SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2019,2020,2021
SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2019,2020,2021


Pilihlah jawaban yang paling benar!

  1. Teknik utama penanaman pohon adalah pemilihan bibit tanaman. (2) Bibit yang baik adalah bibit generatif yang berasal dari biji. (3) Bibit ini lebih tepat karena mempunyai akar tunggang dan dapat hidup lebih lama. (4) Akan tetapi, bibit ini sekurang-kurangnya telah tumbuh di wadahnya selama enam bulan dengan tinggi batang minimal lebih dari 1,50 m dan diameter 0,05 m dan untu mengujinya, cukup dengan mencabut bibit tersebut, apabila sulit dilepaskan maka itulah bibit yang baik. (5) Lubang tanam perlu dipersiapkan sedikitnya satu minggu sebelum penanaman dilakukan dan ukuran lubang tanam sangat bergantung pada besarnya tanaman.
    Ide pokok paragraf tersebut adalah….
    A. Macam-macam bibit tanaman pohon.
    B. Teknik utama penanaman pohon.
    C. Bibit pohon yang tahan lama hidup.
    D. Penanaman bibit pohon yang baik.
  2. Bacalah paragraf berikut!
    (1) Masalah dan tantangan mendasar bukanlah hal yang harus kita hindari karena pemahaman sikap dan jawaban kita terhadap perubahan ekologis yang juga disebut pemanasan global itu menentukan perikehidupan kita selanjutnya. (2) Contohnya, jika dihadapkan pada jalan becek, kita akan mencari jalan menyisir. (3) Langkah berikutnya, kita akan memperbaiki jalan becek itu. (4) Jalan yang terendam air ke bandara, kita terobos dengan menggunakan perahu karet. (5) Bahkan, masih harus ada tindak lanjutnya, yakni memelihara dan mengawasi lebih efektif kondisi jalan itu secara terus menerus.
    Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  3. Bacalah kutipan pidato berikut!
    Gerakan Pramuka lahir dari kancah perjuangan revolusi bangsa Indonesia dalam satu bentuk organisasi kepanduan tunggal. Alhamdulillah sampai saat ini masih utuh dan bahkan menjadi organisasi pendidikan yang cukup besar dan berpotensi, terutama dalam mewujudkan terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa menuju masyarakat yang adil dan makmur.
    Isi dari kutipan pidato tersebut adalah …
    A. Peranan gerakan Pramuka
    B. Perjuangan revolusi
    C. Anggota Pramuka
    D. Persatuan dan kesatuan bangsa
  4. Bacalah ilustrasi berikut!
    OSIS SMP Terbuka melaksanakan program penyuluhan dengan tema “Kenakalan Remaja”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari pihak kepolisian. Sebagai ketua OSIS, Kanahaya menyampaikan pidatonya.
    Kalimat pernyataan yang tepat bagian penutup pidato Kanahaya yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
    A. Selamat pagi saya ucapkan kepada sekolah, narasumber, bapak-ibu guru dan teman-teman yang telah hadir pada acara itu.
    B. Bapak, Ibu dan teman-teman, marilah kita bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan nikmat kepada kita sehingga kita bisa berkumpul di sini.
    C. Teman-teman yang saya sayangi, kegiatan ini bermaksud agar kita mampu menjaga diri dari perbuatan yang tercela dan berbahaya.
    D. Demikian teman-teman,sesuai dengan program yang telah kita sepakati bersama, mari kita ikuti kegiatan ini sampai selesai. Semoga kita dapat mengambil hikmahnya.
  5. Bacalah teks berikut!
    Makanan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan adalah jenis makanan yang berkualitas. Ini berarti kita harus mengonsumsi cukup sayuran dan buah-buahan. Membatasi konsumsi protein hewani, serta mengurangi gula dan camilan yang manis manis.
    Anda juga perlu memastikan tubuh anda cukup mengonsumsi vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K. Selain itu, vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
    Rangkuman bacaan tersebut adalah …
    A. Makanan yang berkualitas, vitamin dan mineral meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
    B. Lemak dan minyak jenuh terutama lemak yang berasal dari hewan dapat merusak kesehatan.
    C. Mengurangi konsumsi gula dan camilan yang manis manis dapat menurunkan berat badan.
    D. Vitamin dan mineral dapat diimbangi dengan makan sayur-sayuran dan buah-buahan.
  6. Bacalah teks berikut!
    SMP Plus Al Kautsar Malang mengadakan acara perpisahan kelas IX tahun pelajaran 2019/2020 dengan siswa kelas VII dan VIII. Tempat kegiatan di Hotel Pelangi Malang.
    Sambutan yang tepat untuk pembuka teks pidato tersebut adalah …
    A. Dengan mengucapkan puji syukur ke jadirat Allah SWT, saya nyatakan acara perpisahan kelas IX tahun pelajaran 2019/2020 dimulai. Semoga Allah SWT merahmati kita semua.
    B. Kami mohon maaf, jikaacara ini kurang memuaskan Bapak/Ibu, saudara. Karena keterbatasan waktu juga acara ini dapat terlaksana dan segera akan kita mulai.
    C. Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. Berkat rahmat-Nya, kita dapat hadir dalam acara perpisahan kelas IX tahun pelajaran 2019/2020.
    D. Sesuai surat undangan yang telah saya terima, hari ini saya akan membicarakan hal-hal yang berkenaan dengan perpisahan yang akan kita laksanakan.
  7. Bacalah kutipan teks berikut!
    Pada umumnya kucing peliharaan tidak berbahaya bagi manusia karena tubuhnya yang kecil. Namun tidak menutup kemungkinan hewan ini dapat menularkan penyakit-penyakit yang mungkin ditularkan diantaranya rabies akibat gigitannya dan ganguan pernapasan oleh bulunya.
    (sumber:brainly .co.id dengan sedikit pengubahan)
    Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah…
    A. Kucing merupakan hewan yang banyak dipelihara oleh manusia
    B. Penyakit yang dapat ditularkan kucing diantaranya adalah rabies
    C. Tubuh kucing yang kecil membuat hewan disukai banyak orang
    D. Kucing dapat menularkan penyakit gangguan pernapasan oleh cakarannya.
  8. Bacalah kutipan pidato berikut!
    Kegiatan pesantren kilat ini merupakan kegiatan rutin di bulan Ramdhan dalam rangka memotivasi para siswa agar berakhlak dan berkeperibadian baik.
    [ … ]
    Apabila dalam penyelenggaraan kegiatan ini banyak kekurangan, panitia mohon maaf.
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ,,,
    A. Kami atas nama panitia mengucapkan selamat datang untuk melaksanakan pesantren kilat.
    B. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang senantiasa memberikan kenikmatan kepada kita.
    C. Demikian sambutan dari saya selaku ketua panitia, semoga kegiatan ini bermanfaat.
    D. Saya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dalam kegiatan pesantren kilat ini.
  9. Kalimat persuasi berikut yang menggunakan pendekatan etika adalah…
    A. “Daur ulang adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Dengan membuang-buang sumber daya yang terbatas, kita sama saja sedang melakukan tindakan amoral yaitu merampok masa depan para generasi penerus”.
    B. “Coba pikirkan berapa banyak hewan-hewan di luar sana yang kehilangan rumahnya setiap hari karena pohon-pohon selalu ditebang. Dengan menerapkan program daur ulang, kita bisa menyelamatkan hutan indah yang menjadi rumah mereka”
    C. “Anda tentu tahu bahwa sumber daya alam yang tersedia sangatlah terbatas. Anda dan saya, kita, bisa membuatnya bertahan lebih lama dengan menerapkan program daur ulang”.
    D. “Jika anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya, tolong berhenti merusaknya!”.
  10. Bacalah teks berikut!
    Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling … dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktifitas lingkungan hidup. Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu unsur hayati(biotik), unsure social budaya, dan unsur fisik (abiotik).
    Kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang teks tersebut adalah…
    A. Mendukung B.melengkapi C.memengaruhi D.menutupi
  11. Sekelompok semut hitam beriringan di sebuah ranting kering. Jalannya cepat teratur beruntun. Tak lama kemudian mereka sudah menarik-narik seekor ulat yang besarnya seratus kali lipat. Ulat dibuatnya tak berdaya, ditarik ke kanan ke kiri ke depan ke belakang dengan ringannya. Sesaat kemudian ulat itu sudah dapat dimasukkan ke dalam sarangnya.
    Semut hitam pada teks tersebut sebagai simbol …
    A. kekuatan C. kecerdikan
    B. keberanian D. kekompakan
  12. Bacalah teks berikut!
    (1)“Sedari mudaku aku disini, bukan? Tak kuingat punya istri, punya anak, punya keluarga seperti orang-orang lain, tahu?Tak kupikirkan hidupku sendiri. Aku tak ingin cari kaya, bikin rumah. (2)Segala kehidupanku, lahir batin, kuserahkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Tak pernah aku menyusahkan orang lain. Lalat seekor enggan aku membunuhnya. Tapi kini aku dikatakan manusia terkutuk. Umpan neraka…. Tak ku pikirkan hari esokku, karena aku yakin Tuhan itu ada dan pengasih penyayang kepada umat-Nya yang tawakkal. (3)Aku bangun pagi-pagi. Aku bersuci. Aku pukul bedug membangunkan manusia dari tidurnya, supaya bersujud kepada-Nya. Aku bersembahyang setiap waktu. Aku puji-puji dia. Aku baca Kitab-Nya.(4) “Alhamdulillah” kataku bila aku menerima karunia-Nya. “Astaghfirullah” kataku bila aku terkejut. ” Masa Allah bila aku kagum.” Apakah salahnya pekerjaanku itu? Tapi kini aku dikatakan manusia terkutuk.”
    Amanat cerpen tersebut adalah…
    A. Jangan menyia-nyiakan yang kamu miliki
    B. Hiduplah dengan nyaman dan tentram
    C. Seharusnya hidup itu harus seimbang
    D. Utamakan kehidupan dunia sebelum kehidupan akhirat
  13. Bacalah kutipan cerpen berikut !
    (1) Rasanya berat untuk berpikiran bahwa orang seperti dia bisa melakukan tindakan tak terpuji.(2) Tapi apa boleh buat ada dugaan kuat bahwa paling tidak ia telah berbuat salah yang membuatnya begitu resah (3) dan inilah peristiwa yang mengawali dugaan itu, seperti berulang kali diceritakan ibu. (4) “ Waktu itu kelihatan sekelebatan orang keluar “ (5) “ waktu mau balik tiba-tiba perasaanku tidak enak (6) lalu saya ke tempat menyimpan kendaraan ayah (7) Ternyata bukan Darmin “ Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah…
    A. Sekelebat bayangan mencurigakan
    B. Tindakan yang tidak terpuji
    C. Kecurigaan kepada seseorang
    D. Kewaspadaan yang berlebihan
  14. Bacalah teks berikut!
    Di desa itu hiduplah seorang randa yang mempunyai anak bernama bawang merah. Sejak ibu Bawang Putih meninggal , Ibu Bawang Merah kerap berkunjung ke tempat tinggal Bawang Putih. Dia kerap membawakan makanan, menolong Bawang Putih membereskan tempat tinggal, atau cuma menemani Bawang Putih serta ayahnya mengobrol. Akhirnya sang randa itu menikah dengan ayah Bawang Putih. Kehidupan Bawang Putih tidak sepi lagi. Dia mendapat Ibu baru sekaligus saudara perempuan, yaitu Bawang Merah. Pada awalnya sang Ibu tiri dan saudara tiri itu amat baik pada Bawang Putih, tetapi lama kelamaan karakter asli mereka mulai terlihat. Mereka sering memarahi Bawang Putih serta memberinya pekerjaan berat bila ayah mereka pergi berdagang. Sudah pasti sang ayah tidak mengetahuinya karena Bawang Putih tidak pernah mengadukan tingkah Ibu dan saudara tirinya itu.

Penyebab konflik pada teks tersebut adalah…
A. Menikahnya ibu Bawang Putih dengan Ibu Bawang Merah
B. Ayahnya Bawang Putih yang lebih mencintai keluarga Bawang Merah
C. Sikap Bawang Putih yang selalu menentang ibu tirinyan yang baik itu
D. Sikap Bawang Putih yang selalu tidak mau bicara kepada siapapun atas nasibnya

  1. Bacalah kutipan cerpen berikut!
    Lalu katanya, “ Kalau nyonya melarangku datang kemari, itu hak nyonya , tetapi menyambutnya dengan penyemburan begini, rasanya nyonya telah berbuat kekeliruan bertamu. Nyonya harus mempersilahkan tamu masuk bukan memakinya”.
    (Kemarau A.A Navis)
    Nilai moral yang terdapat pada kutipan novel tersebut adalah…
    A. Nyonya bertindak benar
    B. Kita harus menghargai tamu.
    C. Setiap orang berbeda kepribadiannya
    D. Kita harus senantiaa berkorban
  2. Bacalah kedua teks berikut!
    Teks 1
    Rasa takut merupakan hal yang berhubungan dengan perasaan .Perasaan terhadap sesuatu yang tidak takut. Kalau rasa takut itu merupakan suatu keadaan, semua orang akan takut pada hal yang sama.
    Teks II
    Sebagian orang pada hari Minggu pergi memancing. Sebagian lagi memanfaatkannya untuk bersih-bersih di kamar. Karena pada hari inilah waktu yang tepat setelah enam hari rumah tidak dibersihkan. Bagi anak-anak hari Minggu dimanfaatkan untuk bermain sepuas-puasnya. Itulah berbagai cara dan kegiatan yang dilakukan orang untuk mengisi hari Minggu.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah…
Teks I Teks II
A Menggunakan pola hal umum ke khusus Menggunakan pola khusus keumum
B Menggunakan pola urutan waktu Menggunakan pola urutan ruang
C Menggunakan pola urutan ruang Menggunakan pola urutan waktu
D Dimulai pernyataan umum Dimulai dari pernyataan khusus

  1. Bacalah penggalan cerpen berikut!
    Nyala lampu jalan yang bergoyang- goyang ditiup angin itu, redup cahayanya dibendung oleh kabut yang biasa turun di kota pegunungan itu. Jalan itu, lengang seperti kota ditinggalkan penduduknya karena ada ancaman bencana. Hanya bayangan kedua orang yang mengangguk-angguk itu saja yang kelihatan. Ketika mereka sampai di suatu simpang, si kekar bertanya tanpa menoleh, “Ke mana kita?”

Latar kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Di jalan pada malam hari
B. Di kota pada sore hari
C. Di pegunungan pada siang hari
D. Di simpang raya pada sore hari

  1. Bacalah kutipan teks berikut !

Makna tersurat dalam kutipan teks diatas adalah…
A. Meskipun ada perbedaan antara bebek dan angsa.
B. bebek meminta maaf dan berjanji tidak akan megejek makhluk ciptaan tuhan.
C. Perbedaan itu tidak membuat bebek dan angsa saling bermusuhan
D. Perbedaan menjadi penghalang segalanya

  1. Bacalah kedua teks berikut!

Teks 1 Teks 2
Di zaman Mesir kuno, hiduplah seorang raja yang sangat terkenal keadilannya.Raja tersebut sangat mencintai rakyatnya kalau ada anggota keluarganya yang bersalah tetaplah dihukum sebagaimana orang lain. Yang lebih istimewa lagi, raja ini juga penyayang binatang.
Karena cintanya pada binatang, suatu hari raja yang adil itu pergi berjalan-jalan menemuai seekor semut. Si semut merasa senang dan bangga mendapat kunjungan dari raja.”Kalau begitu, ayo engkau kubawa pulang ke istananya. Semut sangat gembira karena mendapatkan anugerah makanan dari sang raja. Setelah diangkat menjadi raja, tingkah laku kera sama sekali tidak seperti raja. Kerjanya hanya bermalas-malasan sambil menyantap makanan yang lezat-lezat. Penghuni binatang menjadi kesal, terutama serigala.
Suatu hari, serigala menghadap kera dan mengatakan jika ia menemukan makanan yang amat lezat.Tanpa pikir panjang , kera pergi bersama serigala. Di tengah hutan, teronggok buah-buahan kesukaan kera. Kera yang tamak langsung menyergap buah-buahan itu. Ternyata, kera langsung terjeblos ke dalam tana. Makanan yang disergapnya ternyata jebakan yang dibuat manusia.”Tolong…tolong,”teriak kera, sambil berjuang keras agar bias keluar dari perangkap.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut adalah…
Teks I Teks II
A Menggunakan kata sandang Tidak menggunakan kata sandang
B Menggambarkan kepribadian Menggambarkan fisik tokoh
C Menggunakan kata ganti Tidak menggunakan kata ganti
D Latar waktu digambarkan tersirat Latar tempat digambarkan tersirat

  1. Sampah dapat berdampak baik dan buruk bagi lingkungan. Dampak negatifnya, yaitu dapat menimbulkan berbagai penyakit bagi manusia, dapat mencemari lingkungan, dan dapat mengganggu aktivitas ekonomi. Namun , dibalik dampak negatif dari sampah, ada pula manfaat dari sampah, yaitu dapat dijadikan sebagai pupuk organik untuk tanaman. Di samping itu, sampah dapat dijadikan sebagai lapangan pekerjaan baru (usaha mendaur ulang sampah), dan dapat dijadikan sebagi bahan bakar alternatif.
    Hal yang dipertentangkan dalam paragraf tersebut adalah…
    A. Sampah memiliki berbagai manfaat
    B. Dampak negatif dan manfaat pada sampah
    C. Dampak negatif pada sampah bagi manusia
    D. Sampah dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif
  2. Bacalah teks berikut!
    Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar [….] Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari game online ini.
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah….
    A. Sayangnya, masyarakat kita belum sepenuhnya menyadarinya
    B. Dalam memainkan game online ini diperlukan koneksi internet
    C. Game online dapat memenuhi hasrat dan hoby mereka
    D. Orang tua hendaknya memberikan perhatian pada anak-anaknya
  3. Bacalah kutipan teks berikut!
    Perkembangan media komunikasi yang digunakan di Indonesia saat ini bermacam-macam. Media tersebut seperti buku, majalah, surat kabar, radio, televisi, dan telepon. Dari segi kualitas, televisi dan handphone mengungguli media lainnyaa. Televisi mampu merekam dan menampilkan garis, warna, gerak, dan gambar. Televisi bahkan dapat menayangkan secara langsung terjadinya suatu peristiwa secara lengkap.
    Tanggapan yang logis dan mendukung terhadap cuplikan tersebut adalah …
    A. Media komunikasi termahal dan yang paling banyak digunakan adalah televisi.
    B. Televisi mampu merekam dan menampilkan garis, warna, gerak, dan gambar.
    C. Bermacam-macam media komunikasi yang ada di Indonesia, televisi dan handphone paling jaang digunakan.
    D. Memang benar televisi memiliki keunggulan sebab dapat menayangkan secara langsung terjadinya suatu peristiwa secara lengkap.
  4. Perpustakaan ibarat jantungnya sekolah. Artinya kehadiran perpustakaan di sekolah sangat penting. Selain menjadi ajang untuk memperluas cakrawala, ilmu pengetahuan di mulai dengan kegiatan membaca. Siswa juga dapat mengetahui banyak mengenai perpustakaan.
    Simpulan isi dari paragaf di atas adalah . . .
    A. Pentingnya perpustakaan sekolah bagi siswa
    B. Siswa perlu mengetahui buku-buku di perpustakaan
    C. Siswa melakukan pengamatan pada buku perpustakaan
    D. Banyak siswa banyak yang membaca buku
  5. Bacalah teks berikut!
    Di Indonesia homeschooling disebut sekolah rumah atau sekolah mandiri sudah ada sejak lama.Sekolah mandiri ini dianggap sebagai model alternatif belajar selain di sekolah. Keberadaan sekolah rumah ini telah diatur dalam pasal 27 ayat 10 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Salah satu kelebihan sekolah rumah adalah pembelajaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak dan kondisi keluarga. Sementara itu, kekurangan sekolah rumah adalah butuh komitmen dan keterlibatan yang tinggi dari orang tua dan ada resiko kurangnya kemampuan bekerja dalam tim

Pernyataan yang merupakan pendapat mendukung terhadap masalah utama pada teks tersebut terdapat pada kalimat…
A. Ada kemungkinan homeschooling menyebabkan risiko kurangnya kemampuan bekerja anak dalam tim.
B. Homeschooling merupakan model alternatif belajar yang keberadaannya telah diatur UU Nomor 20 tahun 2003
C. Homeschooling yang juga disebut sekolah rumah atau sekolah mandiri sudah ada sejak lama di Indonesia.
D. Sebagai suatu model alternatif belajar selain di sekolah, homeschooling mempunyai kelebihan dan kekurangan.

  1. Kemarau adalah suatu keadaan air yang terkandung di dalam tanah berkurang. Biasanya kemarau terjadi jika tanah terlalu banyak mengeluarkan air. Kemarau disebabkan tidak turunnya hujan dalam beberapa waktu dan penggunaan air yang berlebihan oleh manusia.

(1) Kemarau terjadi di daerah yang beriklim tropis. (2) Daerah yang beriklim tropis berada di sekitar garis khatulistiwa bumi. (3) Negara yang memiliki iklim tropis adalah negara-negara di Asia Tenggara, Benua Afrika bagian tengah, dan Amerika Latin bagian utara. (4) Menurut para ahli klimatologi, di daerah itulah sering terjadi kemarau panjang sehingga suhu di daerah tersebut tergolong tinggi.
Pernyataan yang menunjukkan persetujuan pada paragraf kedua ditandai dengan nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

  1. Dahulu koperasi hanya dijadikan sebagai badan usaha yang membisu. Kini telah berkembang dan buahnya pun telah kita rasakan. Semua aspek penghambat koperasi telah lenyap. Namun seiring dengan pertumbuhannya, koperasi tidak luput dari berbagai kendala. Kendala-kendala tersebut kadang-kadang membuat para pengembang koperasi menjadi ragu dalam melangkah.
    Tanggapan positif yang sesuai dengan isi paragraph tersebut adalah….
    A. Koperasi memang belum perlu tumbuh dan berkembang
    B. Kendala pengembangan koperasi jangan membuat kita pesimis
    C. Koperasi berkembang dengan lancar tanpa kendala selamanya
    D. Ada berbagai gangguan koperasi yang menghadang kita .
  2. Laki-laki bertubuh kurus itu berjalan gontai di bawah terik matahari. Sebuah kaos oblong lusuh dan celana jin kumal menutupi tubuhnya yang kurus. Sepasang sandal jepit melekat di kakinya … Sebuah ransel berwarna hijau melekat di pundaknya, Dia berjalan menuruti kehendak hatinya.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf tersebut adalah …
A. Dia ingin segera menemui anaknya.
B. Rambutnya tak terurus, matanya cekung, tatap pandangannya tajam.
C. Dia belum tahu ke mana dia pergi tertiup angin.
D. Keriting rarnbutnya, pandangannya tajam kepada orang sekitarnya.

  1. Simak kutipan cerita berikut!
    ….
    (1) “Bu, aku malu kepada Allah! Dia hanya menerima 10 ribu tapi begitu bersyukurnya kepada Allah dan berterima kasih kepadaku. Kalau memang demikian, siapakah yang pantas masuk ke dalam surga Allah, apakah dia yang menerima 10 ribu dengan syukur yang luar biasa, ataukah aku yang menerima jumlah lebih banyak dari itu namun sedikitpun aku tak berucap hamdalah?”

(2) Budiman mengakhiri kalimatnya dengan suara yang terbata-bata dan beberapa bulir air mata yang menetes. Istrinya pun menjadi lemas setelah menyadari betapa selama ini kurang bersyukur sebagai hamba.
(https://www.gomuslim.co.id/read/hikmah/2017/06/03/4272/sebuah-kisah-tentang-10-ribu-rupiah-membuat-anda-mengerti-cara-bersyukur.html)
Paragraf nomor (1) tersebut merupakan bagian ….
A. orientasi
b. perumitan peristiwa
c. koda
d. resolusi

  1. Simaklah kutipan cerita inspiratif berikut!
    (1) Tentunya hal tersebut akan membuat orang lain merasa curiga melihatnya.
    (2) Namun nyatanya dugaannya salah besar, ternyata anak-anak sekolah tersebut sedang membagi-bagikan baju bekas dan makanan kepada seorang bapak tunawisma yang biasanya sering berkeliaran di kawasan sekolah.
    (3) Bisa saja orang mencurigai segerombolan anak tersebut melakukan hal yang tidak diinginkan seperti merokok.
    (4) Jika Anda melihat perbuatan anak-anak tersebut tentu saja akan ikut tergerak hatinya untuk turut membantu meringankan beban tunawisma tersebut, bukan?
    (5) Pada suatu hari, terdapat segerombolan anak-anak sekolah yang pergi ke area belakang sekolahnya ketika waktu istirahat tiba. Susunan yang tepat dari kutipan cerita inspiratif tersebut adalah….
    A. (5) – (1) – (3) – (2) – (4)
    B. (5) – (3) – (4) – (2) – (1)
    C. (5) – (2) – (1) – (3) – (4)
    D. (5) – (4) – (2) – (3) – (1)
  2. Kini keluargaku hidup dalam kondisi bahagia dan berkecukupan. Ternyata kalau hidup ini dilalui dengan bersabar, Allah akan menunjukkan jalan keluarnya dengan cara yang tidak disangka-sangka. Tugas kita adalah berusaha dan terus berharap; tidak lupa pula selalu menjaga hubungan baik dengan sesama.
    Makna tersirat cuplikan teks tersebuat adalah …
    A. Kita harus selalu bersyukur kepada Allah
    B. Perlunya bersabar di dalam mencapai suatu tujuan
    C. Allah sangat menyayangi hamba-hambanya
    D. Dengan sesama tidak boleh saling iri dengki
  3. Bacalah kutipan teks berikut!
    Kini anak cenderung menjadikan ibu sebagai orang yang dapat memenuhi segala kebutuhannya atau orang yang paling dekat dengan dirinya dan sebagai figure/contoh/teladan bagi sikap dan perilakunya. Dengan demikian, kepribadian anak bermula dari keluarga, kemudian anak mengambil nilai-nilai yang ditanamkan orang tuanya, baik secara sadar maupun tidak. Dalam hal ini orang tua hendaknya menjadi contoh yang positif bagi anak-anaknya.
    Kata hubung antarkalimat yang dipergunakan dalam eks tersebut adalah …
    A. kini
    B. dan
    C. dengan demikian
    D. dalam hal ini
  4. Intan sedang […] dokumen tugas yang akan dikumpulkan besok.
    Kata bentukan yang tidak tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah…
    A. mengfotocopi
    B. memfotokopi
    C. memfotocopi
    D. mengfotocopy
  5. Cermatilah kalimat berikut!
    Sekolah kita saat ini memerlukan perabot kantor, kursi, meja, dan lemari buka.
    Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah…
    A. Sekolah kita saat ini memerlukan perabot kantor; kursi, meja, dan lemari buku.
    B. Sekolah kita saat ini memerlukan perabot kantor: kursi, meja, dan lemari buku.
    C. Sekolah kita saat ini memerlukan perabot kantor kursi, meja, dan lemari buku.
    D. Sekolah kita saat ini memerlukan perabot kantor: kursi, meja dan lemari buku.
  6. Bacalah teks berikut!
    Rekayasa lalu lintas selama pengerjaan sodetan sungai ciliwung di Jalan Otista 3, Jakarta Timur, Sabtu (12/9) oktober.
    Penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah….
    A. Rekayasa, sodetan, oktober C.Ciliwung, Sabtu, oktober
    B. Sungai, Ciliwung, Oktober D. sungai, sabtu, Jakarta
  7. Lahan yang terbatas dan sempit jangan […] alasan untuk malas menanam.
    Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
    A. terjadilah
    B. terjadinya
    C. dijadikan
    D. menjadikan
  8. Tadi pagi saya berjumpa dengan lila ketika membeli pisang ambon di pasar tawangsari.
    Penulisan huruf kapital yang tepat adalah …
    A. Tadi pagi saya berjumpa dengan Lila ketika membeli Pisang Ambon di pasar tawangsari.
    B. Tadi pagi saya berjumpa dengan Lila ketika membeli pisang ambon di Pasar Tawangsari.
    C. Tadi pagi saya berjumpa dengan lila ketika membeli pisang Ambon di Pasar Tawangsari.
    D. Tadi pagi saya berjumpa dengan lila ketika membeli Pisang ambon di pasar Tawangsari.
  9. Cermati kalimat berikut!
    Pembicara acara seminar di SMP Tunas Bangsa adalah H. Tomy Nugraha. M.Hum. dan Dr. Agus Hidayat.
    Penulisan tanda baca pada kalimat tersebut salah karena menggunakan tanda titik di antara …
    A. Gelar H dan nama Tomy Nugraha
    B. Gelar Dr dan nama Agus Hidayat
    C. Gelar M.Hum dan konjungsi dan
    D. Nama Tomy Nugraha dan gelar M.Hum
  10. Nasional Komite World Art Games meluncurkan buku kumpulan puisi anak. Peluncuran buku tersebut bertepatan pada peringatan hari Anak Nasional. Kumpulan puisi yang berjudul Meretas Karya Anak Bangsa terdiri atas 42 puisi yang bertema anak-anak milik para penyair dari seluruh Indonesia. Buku setebal 85 halaman akan dicetak sebanyak 1.000 buah dan akan dijual di sejumlah toko buku di Indonesia.
    Penggunaan tanda baca yang tepat pada teks tersebut adalah mencantumkan …
    A. Tanda koma (,) setelah anak-anak
    B. Tanda titik koma (;) setelah puisi
    C. Tanda titik (.) setelah berjudul
    D. Tanda petik dua (“…”) pada judul buku
  11. Industri jasa internet berkembang sangat pesat. Perkembangan ini semakin membuka ruang bagi infestasi di bidang teknologi multimedia. Hal ini untuk mengantisipasi penyelenggara internet tanpa izin merajalela.

Perbaikan kata yang salah ejaannya dan perbaikannya pada kalimat tersebut adalah…
Tertulis Perbaikan
A Infestasi Investasi
B Teknologi Tekhnologi
C Mengantisipasi Mengantisifasi
D Penyelenggara Menyelenggarakan

  1. Sabtu malam aku diajak Kak Hesti mengunjungi pameran kuliner di balai kota. Sesampai di balai kota, Kak Hesti mengajakku berjalan menuju beberapa stan makanan tradisional. Di stan tersebut aku dan Kak Hesti membeli onde-onde, empek-empek, dan asinan bogor. Kemudian, Kak Hesti mengajakku membeli minuman tradisional yang bernama bajigur.
    Penulisan kata bogor pada teks tersebut salah karena menunjukkan …
    A. nama negara
    B. nama jenis
    C. letak wilayah
    D. nama khas geografi
  2. Berikut konjungsi yang menyatakan perlawanan adalah….
    A. Pada saat ini pendidikan sekolah menjadi pilihan hampir seluruh masyarakat. Meskipun demikian, sekolah bukanlah satu-satunya cara untuk memperoleh pendidikan.
    B. Pada saat ini pendidikan sekolah menjadi pilihan hampir seluruh masyarakat. Dengan demikian, sekolah bukanlah satu-satunya cara untuk memperoleh pendidikan.
    C. Pada saat ini pendidikan sekolah menjadi pilihan hampir seluruh masyarakat. Karena, sekolah bukanlah satu-satunya cara untuk memperoleh pendidikan.
    D. Pada saat ini pendidikan sekolah menjadi pilihan hampir seluruh masyarakat. Sehingga, sekolah bukanlah satu-satunya cara untuk memperoleh pendidikan.
  3. Perhatikan kalimat berikut!
    Panitia seminar mengundang pemerhati sastra budaya daerah se-Provinsi Jawa Timur; baik dari institusi pemerintah, swasta, maupun komunitas.
    Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah …
    A. Titik (.)
    B. Koma (,)
    C. Hubung (-)
    D. Titik koma (;)
  4. Bacalah petunjuk berikut ini!
    Menghilangkan rasa sakit karena tertusuk duri
    (1) Ambillah satu siung bawang putih dan belahlah !
    (2) […]
    (3) Lalu bakarlah di atas api sampai cukup panas!
    (4) […]
    (5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang dan duri tersebut akan keluar
    dengan sendirinya!

Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat …
A. (2) Bawang putih yang sudah cukup panas, ditempelkan pada kaki yang sakit!
(4) Tusukkan bawang putih pada tusuk sate!
B. (2) Tusukkan bawang putih pada tusuk sate!
(4) Tempelkan bawang putih yang cukup panas tadi, pada bagian kaki Anda
yang tertusuk duri!
C. (2) Tempelkan bawang putih yang sudah sudah dibelah tadi pada kaki yang
sakit!
(4) Tempelkan bawang putih yang cukup panas tadi, pada bagian kaki
anda yang tertusuk duri!
D. (2) Tempelkan bawang putih yang sudah sudah dibelah tadi pada kaki yang
sakit!
(4) Tempelkan bawang putih yang sudah panas tadi, pada bagian kaki
anda yang tertusuk duri!

  1. Predikat kota Yogyakarta bukan hanya sekedar (1) kota pelajar dan pariwisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan industri kecil kerajinan berkembang di daerah ini, mulai dari skala kecil, misalnya souvenir (2) hasil industri rumah tangga hingga skala besar yang bertaraf (3) internasional. Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (4) dunia.
    Ejaan yang perlu diperbaiki pada kata bernomor yang terdapat pada paragraf tersebut adalah . . . .
    A. sekedar seharusnya sekadar
    B. souvenir seharusnya sovenir
    C. bertaraf seharusnya bertarap
    D. tren seharusnya trend
  2. “Bagaimana hasil kerja kelompok kalian. Apakah sudah selesai. Tolong segera kumpulkan kepada Ibu. Perintahku.
    Perbaikan tanda baca pada kalimat tersebut adalah …
    A. “Bagaimana hasil kerja kelompok kalian. Apakah sudah selesai? Tolong segera kumpulkan kepada Ibu. Perintahku!
    B. “Bagaimana hasil kerja kelompok kalian! Apakah sudah selesai? Tolong segera kumpulkan kepada Ibu! perintahku.
    C. “Bagaimana hasil kerja kelompok kalian? Apakah sudah selesai. Tolong segera kumpulkan kepada Ibu! Perintahku!
    D. “Bagaimana hasil kerja kelompok kalian? Apakah sudah selesai? Tolong segera kumpulkan kepada Ibu!” perintahku.
  3. Bacalah teka berikut! menyimpang menjauhi partikel. (2) Saat matahari terbenam, langit menjadi merah karena sinar matahari lewat melalui atmosfir yang jauh lebih tebal dibandingkan ketika matahari berada tinggi di langit pada siang hari. (3) Pelangi merupakan hasil dari pembiasan cahaya. (4) Pelangi akan tampak pada malam hari.

Perbaikan kalimat nomor (4) pada paragraf tersebut adalah …
A. Pelangi akan tampak ketika cuaca mendung atau pada malam hari
B. Pelangi tidak akan tampak ketika cuaca cerah, pelangi kelihatan saat mendung.
C. Oleh karena itu, pelangi akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca cerah.
D. Oleh karena itu, pelangi tidak tampak pada malam hari atau saat cuaca mendung.

  1. Perhatikan kalimat berikut!
    Sejumlah hadirin menangis terharu mendengarkan ceramah dari kepala sekolah.
    Perbaikan kalimat tersebut adalah …
    A. Semua hadirin menangis terharu mendengarkan ceramah dari kepala sekolah.
    B. Para hadirin menangis terharu mendengarkan ceramah dari kepala sekolah.
    C. Hadirin menangis terharu mendengarkan ceramah dari kepala sekolah.
    D. Seluruh hadirin menangis terharu mendengarkan ceramah dari kepala sekolah.
  2. Ayah berjalan-jalan sebentar di taman untuk menghirup udara segar. Lalu ayah duduk santai di teras sambil membaca koran. Ayah menyelesaikan permasalahan tadi dengan sikapnya yang bijaksana.
    Kalimat di atas tidak padu, karena ….
    A. Kalimat kedua dan ketiga tidak memiliki keterkaitan
    B. Kalimat pertama dan kedua sama-sama subjeknya ayah
    C. Kalimat kedua dan ketiga kata kerjanya berbeda
    D. Kalimat ketiga dan pertama sangat berhubungan erat
  3. Bartholomeus Diaz berhasil mencapai Tanjung Topan atau Tanjung Harapan di Ujung Selatan Benua Afrika pada tahun 1486.
    Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah …
    A. Bartholomeus Diaz berhasil mencapai tanjung Topan atau tanjung Harapan di ujung selatan Benua Afrika pada tahun 1486.
    B. Bartholomeus Diaz berhasil mencapai Tanjung Topan atau Tanjung Harapan di ujung Selatan Benua Afrika pada tahun 1486.
    C. Bartholomeus Diaz berhasil mencapai tanjung Topan atau tanjung Harapan di Ujung Selatan Benua Afrika pada tahun 1486.
    D. Bartholomeus Diaz berhasil mencapai Tanjung Topan atau Tanjung Harapan di ujung selatan Benua Afrika pada tahun 1486.
  4. Cermati kalimat berikut!
    Kebakaran hutan menjadi … yang tidak bisa dihindari ketika musim kemarau datang., terutama di Pulau Sumatera dan Kalimantan.
    Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
    A. fenomena
    B. bencana
    C. aktivitas
    D. musibah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here