Perawatan Perlatan Kerja Bangku
Perawatan Perlatan Kerja Bangku

Perawatan merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menjaga, mempertahankan dan mengembalikan peralatan dalam kondisi yang baik dan siap pakai. Dalam kaitannya dengan peralatan praktek, perawatan dimaksudkan sebagai usaha pencegahan agar peralatan tidak rusak atau tetap terjaga dalam kondisi baik, siap digunakan. Disamping itu perawatan juga dimaksudkan sebagai upaya untuk menyetel atau memperbaiki kembali peralatan yang telah rusak.

Perawatan dapat dibedakan antara perawatan terencana dan perawatan tidak terencana.

Perawatan terencana.

Perawatan terencana adalah jenis perawatan yang diprogramkan, diorganisir, dijadwal, dianggarkan, dan dilaksanakan sesuai dengan rencana, serta dilakukan monitoring dan evaluasi. Perawatan terencana dibedakan menjadi dua, yakni, perawatan terencana yang bersifat pencegahan atau perawatan preventif, dan perawatan terencana yang bersifat korektif

Perawatan preventif

Perawatan preventif merupakan perawatan yang bersifat pencegahan, adalah sistem perawatan peralatan laboratorium yang secara sadar dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta monitoring dengan tujuan untuk mencegah terjadinya gangguan kemacetan atau kerusakan peralatan laboratorium.

Perawatan korektif

Perawatan korektif merupakan perawatan yang bersifat koreksi, yakni sistem perawatan peralatan laboratorium yang secara sadar dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta monitoring dengan tujuan untuk mengembalikan peralatan laboratorium pada kondisi standar, sehingga dapat berfungsi normal.

Perawatan tidak terencana

Perawatan tidak terencana adalah jenis perawatan yang bersifat perbaikan terhadap kerusakan yang tidak diperkirakan sebelumnya. Pekerjaan perawatan ini tidak direncanakan, dan tidak dijadwalkan. Umumnya tingkat kerusakan yang terjadi adalah pada tingkat kerusakan berat. Karena tidak direncanakan sebelumnya, maka juga disebut perawatan darurat. Adapun tujuan perawatan peralatan ini antara lain sebagai berikut.

  1. Agar peralatan praktikum selalu prima, siap dipakai secara optimal.
  2. Memperpanjang umur pemakaian.
  3. Menjamin kelancaran kegiatan pembelajaran.
  4. Menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para pemakai.
  5. Mengetahui kerusakan secara dini atau gejala kerusakan.
  6. Menghindari terjadinya kerusakan secara mendadak.
  7. Menghindari terjadinya kerusakan fatal.

Perawatan peralatan ini meliputi semua peralatan yang digunakan baik itu peralatan pokok maupun peralatan pendukung. Dengan terawatnya peralatan tersebut akan siap apabila digunakan sewaktu-waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here