Home Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak User Interface Basis Data Pada Halaman Web

User Interface Basis Data Pada Halaman Web

Pemrograman Web Dan Perangkat BergerakUser Interface Basis Data Pada Halaman Web
Pemrograman Web Dan Perangkat BergerakUser Interface Basis Data Pada Halaman Web

PENDAHULUAN

Siswa-siswi yang berbahagia materi hari ini kita akan membahas tentang Kompetensi Dasar 3.18 pada mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak. Kompetensi Dasar 3.18 kita akan membahas tentang User Interface Basis Data Pada Halaman Web.

Interaksi user dengan program merupakan hal mendasar yang perlu diperhatikan. Kemudahan interaksi antara pengguna dengan program akan mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi.

Kompetensi Dasar

3.18 Menerapkan user inter-face basis data pada halaman web
4.18 Membuat user inter-face basis data pada halaman web

Indikator Pencapaian Kompetensi

  • Memahami dan menjelaskan koneksi basis data pada ha-laman web
  • Memahami dan membuat user interface basis data pada ha-laman web

Kegiatan Pembelajaran

Mengamati

Mengamati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan aplikasi web untuk pengolahan data

Menanya

Merumuskan pertanyaan tentang manfaat penggunaan database untuk mengolah data pada aplikasi berbasis web

Mengumpulkan In-formasi

Mengumpulkan informasi tentang konsep database dan cara mengakses MySQL dengan PHP dalam aplikasi web

Menalar/Mengaso-siasi

Menganalisis langkah-langkah pembuatan aplikasi web dengan database

Mengomunikasikan

Mempresentasikan hasil analisis pembuatan aplikasi database berbasis web


MATERI PEMBELAJARAN

Menjelaskan konsep antar muka pengguna (User Interface) dalam aplikasi web.

Pengertian Antarmuka (User Interface)

User Interface adalah mekanisme yang dijalankan untuk komunikasi antara pengguna (user) dengan sebuah program atau aplikasi berupa aplikasi website, desktop atau aplikasi mobile. Interface adalah merupakan layanan yang disediakan oleh sebuah aplikasi atau program untuk berinteraksi antara pengguna dengan program atau aplikasi. Ada dua jenis interface yang sering kita gunakan yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).

Istilah user interface atau interface biasanya digunakan juga untuk meenganti istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI merupakan semua kegiatan atau interaksi yang berhubungan dengan semua aspek user dan computer tidah sebatas hardware saja. Semua kegiatan yang terlihat dilayar, membaca dan memanipulasi dengan menggunakan keyboard atau mouse merupakan salah satu bagian dari User Interface.

User interface memiliki fungsi sebagai penghubung atau jembatan antara informasi yang diberikan oleh pengguna dengan sistem atau aplikasi yang sedang digunakan. Banyak pengertian user interface yang bisa kita pahami dengan banyaknya informasi dan data yang kita dapatkan.

Konsep User Interface

Dalam pembuatan konsep dari user interface tidaklah mudah banyak faktor yang harus kita pertimbangkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan user interface akan mengacu kepada berbagai teknologi yang ada saat ini semisal aplikasi web, mobile, desktop, electronic display dan sistem informasi terpadu.

Teknik Antar muka / User Interface

Dalam pembuatan interface terdapat tiga teknik yang sering digunakan dalam mengembangkan interface, yaitu :

  • Linguistic styles
  • Key modal styles
  • Direct manipulation styles

Linguistic styles

Linguistic style merupakan pengiriman informasi “AKSI” menggunakan bahasa yang dimengerti oleh computer. Berikut adalah ciri-ciri dari teknik Linguistic Styles.

  • Melakukan aksi melalui keyboard dengan cara diketik atau ditulis.
  • Bahasa yang dimengerti oleh komputer merupakan sebagian kecil dari penggunaan bahasa manusi.
  • Terdapat aturan penulisan syntax dan semantic untuk memberikan dan menyatakan perintah.

Key modal styles

Key modal style merupakan proses penyampaian fungsi “AKSI” menggunakan penekanan tombol-tombol tertentu yang sudah diprogram sebelumnya untuk melakukan perintah-perintah tertentu. Ciri-ciri dari teknik ini adalah sebagai berikut :

  • Melakukan “AKSI” melalui tombol program atau perintah pada keyboard.
  • Adanya instruksi step by step yang jelas.
  • Terdapat dalam sistem yang berjalan.

Direct manipulation styles

Direct manipulation style merupakan proses penyampaian perintah atau “AKSI” dengan cara memanipulasi objek-objek tertentu. Ciri-ciri dari teknik ini adalah sebagai berikut :

  • Ditampilkanya objek-objek tertentu yang memiliki fungsi untuk interaksi dengan pengguna atau user.
  • Ditampilkanya petunjuk-petunjuk untuk memanipulasi objek tertentu.
  • Perintah terdapat langsung pada objek yang bersangkutan.
  • Terdapat respon seketika jika ada aksi yang dijalankan.

Jenis-Jenis User Interface

User interface terbagi menjadi dua bagian yang sangat berbeda. Yaitu dikelompokkan dalam Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI). Kedua jenis user interface yang biasanya digunakan memiliki kelebihan dan kekurangan, mari kita bahas untuk lebih jelasnya.

Command Line Interface (CLI) :

Command Line Interface (CLI) merupakan interface yang penggunanya berinteraksi dengan sistem atau program melalui perintah dalam bentuk text menggunakan text terminal. CLI merupakan antarmuka program atau sistem dengan pengguna dimana user memberikan masukkan dengan cara mengetikkan perintah-perintah teks dan menggunakan metode tertentu untuk memasukinya.

Pengguna CLI biasanya adalah user dengan kebutuhan tertentu untuk menajemen sistem yang tidak dapat diakses menggunakan GUI. Setiap sistem operasi memberi nama CLI- nya berbeda-beda. Unix member nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Ms-Dos memberi nama CLI-nya command.com atau command prompt. Sedangkan Windows Vista, Microsoft menamakannya Powershell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai Terminal, sedangkan pada Apple atau machintosh namanya adalah commandshell.

Graphical User Interface (GUI) :

Graphical User Interface (GUI) merupan antarmuka yang paling banyak digunakan pada saat ini. GUI memberikan kemudahan kepada pengguna dalam memeberikan perintah kepada sistem atau program tertentu. GUI merupakan tipe antarmuka yang digunakan oleh user untuk dapat berinteraksi dengan sistem atau program melalui tombol, grafik, gambar, icon dan menggunakan perngkat penunjuk sebagai sarana memberikan aksi.

Pengertian User Interface (UI) dan User Experience (UX).

UI atau User Interface merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, baik itu aplikasi website, mobile, ataupun software. Mekanisme itu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna terhadap program yang tengah dikembangkan. Cakupan UI itu meliputi tampilan fisik, penggunaan warna, tampilan animasi, hingga pola komunikasi suatu program dengan penggunanya. Biasanya, seorang desainer UI akan membuat desain yang kiranya memudahkan pengguna programnya. Adapun, desain itu disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dasar pengguna terhadap program aplikasi web ataupun mobile tersebut. Output dari hasil desainer UI ialah program dengan segala fitur yang kiranya sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam menggunakan program tersebut.

Pengertian UX atau User Experience memang tidak terlalu jauh berbeda dengan UI. Perbedaannya terletak pada fokus utama hubungan komunikasi antara pengguna dengan programnya, yakni berfokus pada pengalaman penggunanya. Seorang desainer UX akan merancang program aplikasi web atau mobile-nya berdasarkan pengalaman dari pengguna atau user setelah menggunakan aplikasi web atau mobile tersebut. Dengan begitu, program yang dirancangnya menjadi lebih mudah digunakan oleh penggunanya.

Perbedaan User Interface (UI) dan User Experience (UX)

Tadi sudah disinggung bahwa perbedaan antara UI dan UX berada pada fokus utamanya. Bila UI fokus pada interaksi pengguna dengan programnya, maka UX fokusnya pada pengalaman pengguna dalam menggunakan suatu aplikasi web atau mobile.

Seorang desainer UI akan mendesain program aplikasi web atau mobile-nya sesuai dengan kebutuhan si pengguna. Sehingga, ketika menggunakan program tersebut pengguna lebih mudah dan tidak kesulitan.

Sedangkan, desainer UX membuat program berdasarkan pengalaman dari penggunanya. Apa saja yang dirasakan dan kesulitan apa saja yang dihadapi ketika menggunakan program tersebut.

Sebenarnya, keduanya memiliki tujuan yang sama dalam mendesain program aplikasi web ataupun mobile, yakni memudahkan penggunannya. Oleh sebab itu, seringkali dalam proses perancangan sebuah program, desainer UI dan UX selalu berada dalam satu tim. Sebab, dengan perpaduan keduanya, sebuah program aplikasi web ataupun mobile menjadi sangat mudah digunakan oleh pengguna tanpa harus membaca panduan.

Seringkali, desainer UI dan UX bertukar data analisis untuk menyempurnakan program yang tengah dibuatnya. Sudah jelas bukan perbedaannya? Jadi, UI dan UX sebenarnya berbeda. Perbedaannya pada fokus utama. UI fokus pada kebutuhan pengguna terhadap program aplikasi aplikasi web   atau mobile, sedangkan UX fokus pada pengalaman pengguna.

Menjelaskan fungsi UI untuk mengakses basis data dalam aplikasi web.

UI atau user interface atau tampilan antarmuka yaitu bagaimana cara program dan user (pengguna) berinteraksi. Istilah user interface juga digunakan untuk pengganti istilah HCI (Human Computer Interaction). Semua aspek yang tampil di layar, bisa dilihat, dibaca, dipahami dan dimanipulasi dengan keyboard dan tetikus (mouse) merupakan bagian dari user interface.

User interface yang baik yaitu user interface yang bisa memberikan pengalaman interaksi yang dengan mudah dipahami oleh user (pengguna), user interface ini disebut sebagai user friendly. Secara teknis, user interface berfungsi untuk menjembatani atau menerjemahkan informasi antara user dengen sistem operasi, sehingga komputer bisa didayagunakan oleh user.

User interface juga bisa diartikan sebagai mekanisme inter-relasi dari hardware dan software yang membentuk pengalaman menggunakan sebuah set komputer. Dari sisi perangkat lunak, biasanya user inferface berbentuk GUI (Graphic User Interface) dan CLI (Command Line Interface), sedangkan dari sisi perangkat keras biasanya user inferface berbentuk ADB (Apple Desktop Bus), USB dan Firewire.

Merancang program UI untuk akses basis data dalam aplikasi web.

Perancangan program user interface untuk akses basis data dalam aplikasi web memerlukan perancangan yang tepat. Aplikasi website dinamis yang menggunakan database untuk proses penyimpanan data.

Ada 5 tipe utama suatu komputer berinteraksi dengan user, yaitu :

  • Direct Manipulation : Pengoperasian secara langsung seperti pada games.
  • Menu Selection : Menggunakan pilihan yang sudah disediakan oleh komputer. User tinggal mengklik program apa yang ingin dijalankan.
  • Form Fill-In : User memasukkan informasi dengan cara mengisi form yang disediakan.
  • Command Language : User mengoperasikan komputer dengan menggunakan syntax yang telah disediakan oleh komputer.
  • Natural Language : User mengoperasikan komputer dengan mengetik bahasa alami (bahasa sehari-hari) dan komputer diberi knowledge untuk mengetahui bahasa alami tersebut (seperti search engine)

Tujuan sebuah user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat komunikasi tertua kedua gestur, yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.

Macam Software Database dan Fungsinya.

Microsoft Acces

Software database yang satu ini sangat cocok untuk digunakan untuk sebagaian besar komputer relasional. Komputer-komputer rumahan yang hanya digunakan untuk berbagai kebutuhan yang ringan sekalipun juga banyak yang menggunakan Mircrosoft Acces ini sebagai data base andalan untuk digunakan.

Oracle

Software Database ini menjadi salah satu database yang bisa menyimpan data dengan ukuran yang cukup maksimum yaitu hingga ukuran tera byte. Software database yang satu ini menjai salah satu database yang sering dipilih dan sering untuk digunakan karena memang mudah untuk di download dan juga memiliki versi free download. Oracle ini juga menjadi salah satu software database yang cocok untuk pemula yang ingin belajar tentang database.

Ms SQL Server

Untuk software database ini merupakan database yang merupakan sistem manajemen basis data relasional yang digunakan untuk produk Microsoft. Bahasa yang digunakan untuk kueri dari software database ini merupakan bahasa Transact-SQL yang merupakan gabungan dari SQL standar ANSI/ISO.

MySQL

Untuk software database yang satu ini menjadi salah satu database yang paling terbuka unuk seluruh open cource dan bisa digunakan untuk seluruh platform seperti Linux ataupun Windows. Yang menjadi kelebihan dari software database ini adalah penggunaan dari software database ini bisa digunakan untuk multi user karena memang pengakses database pada software ini menggunakan program yang bersifat network.

Firebird

Firebird atau juga terkenal dengan nama FirebirdSL menadi salah satu sistem manajemen basisdata yang menawarkan berbagai fitur standar. Fitur-fitur yang bisa anda dapatkan untuk database yang satu ini diantaranya seperti ANSI SQL-99 dan jga SQL-2003.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here