasiswa ketika melanjutkan ke jenjang S2
    C. semua pekerjaannya dilakukan dengan disiplin dan tekun
    D. sejak sekolah sudah sering mendapat penghargaan
  4. Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah ….
    A. Karya-karyanya sudah banyak dibuat dalam bentuk film
    B. Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab dan Inggris
    C. Beliau sudah gemar membaca dan menulis sejak muda
    D. Beliau dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu
  5. Berlaku curang pada saat mengukuti ulangan jika tidak diketahui guru memang menguntungkan. Bayangkan saja, tanpa harus bersusah-susah belajar, siswa yang berlaku curang mendapat nilai bagus untuk mata pelajaran yang diteskan. Namun, mereka tidak sadar bahwa kelakuan mereka ini menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian. Siswa yang dengan bersusah payah belajar mempersiapkan ulangan, nilainya lebih rendah daripada siswa yang berlaku curang dengan menjiplak jawaban temannya atau dari buku pelajaran dan catatan. Lebih parah lagi, si pelaku merasa bangga dengan nilai yang didapatkannya. Mereka tidak peduli akan teman lain yang berlaku jujur, nilainya lebih rendah daripada mereka. Bahkan, mereka menyalahkan teman-temannya karena tidak berani berlaku curang. Padahal siswa yang tidak berlaku curang telah berlaku jujur ketika mengikuti ulangan.
    Simpulan yang tepat untuk bacaan tersebut…
    A. Si pelaku kecurangan merasa bangga dengan nilai yang didapatkan.
    B. Tanpa harus belajar, siswa yang berlaku curang akan mendapatkan nilai yang baik.
    C. Kita merasa prihatin terhadap tindakan siswa yang suka berlaku curang
    D. Berlaku curang ketika mengerjakan ulangan menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian.
  6. Bacalah penggaalan teks berikut!
    KOMPAS.com — Ketua Institute of Good Governance and Regional Development (IGGRD), Eka Simanjuntak menilai, bahwa pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy yang mengatakan bahwa pendidikan harus keras adalah hal yang keliru. Menurut Eka, dalam pendidikan tidak boleh ada istilah menghukum, apalagi dengan kekerasan. Menurut dia, masih ada istilah yang lebih baik, misalnya konsekuensi.
    Pernyataan yang sesuai isi teks adalah …
    A. dalam dunia pendidikan harus keras agar tidak terjadi kekeliruan
    B. dalam dunia pendidikan diperbolehkan menghukum dengan istilah konsekuensi.
    C. sebaiknya menggunakan istilah konsekuensi saat menghukum anak.
    D. dalam pendidikan, gunakan istilah yang baik dan hindari kekerasan dalam menghukum.
  7. Bacalah kutipan kedua teks berikut!
    Teks 1 Teks 2
    Pada masa Pemerintah Jepang semua organisasi dan sekolah ditutup. Persatuan Guru Indonesia (PGI) dibungkam. Barulah setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PGI kembali menggeliat. Mereka menggelar konggres pada 24–25 November 1945 di Surakarta. Mereka akhirnya membentuk dan meresmikan kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1945. Sejak saat itu, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional dan menjadikannya momentum penghormatan kepada para pahlawan tanpa tanda jasa di tanah air.
    Rangkaian peringatan Hari Guru Nasional tahun 2016 terdiri dari beberapa kegiatan. Pertama, adalah Gerak Jalan Sehat pada Minggu, 20 November 2016, dengan pelaksana utama PGRI DKI Jakarta. Kedua, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata pada 22 November 2016 yang akan dilakukan Kemendikbud dan dihadiri juga oleh organisasi profesi guru. Ketiga, upacara bendera tepat di Hari Guru Nasional sekaligus HUT PGRI ke-71, yakni tanggal 25 November 2016. Dan yang keempat, simposium guru dan tenaga kependidikan pada tanggal 26 November 2016 yang akan diikuti sekitar 2.000 guru.
    Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah …
    A. Teks 1 dimulai dengan rangkaian peristiwa Teks 2 menggunakan urutan rangkaian kegiatan
    B. Teks 1 bertemakan sejarah PGI Teks 2 bertemakan kegiatan PGI
    C. Teks 1 banyak menggunakan kata keterangan Teks 2 banyak menggunakan kata bilangan
    D. Teks 1 menggunakan pilihan kata yang sudah baku Teks 2 menggunakan ragam bahasa resmi
  8. Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Hal itu tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi juga di rumah dan di lingkungan sosial. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena kelangsungan hidup bangsa Indonesia ke depan di tangan mereka.

Pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus memiliki karakter kuat dan tangguh untuk menghadapi segala tantangan yang akan datang. Banyak kasus korupsi, penurunan nilai moral, dan penurunan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan alasan utama pendidikan karakter penting di terapkan di sekolah. Tuntutan kualitas SDM pada tahun 2021 juga menjadi faktor penting pendidikan karakter bagi pelajar.

Ringkasan teks tersebut adalah …
A. Pendidikan karakter harus diterapkan baik di sekolah maupun lingkungan sosial agar SDM di masa depan menjadi tangguh.
B. Pelajar harus berkarakter kuat dan tangguh agar dapat menghadapi tantangan dan memenuhi tuntutan kualitas SDM 2021.
C. Pelajar adalah generasi bangsa yang harus berkarakter kuat agar dapat menggantikan generasi tua.
D. Pendidikan karakter penting bagi pelajar agar mereka memiliki karakter kuat dan tangguh menghadapi tantangan.

  1. Perhatikan paragraf rumpang berikut ini!
    Sekarang banyak fasilitas jalanan yang dibangun di Jakarta. Meskipun demikian, kepadatan dan kemacetan lalu lintas tetap saja terjadi. Kepadatan lalu lintas sering terjadi pada pagi hari saat warga kota Jakarta dan sekitarnya akan memulai aktivitasnya. Juga pada saat sore hari ketika mereka akan pulang. (1….
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi nomor 1 adalah…
    A. Walaupun terjadi kepadatan dan kemacetan kota ini terasa sangat nyaman dan enak ditinggali
    B. Keadaan semacam ini dapat dijadikan alasan agar sistem transportasi publik di Kota Jakarta segera dbangun.
    C. Telah dikabarkan di berbagai media masa bahwa sistem transportasi publik di Kota Jakarta akan segera dibangun
    D. Hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah keterkaitan sistem transportasi yang terpadu dengan struktur kota.
  2. Perhatikan paragraf dibawah ini!
    (1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi sangat bermanfaat (3)Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK dan mengerahkan animator professional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka.
    Kalimat pendukung paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor…
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D.. (4)
  3. Diabetes atau sering disebut dengan penyakit kencing manis atau gula darah merupakan pembunuh nomor dua yayng mematikan di Indonesia setelah penyakit jantung. Diabetes disebabkan kurangnya insulin dalam tubuh. Ada beberpa faktor yang menyebabkan seseorang menderita diabetes. Faktor-faktor tersebut adalah faktor keturunan, virus, usia, kadar lemak dan mengakses internet dan perilaku pasif.
    Makna kata tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah…
    A. jumlah
    B. ukuran
    C. takaran
    D. kandungan
  4. Bacalah paragraf berikut!
    1)Telepon genggam adalah salah satu penemuan paling berguna pada zama sekarang. 2) Telepon genggam dapat digunakan untuk bertelepon, mengirim pesan singkat, dan mengakses internet. 3) Akan tetapi telepon genggam juga mempunyai dampak negatif, semisal lupa waktu dan berkurangnya hubungan antar manusia. 4) Oleh karena itu, pemanfaatan telepon genggam harus dilakukan tanpa harus mengurangi hakikat manusia sebagai makhluk sosial. 5) Manusia harus tetap menjaga hubungan sosial dalam masyarakat.
    Kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan adalah kalimat nomor ….
    A. 2
    B. 3
    C. 4
    D. 5
  5. Bacalah paragraf resensi berikut!
    1),Novel 5 cm merupakan karya penulis Doni dirgantoro terbitan Grasindo. 2) Novel ini bercerita tentang persahatan 5 anak muda yang berbeda karakter. 3) Banyak kisah perjalanan yang menceritakan arti persahabatan. 4) Bahasa yang digunakan mudah dipahami dan terdapat banyak kata yang memberikan semangat dalam menjalani kehidupan. 5) Sayangnya, cerita dari novel tersebut terkesan dipaksakan.
    Bagian dari keunggulan buku ditunjukkan oleh angka..
    A. 2
    B. 3
    C. 4
    D. 5
  6. Bacalah kutipan cerpen berikut!
    Ari memiliki kebiasaan tidur tepat waktu. Setidaknya ia selalu berusaha masuk ke kamar sebelum pukul 9 malam. Ini dilakukan setelah ia belajar dan menyelesaikan pekerjaan rumah. Cukup 1 jam Ari belajar setiap hari, tapi ia melakukannya rutin setiap hari. Kebiasaan seperti itu lebih baik dari pada belajar berjam-jam hingga larut malam hanya menghadapi ulangan atau ujian.
    Amanat yang dapat dipetik dari cerpen tersebut adalah…
    A. belajar 1 jam sehari
    B. belajar dengan rutin dan disiplin
    C. belajar dalam menghadapi ulangan
    D. semangat belajar hingga larut malam
  7. Para tamu disuruh memasuki ruang pertemuan.
    Kata disuruh tidak tepat, seharusnya digunakan kata….
    A. dianjurkan
    B. dimohon
    C. diminta
    D. diajak
  8. Bacalah teks berikut

Konflik yang terdapat pada kutipan novel Surat Kecil untuk Tuhan adalah….
A. Seorang anak yang mendengar sebuah tangisan
B. Kesedihan seorang ayah terhadap putrinya
C. Kegundahan seorang anak melihat ayahnya menangis
D. Kebanggaan seorang ayah terhadap putrinya

  1. Bukti watak tokoh Riska yang setia kawan terdapat pada kalimat nomor…. A. (1) dan (4)
    B. (1) dan (2)
    C. (2) dan (3)
    D. (4) dan (5)
  2. Bacalah kutipan Fabel berikut!

Watak tokoh si rusa dalam teks fabel di atas adalah….
A. sabar
B. pemberani
C. pemarah
D. bijaksana

Latar pada kutipan cerita tersebut adalah….
A. di rumah
B. di kamar tidur
C. di halaman
D. di sekolah

  1. Perhatikan cerita berikut!

Bukti watak tokoh anak yang berbakti pada kaliamat….

A. Dalam hatinya ada rasa tak tega terhadap gadis itu.
B. “ Sekolah, pak! Saya kelas empat SD.” Jawabannya
C. “ Sekolah, pak! Saya kelas empat SD.”
D. “Bapak telah lama meninggal dunia, untuk itu saya harus membantu ibu untuk mencari uang.” Jawabannya.

  1. Bacalah penggalan teks berikut! Perbaikan kata bercetak miring yang tepat adalah. . . .
    A. industri, dikeluarkan, limbah
    B. industri, keluar, limbah
    C. industri, keluar, polusi
    D. industry, dikeluarkan, polutan
  2. Bacalah kutipan teks berikut!
    Kata yang ejaannya tidak tepat pada kalimat tersebut adalah. . . .
    A. zumba
    B. erobik
    C. yoga
    D. kebugaran
  3. Perhatikan kalimat berikut!

Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada teks tersebut adalah. . . .
A. titik (.)
B. koma (,)
C. titik dua (:)
D. tanda hubung (-)

  1. Pemerintah harus bertanggung jawab atas segala bentuk penyiaran yang akan ditayangkan dan dipublikasikan. Dengan cara seperti itu, diharapkan tidak ada lagi bentuk tayangan yang menyimpang. Sebagai pemegang tanggung jawab, pemerintah harus bisa mempertanggungjawabkan bila ada penyimpangan dalam hal penyiaran
    Kata dengan ejaan yang tidak tepat dan perbaikannya adalah. . . .
    Tertulis Perbaikan
    A. bertanggungjawab bertanggungjawab
    B. dipublikasikan dipubelikasikan
    C. tayangan penayangan
    D. mempertanggungjawabkan mempertanggungjawabkan
  2. Bacalah teks berikut!

Penggunaan tanda baca yang tepat pada teks tersebut adalah dengan mencantumkan. . . .
A. tanda koma (,) setelah kata aturan
B. tanda koma (,) setelah kata jera
C. tanda koma (,) setelah kata terlambat
D. tanda titik koma (;) setelah kata larangan itu

  1. Bacalah teks cerita berikut.
    Ketika sekolah beristirahat dan datang kesempatan sebaiknya-baiknya untuk meminta persekot gajinya, guru Isa menjadi ragu-ragu.Timbul kebimbangan dalam hatinya. Dia takut akan merasa malu jika permintaannya ditolak oleh guru kepala. Sementara itu, hatinya gundah pula memikirkan jika tidak membawa uang, Fatimah di rumah akan mengomel kepadanya.
    Simpulan akibat dari konflik tersebut adalah ….
    A. keraguan guru Isa meminta persekot gajinya
    B. guru Isa malu meminta gajinya
    C. guru Isa takut kepada Fatimah
    D. Fatimah mengomel kepada guru Isa
  2. Bacalah dua teks berikut!
    Teks 1 Teks 2
    Lili adalah seekor induk burung hantu. Dia selalu terbang mencari makan untuk diberikan kepada anak-anaknya.
    Pada suatu malam, Lili mendapatkan makanan dan ternyata makanan yang dibawanya terjatuh. Lili pun terbang lagi untuk mencari makanan di tempat lain. Di sebuah hutan hidup binatang-binatang yang sangat kuat. Namun, ada satu binatang yang lemah karena salah satu kakinya terkena panah seorang pemburu. Dia adalah rusa.
    Teman-teman rusa selalu baik hati membantunya.
    Mencarikan makan dan mengobati kakinya hingga sembuh.
    Perbedaan nilai moral yang terdapat pada kedua teks tersebut adalah ….
    Teks 1 Teks 2
    A Kita tidak boleh mengeluh dan harus berusaha dalam mencari sesuatu Kita harus selalu membantu teman yang mengalami kesusahan
    B Kita harus selalu membantu orang-orang di sekitar kita Kita tidak boleh menyerah pada nasib
    C Kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan Kita harus tolong-menolong
    D Kita tidak boleh menyombongkan diri Kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan
  3. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama.
    (1) “Mengapa kau masih saja menemuiku? Bukankah sudah kukatakan jangan mengganggu Lagi?” ucap Rini kesal.
    (2) “Aku hanya ingin tahu kabarmu, Rin. Apa kau sama sekali tidak ingin tahu kabarku?” Jawab Bayu.
    (3) “Sudahlah,aku sama sekali tidak peduli,” jawab Rini lalu pergi meninggalkan Bayu.
    (4) Bayu menunduk sedih.
    Bukti watak tokoh Rini yang masa bodoh ditunjukkan pada kalimat ke- ….
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  4. Bacalah teks berikut.
    Pak Marsono adalah seorang pengusaha yang sangat sukses. Usaha konveksinya merambah banyak daerah. Rumah Pak Marsono sungguh besar, bahkan bisa dikatakan seperti sebuah istana. Meski begitu, Pak Marsono bukanlah seorang yang sombong. Ia juga seorang yang rajin memberikan sumbangan pada panti asuhan. Menurutnya, sangat menyenangkan dapat berbagi dengan orang banyak dan membantu mereka.
    Nilai moral yang terdapat dalam cerita di atas adalah….
    A. Sebagai manusia, sudah seharusnya saling berbagi dan membantu
    B. Menjadi pengusaha adalah hal yang terbaik
    C. Uang banyak dapat melakukan segalanya
    D. Jangan menjadi orang yang suka pamer
  5. Bacalah kedua teks berikut.
    Teks 1 Teks 2
    Inilah akhir dari sebuah perjuangan hidup seorang Abi. Kini Abi kembali bertemu dengan orang tua kandungnya. Juga adik kecilnya. Mereka hidup bahagia.
    Setelah bertahun-tahun, Abi hidup seorang diri di perkampungan kumuh. Dia terpisah dari keluarganya akibat dari bencana alam besar yang menimpa kotanya.
    Abi dan keluarganyapun dapat dipertemukan kembali, setelah ada seseorang yang memberi tahu keberadaan Abi. Asti melempar piring yang ada di depannya hingga pecah dan berserakan. Dia tampak marah sekali dengan Nugra yang telah membohonginya.
    Asti dan Nugra adalah teman dekat sejak kecil. Pertemanan mereka berlanjut hingga mereka dewasa. Mereka dapat memahami sifat satu sama lain.
    Hingga pada suatu hari, Nugra berbohong demi kebaikan Asti. Nugra mengaku salah dan meminta maaf, namun Asti masih belum dapat memaafkan Nugra

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah …
Teks 1 Teks 2
A Dimulai dengan garis besar cerita Dimulai dengan aksi
B Dimuali dengan lokasi Dimulai dengan waktu
C Dimulai dengan garis besar cerita Dimulai dengan uraian tentang tokoh
D Dimulai dengan uraian tentang tokoh Dimulai dengan aksi

  1. Bacalah kutipan teks berikut!
    Di kandang burung milik Pak Mikha, hiduplah seekor burung Cinta (Love birth), burung Kutilang, dan beberapa burung Jalak . Burung Cinta (Love birth) ini sangat cantik. Ia memiliki bulu yang indah berwarna-warni dan suara yang merdu. Namun, entah mengapa burung itu selalu menyendiri. Berbeda dengan burung Kutilang, walaupun tidak terlalu cantik, ia sangat ramah sehingga teman-temannya menyukainya. Suatu saat burung Kutilang merasa kasihan melihat burung Cinta selalu menyendiri. Ia mencoba untuk menghiburnya.
    Komentar yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….
    A. Perbuatan burung Kutilang sangat bijaksana.
    B. Burung Kutilang disukai teman-temannya.
    C. Keindahan burung Cinta membawa petaka.
    D. Burung Cinta merupakan burung yang tidak bersahabat.
  2. Bacalah petunjuk berikut ini!
    Menghilangkan rasa sakit karena tertusuk duri
    (1) Ambillah satu siung bawang putih dan belahlah !
    (2) […]
    (3) Lalu bakarlah di atas api sampai cukup panas!
    (4) […]
    (5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang dan duri tersebut akan keluar
    dengan sendirinya!

Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat …
A. (2) Bawang putih yang sudah cukup panas, ditempelkan pada kaki yang sakit!
(4) Tusukkan bawang putih pada tusuk sate!
B. (2) Tusukkan bawang putih pada tusuk sate!
(4) Tempelkan bawang putih yang cukup panas tadi, pada bagian kaki Anda
yang tertusuk duri!
C. (2) Tempelkan bawang putih yang sudah sudah dibelah tadi pada kaki yang
sakit!
(4) Tempelkan bawang putih yang cukup panas tadi, pada bagian kaki
anda yang tertusuk duri!
D. (2) Tempelkan bawang putih yang sudah sudah dibelah tadi pada kaki yang
sakit!
(4) Pijat beberapa kali hingga rasa sakit di kaki hilang dengan sendirinya!

  1. Novel karya Sutan Takdir Alisyahbana ini mengangkat nuansa baru bagi kehidupan kaum wanita pada zamannya . Wanita yang zaman sebelumnya adalah pengabdi dalam keluarga dan hanya mengurus rumah tangga, atau penunggu rumah. Namun Sutan Takdir Alisyahbana membawa karyanya dengan menampilkan kedudukan wanita setara dengan pria pekerja, menjadikan wanita punya aktivitas di luar rumah dengan memajukan kaumnya yang diwakilkan oleh tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai teladan di masa sekarang dan para pelajar (tokoh masa depan).

Berdasarkan data buku tersebut jika disusun sebagai kalimat ulasan tentang keunggulan novel adalah…..
A. Novel karya Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan cerita kaum wanita yang aktif
Bekerja di kantor.
B. Sudah sepantasnya novel ini mendapat penghargaan dari dunia pendidikan karena
bacaannya menarik.
C. Novel yang mengangkat masalah perjuangan emansipasi wanita ini dapat
menginspirasi dunia pendidikan.
D. Novel S. takdir Alisyahbana selalu mengemukakan cerita tentang permasalahan
dalam dunia pendidikan.

  1. Bacalah petunjuk berikut ini!
  2. Setel pengukur panas seterika sesuai tebal-tipisnya kain hem
  3. Hem dilipat dengan rapi
  4. Berikut seterikalah bagian lengan hingga tampak halus
  5. Siapkan hem yang akan diseterika
  6. Kemudian seterikalah bagian badan sampai terlihat licin
  7. Seterika krah pada bagian dalam terlebih dulu, lalu bagian luar
    Urutan petunjuk menyeterika hemyang tepat adalah ….
    A. 1-4-3-5-2-6
    B. 1-4-3-5-6-2
    C. 1-4-5-3-6-2
    D 1-4-6-3-5-2
  8. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
    (1) Kelompok kami bertugas mengamati pasar Semi Modern.
    (2) Barang-barang tersebut di antaranya beras, ikan asin, bumbu-bumbu dapur,
    sayur-sayuran segar, dan masih banyak yang lainnya.
    (3) Pagi-pagi kami diberi tugas guru melakukan pengamatan.
    (4) Hasil identifikasi tersebut kami presentasikan di depan kelas.
    (5) Di dalam pasar Semi Modern itu, kami mengidentifikasikan sejumlah barang yang
    siap jual.
    Susunan laporan yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ….
    A. (3),(1),(4),(2),(5)
    B. (3),(1),(5),(2),(4)
    C. (3),(2),(4),(5),(1)
    D. (3),(1),(2),(5),(4)
  9. Suatu negara harus memiliki keseimbangan positif dalam perdagangan dengan negara-negara lain supaya tidak terjadi (….)
    Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
    A. surplus
    B. defisit
    C. kerugian
    D. kebangkrutan
  10. Jauh sebelum konsep tentang pentingnya multi kultural skil di era global ini, sejak dahulu batik telah mengajarkan pentingnya keterbukaan dan kemampuan memadukan perbedaan. Hal itudapatkitacermatidari batik Pesisir Utara Jawa yang ragam motifnya menggambarkan indahnya perpaduan motif lokal dengan motif ‘asing’ seperti ‘buketan’ dari Eropa dan burunghong dari Cina. Batik adalah gambaran perjalanan hidup yang lengkap, yang semuanya harus dilalui. (…) membatik pun ada perjalanannya, mulai dari mola, ngiseni, mbatik, nembok, dan nglorod. Tidak ada jalan pintas dalam membatik.
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang teks tersebuta dalah ….
    A. Sejatinya, proses membatik diawali dengan tirakat dan puasa.
    B. Bak perjalanan hidup manusia dari lahir sampai berpulang.
    C. Dari situ terlihat, bahwa membatik diawali oleh koneksi jiwa si pebatik dan jiwa Sang Pencipta.
    D. Ada doa di setiap tarikan canting.
  11. Permaian dakon dikenal sebagai permainan tradisional masyarakat jawa, sekalipun permainan ini dikenal juga di daerah lain. Pada masa lalu, permainan ini sangat lazim dimainkan oleh anak-anak, bahkan remaja wanita.Menurut beberapa pendapat karena permainan ini identik atau berhubungan erat dengan manajemen atau pengelolaan keuangan.
    (Sumber: http//tembi.net/yogyakarta-tempo-doeloe/dakon-permainan-tradisonal-masa-lalu)
    Pernyataan yang sesuaidengantekstersebutadalah ….
    A. Permainan dakon berasal dari Jawa Tengah.
    B. Permainan dakon identik dengan dunia wanita.
    C. Permainan dakon hanya dikenal oleh masyarakat Jawa.
    D. Permainan dakon lazim dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa.
  12. Perhatikan fakta berikut.
    • Pemberlakuan larangan membawa ponsel kesekolah
    • 31 siswa melanggar
    • Dilakukan penyitaan ponsel yang dibawa
      Teks laporan yang sesuai dengan fakta tersebut adalah ….
      A. Larangan membawa ponsel ke sekolah yang telah diberlakukan. Kenyataannya masih banyak siswa yang melanggar. Hal initer bukti bahwa hamper setiap hari petugas sekolah melakukan penyitaan di setiap kelas.
      B. Kepala Sekolah telah menetapkan larangan membawa ponsel ke sekolah. Namun, masih banyak siswa yang melanggar aturan tersebut. Buktinya puluhan ponsel milik siswa terkena rasia.
      C. Larangan membawa ponsel bagi siswa sudah diberlakukan. Akan tetapi, pelanggaran oleh 31 siswa masih terjadi. Petugas melakukan penyitaan bagi siswa yang melanggar tersebut.
      D. Walaupun ada larangan membawa ponsel ke sekolah, ternyata masih banyak siswa yang melanggar aturan tersebut. Hal ini terbukti terdapat puluhan ponsel disita oleh petugas.
  13. Cermati paragraf berikut.
    (1) Di warung nasi ini pengunjung akan mendapat berjejer lauk pauk khas Indonesia yang menggoda selera. (2)Rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia. (3) Salah satu menu yang paling banyak diincar di Nasi Pedas Ibu Andika adalah kulit ayam yang digoreng garing. (4) Jika Anda mendapat kulit ayam tersebut, Anda termasuk pengunjung yang beruntung. (5) Sebab, lauk tersebut sangat cepat habis.
    Kalimat tidak padu dalam teks tersebut ada pada nomor ….
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  14. Cermati paragraf berikut!

Seiiring dengan pertambahan usia, […] dan fungsi organ-organ tubuh semakin berkurang. Berbagai penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi organ tersebut lazim disebut dengan penyakit degeneratif. Salah satu penyakit degeneratif yaitu hipertensi atau darah tinggi. Namun yang perlu diwaspadai, hipertensi saat ini tidak hanya masalah bagi kaum lanjut usia tapi sudah mulai dikeluhkan oleh orang dengan usia lebih muda.
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. komposisi
B. metabolisme
C. potensi
D. jaringan sel

  1. Perhatikan katimat berikut!
    Perahu itu Berlayar menyusuri sungai Mahakam.
    Kalimat tersebut salah dalam penggunaan ejaan karena …
    A. huruf kapital seharusnya tidak dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai penjelas nama jenis.
    B. huruf kapital seharusnya dipakai sebagai huruf pertama nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya.
    C. huruf kapital seharusnya dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti narna diri geografi
    D. huruf kapital seharusnya dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai penjelas nama jenis
  2. (1) Sudah banyak telaah ilmiah yang membahas masalah teknologi. (2) Namun, masih jarang yang sudi menelaah masalah yang mungkin timbul sebagai akibat dari teknologi itu. (3) Permasalahan yang ditimbulkan oleh teknologi itu barangkali belum terhayati oleh manusia. (4) Padahal manusialah yang menciptakan, mengalami dan menerima akibat positif atau negatif teknologi itu.
    Ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  3. Bacalah kalimat berikut.
    Ayah dan Bunda yang bijak, saat ini anak kita sudah memasuki masa puber dan memasuki masa […] menuju dewasa.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A. beralih
B. dialihkan
C. peralihan
D. mengalihkan

  1. Bacalah teks berikut!
    (1)Tongseng merupakan masakan asli Indonesia yang sudah ada sejak abad ke-18. (2)Tongseng banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. (3)Bahan baku maupun cita rasanya sangat autentik. (4)Hanya saat bangsa Arab dan India masuk ke Indonesia, akulturasi pun terjadi. (5)Kegemaran dua bangsa tersebut menyantap daging kambing rupanya menular pada masyarakat lokal. (6)Terutama di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.
    Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut adalah … .
    A. (2)
    B. (3)
    C. (4)
    D. (5)
  2. Cermatilah kalimat berikut ini!
    Hutan buatan yang terletak di daerah Utara kota malang dikenal dengan nama taman kebun raya purwodadi.
    Penulisan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah….
    A. Hutan buatan yang terletak di daerah Utara kota malang dikenal dengan nama taman kebun raya purwodadi.
    B. Hutan buatan yang terletak di Daerah Utara kota malang dikenal dengan nama taman kebun raya Purwodadi.
    C. Hutan buatan yang terletak di daerah utara Kota Malang dikenal dengan nama Taman Kebun Raya Purwodadi.
    D. Hutan buatan yang terletak di Daerah Utara kota Malang dikenal dengan nama taman Kebun Raya Purwodadi.
  3. Perhatikan teks berikut!
    Kota Batu yang dulunya merupakan wilayah administratif Kota Malang, yang sekarang telah mengalami pemekaran sehingga menjadi kota, telah berubah wajah. Kota batu saat ini menjadi pusat daya tarik bagi dunia parisawata terutama wisatawan domestik. Perubahan kota batu diikuti dengan semakin menjamurnya lokasi-lokasi wisata seperti jatim park, museum angkot, batu night spectaculer, dan lain-lain.

Perbaikan penulisan huruf kapitaL yang tepat pada teks tersebut adalah…
A. Kota batu (Kota Batu) jatim park (Jatim Park)museum angkot (Museum Angkot) batu night spectaculer (Batu Night Spectaculer) B. Kota batu (kota Batu) jatim park (Jatim Park)museum angkot (Museum Angkot) batu night spectaculer (Batu Night Spectaculer)
C. Kota batu (kota batu)jatim park (jatim Park)museum angkot (museum Angkot) batu night spectaculer (Batu Night Spectaculer) D. Kota batu (KOTA BATU)jatim park (JATIM PARK) museum angkot (MUSEUM ANGKOT) batu night spectaculer (BATU NIGHT SPECTACULER)

  1. Perhatikan teks berikut ini!
    Kota Batu yang dulunya merupakan wilayah administratif Kota Malang yang sekarang telah mengalami pemekaran sehingga menjadi kota telah berubah wajah. Kota batu saat ini menjadi pusat daya tarik bagi dunia parisawata terutama wisatawan domestik. Perubahan kota batu diikuti dengan semakin menjamurnya lokasi-lokasi wisata seperti jatim park museum angkot batu night spectaculer dan lain-lain.
    Penulisan tanda baca yang tepat untuk melengkapi teks di atas sehingga menjadi teks yang baik adalah…
    A. Kota Batu yang dulunya merupakan wilayah administratif kota malang, yang sekarang telah mengalami pemekaran sehingga menjadi kota, telah berubah wajah. Kota batu saat ini menjadi pusat daya tarik bagi dunia parisawata terutama wisatawan domestik. Perubahan kota batu diikuti dengan semakin menjamurnya lokasi-lokasi wisata seperti jatim park museum angkot batu night spectaculer dan lain-lain.
    B. Kota Batu yang dulunya merupakan wilayah administratif Kota Malang, yang sekarang telah mengalami pemekaran sehingga menjadi kota, telah berubah wajah. Kota Batu saat ini menjadi pusat daya tarik bagi dunia parisawata terutama wisatawan domestik. Perubahan Kota Batu diikuti dengan semakin menjamurnya lokasi-lokasi wisata seperti Jatim Park,Museum Angkot,Batu Night Spectaculer dan lain-lain.
    C. Kota Batu yang dulunya merupakan wilayah administratif Kota Malang, yang sekarang telah mengalami pemekaran sehingga menjadi kota, telah berubah wajah. Kota Batu saat ini menjadi pusat daya tarik bagi dunia parisawata terutama wisatawan domestik. Perubahan Kota Batu diikuti dengan semakin menjamurnya lokasi-lokasi wisata seperti Jatim Park,Museum Angkot,Batu Night Spectaculer dan lain-lain.
    D. Kota Batu yang dulunya merupakan wilayah administratif Kota Malang, yang sekarang telah mengalami pemekaran sehingga menjadi kota, telah berubah wajah. Kota Batu saat ini menjadi pusat daya tarik bagi dunia parisawata terutama wisatawan domestik. Perubahan Kota Batu diikuti dengan semakin menjamurnya lokasi-lokasi wisata seperti Jatim Park,Museum Angkot,Batu Night Spectaculer, dan lain-lain.
  2. Kalimat berikut ini yang menggunakan penulisan singkatan yang tepat adalah….
    A. Anisa adalah karyawan lulusan unisma.
    B. Mahasiswa UM itu telah menyelesaikan penelitian dibidang Aerodinamika.
    C. Pemenuhan kebutuhan beras di wilayah Kota Malang dicukupi oleh BULOG Provinsi Jawa Timur.
    D. Kecelakaan di depan Kebun Raya Purwodadi telah ditangani oleh SATLANTAS.
  3. Perbaikan penulisan istilah erodinamika yang tepat adalah….
    A. Aierodinamika
    B. Aerodinamika
    C. Eirodinamika
    D. Airodinamika

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here