SOAL TRY OUT SMP KELAS XII BAHASA INDONESIA 2019,2020,2021
SOAL TRY OUT SMP KELAS XII BAHASA INDONESIA 2019,2020,2021

Pilihlah jawaban yang paling benar!

  1. Bacalah teks berikut! Setiap semester mahasiswa wajib melakukan registrasi di kampusnya. Hal ini merupakan syarat dari perguruan tinggi yang harus dipenuhi. Dengan melakukan registrasi mahasiswa tetap diakui sebagai mahasiswa perguruan tinggi tersebut.
    Makna kata registrasi pada kalimat tersebut adalah …
    A. Pelaporan B. pendataan C. pendaftaran D. pengelompokan
  2. Bacalah paragraf berikut!

(1) Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya dapat menjadi obat untuk mempercepat proses penyembuhan. (2) Lidah buaya dikenal karena sifat anti-inflamasinya. (3) Dengan kata lain, tanaman ini mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. (4) Mengoleskan gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh.

Makna kalimat nomor 2 pada paragraf tersebut adalah …
A. Lidah buaya dapat menjadi obat untuk menyembuhkan sakit karena peradangan.
B. Penggunaan lidah buaya sebagai obat karena dapat mengurangi tanda dan gejala peradangan.
C. Lidah buaya dapat dipakai sebagai obat tradisional yang tidak mempunyai efek samping.
D. Sebagai obat tradisional, lidah buaya menjadi alternatif penyembuhan sakit radang.

  1. Bacalah kutipan biografi berikut!
    Sutardji Calzoum Bachri lahir di Rengat, Indragiri pada 24 Juni 1941. Pada 1947, ia masuk sekolah rakyat dan lulus tahun 1953 di Bengkalis-Pekanbaru. Sutardji mengecap pendidikan tertingginya hingga tingkat doktoral di Fakultas Sosial Politik Jurusan Administrasi Negara, Universitas Padjajaran, Bandung. Selain pendidikan formal, ia juga mengikuti pendidikan nonformal seperti Poetry Reading International di Rotterdam.
    Sejak ia mengirimkan sajak-sajaknya dan dimuat di koran Pikiran Rakyat, ia mulai diperhitungkan sebagai penyair Indonesia. Ia tidak hanya menulis puisi, tetapi juga membuat cerpen. Dalam mempertunjukkan karyanya, ia tidak ragu untuk menunjukkan totalitasnya di atas panggung. Berbagai penghargaan telah diraihnya, bukan hanya dari pemerintah Indonesia saja, tetapi juga pemerintah luar negeri seperti Hadiah Sastra Asean dari Kerajaan Thailand tahun 1979.
    Keistimewaan tokoh sesuai kutipan teks tersebut adalah….
    A. Menyelesaikan studi hingga tingkat doktoral di Fakultas Sospol Universitas Padjajaran.
    B. Meraih berbagai penghargaan baik dari pemerintah dalam negeri maupun luar negeri.
    C. Pernah mengikuti pendidikan nonformal Poetry Reading International di Rotterdam.
    D. Pandai dalam menciptakan karya sastra, baik karya berupa puisi maupun cerita pendek.
  2. Hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah….
    A. Memiliki keteguhan dan totalitas dalam menunjukkan karyanya.
    B. Bersemangat dalam meraih penghargaan-penghargaan dunia.
    C. Mampu tampil dengan penuh percaya diri di setiap kesempatan.
    D. Rajin mengikuti kegiatan-kegiatan di dalam maupun di luar negeri.
  3. Bacalah teks berikut!

Tahukah Anda bahaya radiasi yang terpancar dari ponsel dapat mengganggu kesehatan. Bukti adanya hubungan antara ponsel dengan masalah kesehatan memang belum ada. Namun FDA membenarkan bahwa ponsel mengeluarkan radiasi level rendah dan energi radiofrekuensi (RF) tidak panas yang tidak akan merusak DNA. Meskipun demikian, energi RF bersifat kumulatif dan bisa juga membahayakan jika berlebihan. Apalagi saat ini sudah banyak anak yang memiliki ponsel dan berisiko terkena radiasi tersebut. Jika ketika masih kecil sudah terkena radiasi tersebut, kemungkinan pada saat dewasanya akan mengalami gangguan kesehatan.
Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah …
A. Mengapa ponsel dapat menimbulkan radiasi?
B. Bagaimana pengaruh ponsel terhadap kesehatan tubuh?
C. Apakah radiasi ponsel dapat menimbulkan gangguan kesehatan?
D. Mengapa radiasi ponsel bisa menimbulkan gangguan pada tubuh?

  1. Bacalah teks berikut!

(1) Dulu kita sering mendengar slogan makanan 4 sehat 5 sempurna, (2) Rupanya slogan tersebut kini tak lagi dianggap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi gizi. (3) Semenjak tahun 1990-an, banyak ahli gizi dari berbagai belahan dunia sepakat mengganti dengan istilah gizi seimbang. (4) Pada kenyataannya empat sehat lima sempurna memang tidak bisa lagi dijadikan pedoman makanan sehat dan menyehatkan.

     Kalimat yang menyatakan pertentangan pada teks tersebut terdapat pada nomor  …

A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

  1. Bacalah teks berikut!

Taman Nasional Komodo terletak di kawasan Wallacea Indonesia, berada di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di kepulauan Indonesia Timur. Kawasan Wallacea terbentuk dari pertemuan dua benua yang membentuk deretan unik kepulauan bergunung api dan terdiri atas campuran burung serta hewan dari kedua Benua Autralia dan Asia. Terdapat 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia di Taman Nasional Komodo. Selain itu, juga terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung.

Ide pokok pokok teks tersebut adalah …

A. Taman Nasional Komodo berada di kepulauan Indonesia Timur

B. terbentuknya kawasan Wallacea Indonesia

C. berbagai spesies tumbuhan dan binatang ada di Taman Nasional Komodo

D. letak Taman Nasional Komodo

  1. Bacalah teks berikut!

NASA menemukan tujuh planet batuan seukuran Bumi yang mengorbit bintang induknya dari jarak aman. Temuan ini adalah bukti paling nyata adanya planet kebumian di sistem tata surya lain. Susunan sistem tata surya di seputar bintang Trappist-1Tujuh planet mengorbit sebuah bintang kecil bernama Trappist-1 yang berjarak 40 tahun cahaya dari bumi. Mengingat massa dan jarak orbitnya, ilmuwan meyakini ketujuh planet tersebut layak untuk diamati lebih lanjut.
Simpulan isi teks tersebut adalah …

A. Penemuan planet kebumian layak diteliti.

B. Para ilmuwan menemukan planet mirip bumi.

C. NASA menemukan planet kebumian di sistem tata surya lain.

D. Di tata surya lain ternyata ada planet yang mirip dengan bumi.

  1. Bacalah teks berikut!
    (1)Senyum merupakan perilaku sederhana tetapi mempunyai efek yang luar biasa. (2) Siapa pun tak akan membantah bahwa kalau orang tersenyum wajahnya terlihat berseri-seri. (3) Dengan senyuman, seseorang dapat membuka hati dan mempengaruhi pikiran orang lain. (4) Senyum mempunyai perilaku kompleks yang dapat memikat dan menarik perhatian.

Pernyataan yang merupakan pendapat mendukung terhadap masalah utama pada teks tersebut terdapat pada kalimat…

A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

  1. Bacalah teks berikut!

(1) Pemerintah sudah membuat peraturan berisi denda yang cukup besar untuk para pembuang sampah rumah tangga di pinggir jalan. (2) Namun, masih sering ditemui orang membuang sampah yang sudah dimasukkan ke kantong plastik seenaknya sendiri. (3) Dengan santainya sampah itu dia lemparkan dari dalam mobil, bukannya dipinggir tapi malah di tengah jalan. (4) Sungguh ironis dan memprihatikan perilaku tidak terpuji ini. (5) Sebuah potret buram tentang kepedulian terhadap kebersihan.
Pernyataan yang tidak mendukung pendapat terhadap masalah utama pada teks tersebut terdapat pada kalimat …

A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

  1. Bacalah teks berikut! Perhatian masyarakat Indonesia tengah tertuju pada registrasi kartu SIM prabayar yang telah diberlakukan oleh pemerintah. Sebagian warga telah berhasil mendaftarkan SIM-nya. Namun, ada pula yang gagal berkali-kali. Bahkan, ada yang termakan berita bohong atau hoax seputar registrasi tersebut.

Setelah pemerintah memberlakukan ketentuan registrasi kartu SIM prabayar, muncul sejumlah berita bohong tentang registrasi itu. Berita bohong itu antara lain tentang batas waktu pendaftaran ulang kartu SIM lama. Batas waktu registrasi ulang itu sebenarnya 28 Februari 2018, bukan 31 Oktober 2017.
Ringkasan yang tepat teks tersebut adalah …

A. Masyarakat Indonesia tengah tertuju pada registrasi kartu SIM prabayar yang telah diberlakukan oleh pemerintah.

B. Pemerintah memberlakukan registrasi kartu SIM prabayar sampai batas waktu tanggal 28 Februari 2018.

C. Ketentuan registrasi kartu SIM prabayar telah diberlakukan oleh pemerintah yang memunculkan sejumlah hoax tentang registrasi itu.

D. Registrasi kartu SIM prabayar yang telah diberlakukan oleh pemerintah, masyarakat dihimbau jangan percaya berita bohong.

  1. Bacalah kutipan kedua teks berikut!
    Teks 1 Teks 2
    Keberadaan hutan yang ada di Indonesia semakin hari semakin berkurang. Hal ini juga didukung oleh kurangnya kepedulian warga terhadap kelestarian hutan. Kegiatan penebangan pohon secara liar yang terjadi di kawasan hutan di Indonesia juga terus terjadi. Pemerintah dianggap kurang tegas dalam menindak lanjuti para penebang liar tersebut. Akibatnya tanah dikawasan tersebut sudah tidak dapat menyerap airdengan baik dan bencana tanah longsor sering terjadi. Udara di kota-kota industri sangat kotor dengan banyaknya asap hitam hasil pembakaran di pabrik-pabrik. Udara semakin panas sehingga menyebabkan berbagai dampak lingkungan hidup. Es di kutub selatan dan di Greenland mulai mencair. Itulah berbagai akibat yang terjadi karena eksploitasi besar-besaran minyak bumi.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah….
Teks 1 Teks 2
A. Akibat sebab Sebab akibat
B. Generalisasi Akibat sebab
C. Sebab akibat Akibat sebab
D. Sebab akibat Generalisasi

  1. Bacalah dua kutipan teks berikut dengan saksama!
    Teks 1 Teks 2
    Tiga rumah itu berdiri kokoh. Sekilas bentuk ketiga rumah itu sama. Atap rumah berbentuk kerucut. Hanya warna pintu saja yang membedakan ketiga rumah itu. Pintu rumah paling utara berwarna merah, rumah tengah berwarna coklat, dan rumah paling selatan berwarna hitam. Nandhita terpaku di depan ketiga rumah itu. Eve, gadis berkulit coklat itu melempar senyumnya yang manis. Kerudung putih yang dipakainya berkibar tertiup angin. Langkahnya yang selalu tergesa seakan ingin mencapai sesuatu dengan cepat. Aku ingin menyapanya, tetapi suaraku tercekat saat ada di depannya. Perbedaan pola pengembangan dua kutipan teks cerita tersebut adalah.... Teks 1 Teks 2
    A. Berdasarkan dekripsi latar tempat Berdasarkan pengenalan tokoh
    B. Berdasarkan perpindahan latar tempat Berdasarkan pengenalan tokoh
    C. Berdasarkan dekripsi latar tempat Berdasarkan sebab akibat yang unik
    D. Berdasarkan perpindahan latar tempat Berdasarkan sebab akibat yang unik
  2. Bacalah teks berikut!
    Judul Buku : The Magic smile Pengarang Buku : Athif Abul’Id

Penerbit : Al-Jadid

1) Buku The Magic Smile membahas tentang misteri dibalik senyuman. (2) Tidak seorang pun dapat memungkiri sihir senyuman dan efeknya terhadap orang lain. (3) Betapa banyaknya senyuman yang dapat membuka hati seseorang dan mempengaruhi pikiran orang lain. (4) Buku ini sangat memotivasi bagi siapa saja yang membacanya.

(5) Ternyata senyuman itu ada bermacam-macam jenis dan ragamnya. (6) Ketika kamu membaca buku The Magic Smile, bisa dipastikan ekspresi wajahmu akan tersenyum. (7) Namun, kurangnya ilustrasi dalam buku ini akan menjenuhkan para pembaca, khususnya bagi orang-orang yang tidak suka membaca.

Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku tersebut terdapat pada kalimat ….
A. (2) dan (4) B. (3) dan (5) C. (4) dan (6) D. (5) dan (7)

  1. Bacalah teks berikut!

(1) Novel Surat Kecil untuk Tuhan menceritakan tentang perjuangan gadis remaja dalam melawan kanker jaringan lunak. (2) Gadis kecil tokoh utama yang diceritakan dalam buku ini, divonis menderita kanker ganas dan diprediksi hidupnya hanya tinggal 5 hari lagi. (3) Kanker jaringan lunak menggerogoti bagian wajahnya sehingga menjadi terlihat buruk seperti monster. (4) Kisah yang diangkat dari kehidupan nyata ini sangat menyentuh dan membuat pembaca terhanyut perasaannya. (5) Namun, Kata-kata kiasan yang dipakai penulis, kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan. (6) Beberapa foto perjuangan Keke ketika melawan penyakitnya dan foto sahabat-sahabatnya saat di pemakaman sengaja disertakan. (7) Meski sudah tersusun baik, masih ditemukan penulisan kata yang salah dan sulit dimengerti.
Pernyataan yang menyatakan kelemahan buku tersebut terdapat pada kalimat …
A. (1) dan (5) B. (2) dan (6) C. (3) dan (7) D. (5) dan (7)

  1. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendorong penggunaan limbah plastik sebagai campuran aspal jalan di provinsi, kabupaten, dan kota. Selain membantu penanganan limbah plastik, aspal campuran plastik juga lebih kuat dibanding aspal standar. Saat ini uji gelar teknologi aspal plastik memasuki kota kelima. Uji coba itu telah dilakukan di Bali, Bekasi, Makasar, Solo, dan Jawa Timur.
Komentar yang tepat terhadap isi kutipan teks tersebut adalah …

A. Aspal plastik harusnya diuji di kota se-Indonesia
B. Perlu dilakukan uji coba kekuatan aspal plastik
C. Aspal plastik memiliki beberapa keuntungan
D. Aspal plastik belum terbukti kualitasnya

  1. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Dayu adalah sahabatku sejak kecil. Aku hapal akan kebiasaan-kebiasaannya, termasuk sifat usil dan isengnya. Dayu suka sekali menggambar. Setiap ada kesempatan ia selalu menjadikan apa saja sebagai objek gambarnya. Bahkan, pernah suatu hari Dayu dimarahi orang tuanya karena ketahuan menggambar hidung tamu ayahnya. Padahal, saat itu ia disuruh belajar. Namun, Dayu termasuk anak cemerlang. Hal itu karena kebiasaannya membaca setiap hari.
Makna kata cemerlang dalam kutipan cerpen tersebut adalah …

A. Tangkas B. cerdas C. hebat D. lincah

  1. Bacalah kutipan fabel berikut! Lebah dan tawon memperebutkan sarang penuh madu yang mereka temukan di sebuah pohon berongga. Keduanya berkeras bahwa sarang madu itu milik mereka. Tawon mengatakan bahwa sarang itu miliknya dan sudah dihuni cukup lama. Mereka sepakat membawa kasus itu kepada hakim. Hakim kemudian mengusulkan agar mereka berdua membuat sarang dan mengisinya dengan madu. Lebah setuju dan menyanggupinya. Tawon segera memprotes keras usul hakim. Hakim pun tersenyum dan mengatakan bahwa ia tahu kenapa tawon menolak. Hal itu membuktikan bahwa tawon tidak bisa membuat sarang dan mengisinya dengan madu. Hakim kemudian memutuskan bahwa sarang madu tersebut menjadi milik lebah.
    Watak tawon dalam kutipan fabel tersebut adalah …
    A. keras kepala B. pemalas C. serakah D. licik
  2. Bacalah kutipan cerpen berikut!

ATM itu singkatan dari Aku Tidak Menyontek. Untuk mendapatkan kartu itu kami harus mematuhi sebuah peraturan, yaitu tidak menyontek. Kartu ATM dipakai kala ulangan dan kala latihan, tapi aku tidak mempunyai kartu ATM karena kata orang aku tidak pandai dan malas belajar. Ah, entahlah. Soal itu sepertinya orang lain lebih paham dari diriku sendiri.
Kutipan cerpen tersebut merupakan bagian …

A. Konflik B. klimaks C. pengenalan D. penyelesaian

  1. Bacalah kutipan fabel berikut!

Seekor katak tua mengumumkan kapada tetangganya bahwa ia telah belajar menjadi dokter dan dapat menyembuhkan segala penyakit. Seekor rubah yang menjadi tetangganya, bergegas menemui sang Katak dan meneliti fisiknya dengan cermat.

“Tuan Katak,” kata sang Rubah, “saya telah diberi tahu bahwa kamu bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Tapi, coba lihat dirimu sendiri. Apakah obatmu bisa menyembuhkan kerutan-kerutan pada wajahmu dan rematik yang sekarang kamu derita. Orang akan percaya jika kamu bisa sembuh. Kalau tidak sembuh, saya menyarankan agar kamu mengganti pekerjaan.”
Makna simbol frasa bercetak tebal dalam kutipan fabel tersebut adalah …

A. Tua B. sakit C. lemah D. pikun

  1. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Malamnya ada tamu yang mencari atok, panggilan untuk kakekku. Kedua tamu itu sepertinya berencana membeli kelekakatau kebun milik atok. Menurut mereka di dalam tanah milik atok, di bawah hamparan tanaman durian, cempedak, mangga, dan kelapa tersimpan harta terpendam yang nilainya cukup besar, yaitu biji timah.

“Tidak! Aku tidak akan menjual kelekak itu pada kalian!” tegas atok menolak tawaran kedua tamunya.
“Kami akan menaikkan tawaran kalau begitu,” bujuk mereka.

“Aku tak akan melepas warisan orang tuaku dan merusak kelekak ini hanya untuk kalian jadikan tambang illegal. Kalian hanya akan merusak lingkungan demi mengambil timah yang terkandung di dalamnya!” atok tegas menolak.
Nilai moral yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Karakter baik tidak dinilai dengan uang
B. Rasa kepedulian untuk menjaga lingkungan
C. Berpikir matang sebelum mengambil keputusan
D. Cinta tanah air mengalahkan kepentingan pribadi

  1. Bacalah kutipan cerpen berikut!

“Sumpah! Aku denger sendiri dari papaku!” ucap Dodi di tengah kerumunan siswa berseragam putih biru.

“Ada apa, sih? Ribut benar,” tanya gadis merah jambu.

“Aish, ketinggalan kamu Pink! Udah telat,” seru Rangga sang ketua kelas.

Fina seorang murid hitam manis keluar dari kerumunan. Dia kemudian menceritakan berita heboh yang didengarnya dari Dodi. Menurut cerita yang didengar Fina, semalam bapak-bapak yang tengah berjaga di pos ronda melihat seorang wanita pendek keluar dari kebun Mbah Yadi. Awalnya dikira pencuri. Mereka berpencar mengejarnya. Tiba-tiba wanita itu menghilang tepat di depan rumah bercat putih. Rumah itu memang sudah lama kosong.

“Iiih.. serem, aku tidak akan lewat sana lagi,” kata gadis merah jambu.

“Betul, mulai sekarang kita ambil jalan memutar saja. Agak jauh tidak apa-apa daripada kita dibawa wanita bertubuh pendek itu,” sahut Rangga. Beberapa anak yang lain mengiyakan. Mulai saat itu mereka tak akan lewat di depan rumah bercat putih lagi.

Akibat konflik kutipan cerpen tersebut adalah …

A. Anak-anak bercerita tentang wanita bertubuh pendek

B. Bapak-bapak mengejar wanita di rumah bercat putih

C. Wanita bertubuh pendek menghilang tiba-tiba

D. Anak-anak menghindari rumah bercat putih

  1. Bacalah kutipan cerpen berikut!

(1) Rona cakrawala mentari senja semburat membingkai dinding langit. (2) Angin semilir lembut menggoda helai rambut Minih yang tampak asyik menggulung kertas berukuran 5×10 cm. (3) Pekerjaan itu dilakukan dengan cekatan dan hati-hati. (4) Wajah yang lembut tampak tenang dan teduh. (5) Diam-diam dari balik pintu kamar, kau mengintip pekerjaan Minih. (6) Ada rasa yang perlahan menusuk hatimu ketika pandangan matamu terumbuk pada kedua tangan Minih.

Bukti latar pada kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat …

A. (1) dan (3) B. (1) dan (5) . C. (2) dan (4) D. (3) dan (6)

  1. Bacalah kutipan cerpen berikut!

(1) Aku tak ingin berdusta kepada orang tuaku, kakak, adik, dan saudaraku bahkan kepada siapa pun yang bernapas bersama di jagad ini. (2) Aku seorang putri sulung dari tiga bersaudara yang selalu mengisi waktu santai dengan belajar. (3) Kalian boleh percaya atau tidak, tapi begitulah aku. (4) Hari ini, aku kedatangan saudara sepupuku, Mega namanya. (5) Ia ingin mengajakku bermain bola kasti. (6) Mega memang paling bersemangat jika berkaitan dengan aktivitas fisik di luar ruangan.
Bukti watak tokoh ditunjukkan kalimat …

A. (1) dan (2) B. (2) dan (4) C. (3) dan (5) D. (4) dan (6)

  1. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Suara rumput yang tersibak terdengar di perkebunan tak terawat ini. Pemiliknya sengaja menanam pohon nipah di setiap sudutnya. Samar-samar terlihat seorang anak tiga belas tahun menebas daun nipah dengan telaten agar terlepas dari tangkainya. Daun nipah yang mirip daun kelapa itu tak mudah ditebas. Pinggirnya cukup tajam dan dapat melukai jika tak berhati-hati.

Tangan mungil serta kasar itu terampil mengumpulkan daun nipah yang akan dijadikan atap. Ia tak menghentikan aktivitasnya meski peluh membasahi kaus usangnya. Namun, ia tetap waspada karena di antara semak-semak liar, tak jarang ada hewan buas bersembunyi.

Komentar yang tepat berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah …

A. Watak tokoh disampaikan melalui ciri fisik dan tingkah laku.

B. Tema yang diangkat terkait budaya masyarakat setempat.

C. Alur cerpen terlalu lambat sehingga agak membosankan.

D. Amanat yang disampaikan dalam cerita kurang sesuai.

  1. Bacalah kalimat berikut ! Peserta seminar diwajibkan membayar […] Rp 50.000,00.
    Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …

A. Kontribusi B. retribusi C. konspirasi D. verifikasi

  1. Bacalah kalimat berikut !
    Saya sendiri yang […] peristiwa kecelakaan maut itu.
    Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

A. Melihat B. menonton C. menyaksikan D. menatap

  1. Bacalah kutipan cerpen acak berikut !

(1) Hati Sarinah selalu tergerak ingin ikut, tapi selalu ditahannya karena alasan tertentu.
(2) Dia hanya bisa melihat dari balik jendela.
(3) Warga yang menolak pabrik semen biasanya melewati rumah Sarinah saat mau ke lapangan.
(4) Saat seperti itu hatinya semakin bergetar dan menahan tangis.
(5) Itu pun sembunyi-sembunyi.

Susunan yang tepat agar menjadi teks cerpen yang baik adalah …

A. (5), (4), (3), (2), (1)

B. (3), (1), (2), (5), (4)

C. (4), (1), (5), (3), (2)

D. (3), (1), (2), (4), (5)

  1. Bacalah teks berikut ! Bulutangkis di Indonesia mengalami kejayaan pada periode tahun 1960 sampai dengan 1970 dan bertahan hingga dekade 1990. […] Namun demikian, menurunnya prestasi itu tidak menjadikan bulutangkis kehilangan peminat.
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …

A. Prestasi itu menurun dengan hilangnya generasi penerus bulutangkis.

B. Kejayaan bulutangkis bangkit setelah memasuki tahun 2000-an.

C. Memasuki tahun 2000-an, generasi bulutangkis semakin sedikit.

D. Prestasi itu perlahan-lahan menurun memasuki tahun 2000-an.

  1. Bacalah teks berikut !

Wortel sangat bermanfaat jika dikonsumsi secara rutin. Selain harganya yang ekonomis, wortel mengandung berbagai macam mineral dan vitamin. Hal tersebut dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu wortel juga dapat meningkatkan nafsu makan. […]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …

A. Jus wortel sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

B. Ada satu manfaat lagi tentang jus wortel yaitu meningkatkan kesehatan mata.

C. Wortel dapat dibeli di berbagai tempat baik pasar tradisional maupun supermarket.

D. Jus wortel dapat mengobati berbagai penyakit baik ringan maupun berat.

  1. Bacalah teks berikut !

Novel ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang wanita tuna netra. Novel berjudul Dian ini menjadi novel best seller. Bahasa yang digunakan dalam novel ini luas dan sederhana sehingga […]. Novel ini cocok dibaca oleh kaum wanita agar menambah motivasi dalam menjalani kehidupan yang sedang dilanda cobaan.
Kalimat yang menyatakan keunggulan buku untuk melengkapi teks tersebut adalah …

A. novel ini mudah dipahami pembaca.

B. novel ini sangat laris di pasaran.

C. novel ini menjadi digemari banyak kalangan.

D. novel ini dicari oleh banyak kalangan.

  1. Bacalah teks berikut ! Angin kencang terjadi selama 30 menit. Bencana angin puting beliung terjadi di Desa Blabag sore hari tadi sekitar pukul 15.30. Puluhan pohon besar tumbang, beberapa rumah penduduk roboh. Bahkan gedung SD Negeri Blabag I sebagian atapnya runtuh. […] Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa angin kencang tersebut.
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah …

A. Tetapi ada hal yang pantas menjadi perhatian.

B. Walaupun demikian sebaiknya tetap berhati-hati.

C. Namun, masih ada satu hal yang pantas disyukuri.

D. Ada kemungkinan bencana angin kencang akan datang kembali.

  1. Bacalah kalimat berikut ! Para penumpang yang membawa perhiasan mohon diamankan.
    Variasi kalimat tersebut adalah …

A. Perhiasan mohon diamankan para penumpang.

B. Penumpang dan perhiasan mohon diamankan.

C. Perhiasan para penumpang mohon diamankan.

D. Para penumpang mohon mengamankan perhiasannya.

  1. Bacalah kalimat berikut !

Secara bergotong royong penduduk mengantisipasi kebakaran Pasar Klitikan sejak tadi pagi.
Kata yang tidak tepat penggunaannya adalah …

A. bergotong royong B. penduduk C. mengantisipasi D. sejak

  1. Bacalah kalimat berikut !
    Mendengar berita itu, ayah dan ibu […] karena tidak percaya.
    Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …

A. berpandang-pandangan

B. pandang-pandangan

C. berpandangan

D. memandang

  1. Bacalah kalimat berikut !
    Hujan deras melanda perkampungan itu […] beberapa rumah terendam banjir
    Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …

A. Jika B. ketika C. Asalkan D. sehingga

  1. Bacalah paragraf berikut! Dalam pertandingan bola volley team kami masuk fainal, rencananya akan bertanding bulan Pebruari 2017. Sistem pertandingan menggunakan sistem gugur dengan dua kali kemenangan.
    Perbaikan kata yang bercetak miring adalah….

A. tiim, fainal, Pebruari

B. tiem, final, Februari

C. tim, final, Februari

D. teim, fainal, pebruari

  1. Bacalah paragraf berikut! Pada hari Minggu lalu, Dedy menonton pertandingan bola voli. Di desa Dedy menyaksikan pertandingan di lapangan. Dedy begitu bersemangat mendukung regu kesukaannya.
    Perbaikan kalimat yang bercetak miring adalah …

A. Dedy menyaksikan pertandingan di lapangan desa.

B. Dedy lapangan di desa menyaksikan pertandingan.

C. Dedy di lapangan desa pertandingan menyaksikan.

D. Dedy menyaksikan di pertandingan lapangan desa.

  1. Bacalah paragraf berikut!

(1) Target pemerintah untuk bisa mengantongi devisa Rp 280 triliun dari sektor pariwisata dikhawatirkan tidak tercapai. (2) Perkembangan dunia digital tak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga pemerintahan. (3) Hal ini dikarenakan banyak warga Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri. (4) Baik untuk liburan, ibadah, maupun keperluan lainnya.

Kalimat yang tidak padu terdapat pada kalimat nomor….

A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

  1. Bacalah paragraf berikut!

Buku Belajar Bahasa Jerman dengan Praktis ini adalah buku panduan terbaru Bahasa Jerman yang saya beli. Buku ini cocok sekali untuk pencari beasiswa ke Jerman. Akan tetapi sayang soal-soalnya sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sehingga tidak ada tantangannya.
Penulisan kata” Bahasa Jerman dan Bahasa Indonesia” salah karena….

A. Penulisan kata “suku”, ”bangsa”, dan “bahasa” yang diikuti nama suku, bangsa, atau bahasa harus diawali huruf kapital, kecuali pada judul.

B. Penulisan kata “suku”, ”bangsa”, dan “bahasa” yang diikuti nama suku, bangsa, atau bahasa tidak diawali huruf kapital, termasuk nama suku, bangsa, atau bahasa tersebut.

C. Penulisan kata “suku”, ”bangsa”, dan “bahasa” yang diikuti nama suku, bangsa, atau bahasa harus diawali huruf kapital, termasuk nama suku, bangsa, atau bahasa tersebut.

D. Penulisan kata “suku”, ”bangsa”, dan “bahasa” yang diikuti nama suku, bangsa, atau bahasa tidak diawali huruf kapital, kecuali pada judul.

  1. Bacalah paragraf berikut!

(1) Tidak ada yang menyangka, Debby bisa menjadi penulis novel terkenal. (2) Novel merupakan sebuah karya sastra berbentuk prosa. (3) Padahal, sejak kecil tidak ada tanda-tanda kalau Debby mempunyai bakat menulis, khususnya menulis sebuah novel.

(4) Diakui Debby, sebetulnya dia sudah menyukai dunia tulis menulis dan sering menulis di buku harian sejak SMP.

Kalimat nomor dua tidak padu karena….

A. kalimat tidak baku

B. kalimat tidak efektif

C. tidak sesuai strukturnya

D. tidak menjelaskan kalimat utama

  1. Bacalah kalimat berikut!

Kerugian yang dialami oleh Bank Makmur Jaya mencapai 5 milyar akibat transaksi fiktif antarbank yang dilakukan oleh salah satu karyawan.
Kesalahan ejaan pada kalimat tersebut adalah ….

A. Fiktif B. milyar C. transaksi D. antarbank

  1. Bacalah kalimat–kalimat berikut!
  2. Saya ingin membeli kamera tetapi, uang belum cukup.
  3. Ana membeli peralatan sekolah, seperti buku, pensil, dan penggaris.
  4. Karena baik hati, dia mempunyai banyak teman.
  5. Buku, majalah, dan jurnal termasuk sumber kepustakaan.
    Kesalahan penggunaan tanda baca koma (,) terdapat pada kalimat ….

A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

  1. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
  2. Novel Laskar pelangi merupakan salah satu novel motivasi pendidikan di Indonesia.
  3. Api yang membakar hutan gunung Lawu mendekati pemukiman warga sekitar.
  4. SMP Nusantara membentuk panitia untuk memperingati Hari Antinarkoba.
  5. Festival Nasional Seni Pertunjukan 2014 digelar di gedung pewayangan kautaman TMII.

Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat nomor ….

A. kalimat 1 B. kalimat 2 C. kalimat 3 D. kalimat 4

  1. Bacalah kalimat berikut!
    Drs Abdul Gaffar Ruskhan M Hum menyampaikan materi kesehatan di Puskesmas
    Penulisan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …

A. Drs. Abdul Gaffar Ruskhan, M. Hum. menyampaikan materi kesehatan di puskesmas.

B. Drs. Abdul Gaffar Ruskhan. M, Hum., menyampaikan materi kesehatan di Puskesmas.

C. Drs. Abdul Gaffar Ruskhan, M.Hum., menyampaikan materi kesehatan di puskesmas.

D. Drs. Abdul Gaffar Ruskhan. M. Hum, menyampaikan materi kesehatan di Puskesmas.

  1. Bacalah kalimat berikut!
    Rudi berangkat ke pulau Samosir pada Hari Selasa pagi.
    Perbaikan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah …

A. Rudi berangkat ke Pulau Samosir pada Hari Selasa pagi.

B. Rudi berangkat ke pulau samosir pada Hari Selasa pagi.

C. Rudi berangkat ke pulau Samosir pada Hari selasa pagi.

D. Rudi berangkat ke Pulau Samosir pada hari Selasa pagi.

  1. Bacalah kalimat berikut!
    Arda mendapat peringkat ke 3 dikelasnya
    Perbaikan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….

A. Arda mendapat peringkat ke 3 di kelasnya

B. Arda mendapat peringkat ke-3 di kelasnya

C. Arda mendapat peringkat ke 3 dikelasnya

D. Arda mendapat peringkat ke-3 dikelasnya

  1. Bacalah paragraf berikut! (1) Jenis kendaraan yang digunakan sebagai alat tranportasi merupakan bagian di dalam sistim memberikan dampak bagi lingkungan fisik dan biologi akibat imisi pencemaran udara dan kebisingan. (2) Kedua jenis pencemaran ini sangat ditentukan oleh jenis dan kinerja mesin penggerak yang digunakan.

Penulisan ejaan pada paragraf di atas tidak tepat karena …

A. Penulisan kata sistim seharusnya sistem, kata tranportasi seharusnya transportasi dan kata kinerja seharusnya kinirja.

B. Penulisan kata sistim seharusnya sestim, kata tranportasi seharusnya transportasi dan kata kinerja seharusnya kinirja.

C. Penulisan kata sistim seharusnya sistem, kata tranportasi seharusnya transportasi dan Kata imisi seharusnya imisi.

D. Penulisan kata sistim seharusnya sistem, kata tranportasi seharusnya transportasi dan kata imisi seharusnya emisi.

  1. Perhatikan kalimat berikut!
    Bawakan: pisang, jeruk, dan mangga, besok pagi.
    Perbaikan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
    A. Bawakan pisang, jeruk, dan mangga besok pagi.
    B. Bawakan pisang: jeruk dan; mangga besok pagi.
    C. Bawakan; pisang, jeruk, dan mangga besok pagi.
    D. Bawakan, pisang, jeruk, dan mangga: besok pagi.
  2. Perhatikan kalimat berikut!
    Buku yang ditulis hans tandra berjudul dari diabetes menuju ginjal.
    Perbaikan ejaan kalimat tersebut adalah …
    A. Buku yang ditulis Hans Tandra berjudul dari Diabetes Menuju Ginjal.
    B. Buku yang ditulis Hans Tandra berjudul Dari Diabetes menuju Ginjal.
    C. Buku yang ditulis Hans Tandra berjudul dari Diabetes menuju Ginjal.
    D. Buku yang ditulis Hans Tandra berjudul Dari Diabetes Menuju Ginjal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here