Makalah Penjas Tentang Bola Voli beserta gambar
Makalah Penjas Tentang Bola Voli beserta gambar

Makalah Penjas Tentang Bola Voli beserta gambar. Tugas sekolah untuk makalah tentang bola voli pdf anda bisa dapatkan disini dengan mudah dan geratis. Contoh makalah tentang bola voli yang singkat mungkin sering dicari di internet dengan demikian semoga artikel ini bermanfaat.

Makalah penjas tentang bola voli singkat biasanya digunakan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan nilai yang kurang dari siswa dikarenakan tugas tertentu. Siswa SD, SMP, SMA, SMK dalam pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan sering untuk disuruh membuat makalah bola voli singkat padat dan jelas.

Kata pengantar makalah bola voli bisa anda dapatkan disini. Kami sertakan link download yang ada di bawah dalam format MS Word. Semoga makalah bola voli singkat ini bermanfaat bagi para pembaca semuanya. makalah bola voli beserta gambarnya pdf ada gambarnya juga kok. Aman.

LINK DOWNLOAD ADA DI PALING BAWAH YA…

ISI MAKALAH

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur atas kehadiran Allah SWT, melalui rahmat dan rahmat yang kita dapat menyelesaikan penulisan “voli PEMERINTAH DAN VOLA”yang merupakan penulis pengaturan untuk memenuhi salah satu subjek orkestra orkestra. Jangan lupa salam dan salam dari Nabi Muhammad terakhir, kepada keluarganya, teman-teman dan semua umatnya.

Penulis mengakui dalam makalah ini bahwa mungkin masih ada kekurangan bahwa hasilnya jauh dari sempurna. Penulis mengharapkan semua pihak untuk memberikan kritik dan saran yang membangun.

Dalam makalah ini, penulis membahas sejarah perkembangan bola voli, makna bola voli, teknik yang digunakan dalam bola voli, dan banyak diskusi lain yang disajikan dalam bentuk makalah. Makalah ini dirancang untuk membantu pembaca mendapatkan wawasan dan memperluas pengetahuan mereka tentang bola voli.

Penulis juga ingin mengucapkan terima kasih kepada banyak kolega dari tim yang telah membantu dan yang lain yang telah membantu penulis dalam persiapan makalah ini sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Harapan besar penulis dalam menyelesaikan makalah ini dapat menjadi pelengkap yang berharga untuk penilaian guru tentang studi Jurassic dan mudah-mudahan isi makalah penulis ini dapat bermanfaat bagi semua yang membaca makalah ini. Ucapan Terima Kasih Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu penulis dalam persiapan makalah ini.

Para penulis sadar bahwa masih ada sejumlah kekurangan pada makalah ini. Oleh karena itu penulis mengundang pembaca untuk memberikan saran dan kritik yang membangun untuk meningkatkan karya makalah berikutnya. Dan semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dan memperluas wawasan mereka tentang bola voli dan bagian dalamnya. Dan jangan lupa permintaan maaf dari penulis untuk segala kekurangan dan kesalahan dalam tulisan ini.

DAFTAR ISI

ABSTRAK …………………………………………… ………………………………………….. ………………… ii

DAFTAR ………………………………………………. ………………………………………….. ………………. iii

BAB 1 PENDAHULUAN

A. Ringkasan Masalah ………………………………………… ………………………………………….. ……. 1

B. Tujuan Penulisan ……………………………………………. ………………………………………….. ……… 1

C. Manfaat Menulis ……………………………………………. ………………………………………….. …… 2

BAB II BACAAN

A. Sejarah Bola Voli ……………………………………….. ………………………………………….. ……… 3

B. Memahami Bola Voli ……………………………………….. ………………………………………….. … 4

C. Aturan dalam Olahraga Bola Voli ……………………………………… ………………………… 4

D. Formasi Dalam Olahraga Voli ……………………………………… …………………………… 4

E. Durasi Game ……………………………………………. ………………………………………….. … 5

F. Pelanggaran Dalam Olahraga Bola Voli ……………………………………… …………………….. 5

G. Sistem Persaingan ………………………………………… ………………………………………….. … 6

H. Kesalahan ……………………………………………………. ………………………………………….. ……………… 7

Saya Lapangan Voli ……………………………………….. ………………………………………….. ….. 8

J. Dasar-Dasar Teknik Permainan Voli ……………………………………… …………………………… 9

BAB III PENUTUP

A. Saran ……………………………………………. ………………………………………….. …………………….. 10

B. Kesimpulan ……………………………………………. ………………………………………….. ……………. 10

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Bola voli adalah tim ganda yang dimainkan oleh dua regu dengan total masing-masing enam pemain. Dimainkan dengan voli bola ke bawah dan melewati net, dan setiap regu bekerja secepat mungkin untuk menjatuhkan bola ke sisi yang berlawanan dengan refleksi sempurna. Penguasaan teknik, keterampilan fisik, taktis, dan mental yang baik, serta kerja tim sangat penting untuk memenangkan permainan.

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Dia adalah pembangun pendidikan jasmani di organisasi Young Men’s Christian Association (YMCA) di kota Massachusetts, AS. Awalnya, permainan bola voli bernama mintonete, yang tujuannya, sekali lagi, adalah untuk mengembangkan kebugaran fisik di samping latihan umum.

Kemudian, permainan diubah menjadi bola voli yang berarti bola voli. Pada tahun 1892, YMCA berhasil menyelenggarakan kejuaraan bola voli nasional di Amerika Serikat. Pada tahun 1847, untuk pertama kalinya sebuah pertandingan bola voli dimainkan di Polandia. Pada tahun 1948 Federasi Bola Voli Internasional dibentuk dengan nama Federasi Bola Voli Internasional di 15 negara dan berpusat di Paris.

Permainan bola voli di Indonesia telah berkembang sangat pesat di semua lapisan masyarakat sehingga klub-klub di kota-kota besar di seluruh Indonesia telah muncul. Permainan bola voli di Indonesia sudah dikenal sejak 1982 oleh Belanda. Namun saat ini gamenya belum populer di masyarakat. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, pengembangan organisasi bola voli dan voli nasional cepat dan populer. Di PON II di Jakarta pada tahun 1951 permainan bola voli mulai diperebutkan, tetapi pada saat itu belum ada / belum dibentuk organisasi bola voli. Baru pada 22 Januari 1955 organisasi voli nasional dibentuk dengan nama All India Volleyball Association (PBVI), di bawah kepemimpinan WJLatumenten.

Sejak itu kejuaraan bola voli nasional dan organisasi bola voli nasional juga berpartisipasi dalam kegiatan tingkat internasional, seperti Sea Games, Asian Games, dan bahkan Olympiade. Pada tahun 1996 untuk pertama kalinya tim bola voli Indonesia berpartisipasi dalam Olympiade di Atlanta, Amerika Serikat. Bahkan untuk voli pantai Indonesia adalah negara yang telah memenangkan kejuaraan dunia.

Pada awal penemuannya, olahraga bola voli bernama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh Direktur Pendidikan Phsycal bernama William G. Morgan di YMCA pada 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).

William G. Morgan lahir di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. YMCA (Young Christian Christian Association) adalah sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran dasar Kristen kepada kaum muda, seperti yang diajarkan Yesus. . Organisasi ini didirikan pada 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.

Setelah bertemu James Naismith (pencipta olahraga bola basket yang lahir pada 6 November 1861, dan sekarat pada 28 November 1939), Morgan menemukan olahraga baru bernama Mintonette. Seperti James Naismith, William G. Morgan juga mengabdikan hidupnya untuk menjadi instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan, juga lulusan dari Springfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette empat tahun setelah James Naismith menciptakan permainan bola basket. Mintonette Games sebenarnya adalah game yang dibuat dengan menggabungkan beberapa jenis game. Agar adil, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat karakter olahraga yang berbeda menjadi satu: bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah handball. Awalnya, game ini dirancang khusus untuk anggota YMCA muda, sehingga dibuat tidak aktif.bola basket.

Perubahan nama Mintonette menjadi bola voli terjadi pada tahun 1896, pada demonstrasi kompetisi pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal 1896, Dr. Luther Halsey Gulick (Direktur Sekolah Pelatihan Pendidikan Jasmani Profesional dan Direktur Eksekutif Departemen Pendidikan Jasmani Komite Internasional YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang ia buat di kampus baru. Pada sebuah konferensi yang diadakan di kampus YMCA, Springfield juga dihadiri oleh semua instruktur pendidikan jasmani. Pada kesempatan itu, Morgan membawa dua tim di masing-masing dari lima tim.

Dalam kesempatan tersebut, Morgan juga menjelaskan bahwa game adalah game yang bisa dimainkan baik di dalam maupun di luar ruangan. Dan seperti yang dia jelaskan saat itu, game ini bisa dimainkan oleh banyak pemain juga. Tidak ada batasan jumlah pemain yang membentuk standar. Sedangkan tujuan dari permainan ini adalah untuk menjaga bola bergerak melalui jaring tinggi, dari satu area ke area lain (lawan).

A. Perumusan masalah

1 Bagaimana sejarah bola voli berkembang

2 Apa artinya bermain bola voli?

3 Bagaimana aturan mainnya di bola voli?

4 Apa bentuk di bola voli?

5 Berapa lama waktu yang diperlukan untuk bermain Volley?

6 Pelanggaran seperti apa di Volleyball?

7 Bagaimana sistem permainan di bola voli

8 Apa yang salah dengan tim bermain voli?

9 Bagaimana bentuk dan ukuran lapangan bermain voli

10 Apa artinya dan bagaimana rasanya bermain bola voli

11 Apa saja teknik yang digunakan dalam olahraga bola voli?

B. Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:

1 Untuk mempelajari sejarah perkembangan olahraga lempar cakram.

2 Untuk mempelajari dasar-dasar olahraga lempar cakram.

3 Untuk mempelajari teknik yang digunakan dalam atletik.

4 Untuk mengetahui bentuk dan ukuran bidang yang digunakan dalam lemparan cakram.

5 Untuk mengetahui tentang alat dan fasilitas yang digunakan dalam olahraga lempar cakram.

6 Untuk mengetahui aturan dalam olahraga disc disc.

C. Manfaat Menulis

makalah ini dapat digunakan dalam bola voli dan mencari tahu tentang sejarah bola voli, sejarah bola voli, teknik yang digunakan dalam bola voli, mengetahui ukuran dan bentuk bidang voli, tahu aturan voli dan waspadai biaya dan infrastruktur yang digunakan dalam olahraga Bola Voli.

BAB II BACAAN

A. Sejarah Bola Voli

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Dia adalah pembangun pendidikan jasmani di “Young Christian Christian Association” (YMCA) di kota Massachussets, USA Awalnya permainan bola voli, itu disebut “mintonette”, yang mirip dengan bulu tangkis. Jumlah permainan tanpa batas, sesuai dengan tujuannya, adalah untuk meningkatkan kebugaran dan kebugaran tenaga kerja di samping latihan umum.

Kemudian pertandingan diubah menjadi Bola Voli yang artinya kurang lebih bola voli. Pada tahun 1892 YMCA berhasil menyelenggarakan kejuaraan bola voli nasional di Amerika Serikat. Turnamen bola voli pertama pada tahun 1947 di Polandia. Pada tahun 1948 IVBF (Federasi Bola Voli Internasional) didirikan dengan 15 negara dan berpusat di Paris. Dalam Perang Dunia II permainan itu tersebar di seluruh dunia, terutama di Eropa dan Asia. Setelah Perang Dunia II popularitas dan popularitas bola voli di AS menurun, sementara di negara-negara lain, terutama di Eropa Timur dan Asia, bola voli itu tumbuh dengan cepat dan masif. Indonesia telah mengenal bola voli sejak 1928, selama periode kolonial Belanda.

Permainan bola voli di Indonesia telah berkembang sangat cepat di semua lapisan masyarakat, yang menyebabkan klub di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Atas dasar itu, pada 22 Januari 1945 PBVSI (Asosiasi Bola Voli Indonesia) dibentuk di Jakarta dengan gelar di Yogyakarta. Pada awal 1962 bola voli berkembang ketika jamur tumbuh di musim hujan.

Olahraga bola voli awalnya ditemukan dan dinamai Mintonette. Permainan bola voli pertama ditemukan oleh William G. Morgan, lahir tahun 1870 di Lockport, New York. Saat itu Morgan bekerja sebagai instruktur pendidikan jasmani (Direktur Pendidikan Phsycal) pada 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts Amerika Serikat.

Inspirasi datang ketika Morgan bertemu James Naismith, pencipta bola basket, lahir pada 6 November 1861. Pada saat itu sebuah olahraga baru bernama Mintonette diciptakan. Morgan adalah lulusan dari Springfield College of YMCA dan sepanjang hidupnya Morgan telah didedikasikan untuk pendidikan jasmani. Dia menciptakan game selama sekitar empat tahun dengan menggabungkan berbagai jenis game.

Mintonette Games adalah kombinasi dari empat jenis olahraga yang kemudian diubah menjadi satu. Kombinasi dari empat olahraga ini adalah

Ø Olahraga basket

Ø Olahraga bisbol

Ø Olahraga tenis

Ø Bola tangan

1. Ubah Nama Mintonette menjadi Bola Voli

Perubahan nama ini terjadi pada tahun 1896, selama demonstrasi perdana Sekolah Pelatihan YMCA Internasional. Pada waktu itu direktur Sekolah Pelatihan Pendidikan Jasmani Profesional bernama Dr. Luther Halsey Gulick mengeluarkan surat panggilan kepada Morgan tentang permainan yang telah ia buat dan akan hadirkan atau tunjukkan di kampus baru.

Kampus YMCA adalah tempat diadakannya konferensi oleh semua instruktur pendidikan jasmani. Morgan kemudian memanfaatkan peluang dengan dua tim, masing-masing dengan lima pemain. Kemudian morgan menjelaskan game ini bisa dilakukan di game indoor dan outdoor. Pada saat yang sama, Morgan menjelaskan bahwa permainan bisa dimainkan oleh banyak pemain tanpa batasan pada jumlah pemain yang standar. Permainan ini bertujuan menjaga bola bergerak melalui jaring tinggi dari satu daerah ke daerah lain.

2. Sejarah permainan bola voli di Indonesia

https://1.bp.blogspot.com/-5IX_VifUAyk/V9J5Vz6S8tI/AAAAAAAAAJs/tvnUZBqppOAug4qV10Gp8RExzLs4TJgYQCEw/s320/Sejarah-bola-voli-Indonesia.jpg

Pengenalan bola voli dimulai dengan diperkenalkannya era kolonial Belanda melalui jalur perdagangan pada tahun 1928. Perkembangan bola voli sangat cepat di Indonesia, hal ini disebabkan oleh banyaknya permintaan akan olahraga Indonesia. Maka, pertandingan bola voli memasuki Pekan Olahraga Nasional ke-2 (PON) pada tahun 1952 yang diadakan di Jakarta. Hingga kini bola voli telah menjadi olahraga resmi setiap kejuaraan di Indonesia.

Organisasi induk Indonesia adalah asosiasi bola voli yang berbasis di Indonesia (PBVSI) pada 22 Januari 1955. Dan ketuanya adalah WJ Latumenten. Kemudian, setelah pendirian organisasi induk Indonesia, kongres pertama dan kejuaraan nasional diadakan pada tanggal 28 hingga 30 Mei 1955 di Jakarta.

B. Menangkan Bola Voli

Arti dari bola voli adalah olahraga tim atau tim dan masing-masing tim terdiri dari 6 pemain aktif dan 6 pemain cadangan. Setiap tim harus mengumpulkan poin sebanyak mungkin untuk memenangkan permainan dengan menjatuhkan bola ke lapangan lawan, serta mampu mencetak skor selama lawan telah melakukan kesalahan di bawah aturan.

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua kelompok lawan. Setiap grup memiliki enam pemain. Ada juga variasi permainan voli pantai di mana setiap grup hanya memiliki dua pemain.

C. Aturan dalam Bola Voli

Setiap tim terdiri dari 6 pemain aktif atau di lapangan dan 4 pemain cadangan di cadangan. Untuk memulai permainan, metode layanan pertama oleh satu tim dan bola harus melewati jaring, jika gagal maka lawan akan mendapatkan poin. Jika satu tim berhasil menjatuhkan bola ke sisi lain, tim tersebut mendapatkan poin.

1. Jika musuh bisa memasukkan bola ke area kami maka kami kehilangan bola dan musuh mendapatkannya

2. Server kita harus melewati jaring dan memasuki wilayah musuh. Jika tidak, maka musuh akan mendapatkan poin

a) Layanan

Layanan hari ini tidak lagi hanya permulaan pertandingan atau hanya melayani bola, tetapi sebagai serangan pertama bagi skuad servis. Layanan ini terdiri dari layanan tangan bawah dan atas. Layanan tangan atas dibedakan dari tenis, tenis mengambang dan kurus.

1) layanan bawah tangan

Ø Pemain berdiri pertama dilayani dengan kaki kiri lebih maju daripada kaki kanan.

Ø Bola dipegang dengan tangan kiri

Ø Bola dilemparkan tidak terlalu tinggi, tangan kanan ditarik ke belakang

Ø Setelah bola setinggi pinggang, lengan kanan berayun lurus ke depan untuk memukul bola

Ø Telapak tangan menghadap bola dan lengan diregangkan untuk refleksi sempurna, tangan bisa memegang.

2) Layanan tenis

Ø Persiapan dimulai dengan mengambil kaki kiri ke depan, kedua lutut sedikit lebih rendah

Ø tangan kiri dan kanan memegang bola, tangan bola, tangan kanan di atas bola.

Ø Bola digabungkan dengan tangan kiri sekitar 1/2 meter di atas kepala

Ø tangan kanan ditarik kembali ke atas kepala, menghadap ke depan

Ø Lakukan gerakan seperti mensmesh bola, fokuslah pada bola

Ø jabat tangan diperlukan pada saat bola.

3) servis mengambang

Ø Posisi kaki sama dengan layanan tenis

Ø Tangan kiri memegang bola dan tangan kanan di samping lapangan

Ø Dengan tangan kiri bola sedikit terbalik ke kanan

Ø Setelah bola menekuk ke atas kepala, tangan kanan dipukul di tengah bola.

Ø Tembakan melayang dapat dilakukan dengan beberapa cara:

– Dengan tumit tangan

– Dengan tangan, tempat ibu jari dilipat ke dalam dan melekat pada telapak tangan

– Pukul dengan tangan Anda.

4) Kurus

Ø Sikap pemula dengan mengambil sikap berdampingan dengan tubuh kiri lebih dekat ke stroke.

Ø Bola dipegang kiri dan kanan.

Ø Saat bola dilemparkan, tubuh sedikit menekuk dan lutut ditekuk

Ø Kedua tangan diarahkan ke sisi kanan bawah sambil memegang bola.

Ø Bola melewati kepala dengan kedua tangan.

Ø Setelah bola dilepaskan, tangan kanan ditarik ke kanan bawah, bergabung dengan tubuh kanan.

Ø Bobot ada di kaki kanan, telapak tangan menghadap ke atas

Ø Begitu bola berada di telapak tangan Anda, segera dengan kedua tangan Anda bersama, tempelkan tubuh ke kiri

Ø Berkenaan dengan bola di bagian bawah bola, bola dibantu oleh tubuh dan tangan.

Layanan memiliki sejumlah fitur:

1) Layanan teratas adalah layanan dengan tendangan bola pertama sesuai kebutuhan. Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.

2) Service down adalah layanan dengan awalan bola di tangan yang tidak mengenai bola. Tangan yang mengenai bola siap dari belakang tubuh untuk memukul bola dengan ayunan tangan.

3) Float Service adalah layanan teratas dengan awalan dan pukulan yang serupa. Awal dari layanan mengambang adalah melempar bola ke atas tetapi tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala). Tangan yang akan memukul bola berdiri di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.

perlu diingat dalam layanan

1) Sikap tubuh.

2) Lantai atas harus memenuhi kebutuhan.

3) Kapan memukul bola.

b) Lulus

Passing Bawah (Bidikan / lengan bawah) Posisi tubuh jongkok, lutut sedikit ditekuk. Tangan digenggam, satu dengan yang lain.

Gerakan tangan disesuaikan dengan kecepatan bola yang keras / rendah. Passing Up (Knocking / Hand Tapping) Sikap tubuh jongkok, lutut sedikit ditekuk.

Tubuh sedikit condong, siku menekuk dengan jari terbuka membentuk setengah bola melengkung. Jari dan jari berdekatan membentuk segitiga. Menyentuh semua jari dan gerakan mereka meluruskan kedua tangan

c) Menghancurkan (spike)

Dengan membentuk serangan tembakan keras bola ada di gawang, untuk dimasukkan ke dalam area lawan. Untuk melakukannya dengan baik, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor berikut: awalan, push, punch, dan landing.

d) Wadah (blok)

Dengan upaya di dekat gawang untuk mencoba memblokir / memblokir bola datang dari lawan.

e) Posisi Pemain (Posisi Pemain)

Pada saat layanan kedua regu harus di bidang / area masing-masing dalam 2 set sisi. Tiga baris di depan dan tiga di belakang

C. Teknik Dasar Game Voli

a) Layanan

Layananadalah teknik dasar bola voli yang harus dipelajari setiap pemula. Teknik servis dilakukan oleh pemain yang berdiri di belakang lapangan dengan melemparkan bola ke udara dan kemudian memukul bola melalui jaring ke arah lapangan permainan. Tujuan melakukan layanan adalah untuk memukul bola melalui jaring dengan memilih area kosong atau menunjuk ke pemain yang terlihat lemah sehingga tidak dapat diterima bagi pemain lawan untuk mencetak poin.

b) Lulus

LulusJuga dikenal sebagai penerimaan adalah upaya yang dilakukan oleh pemain di tim untuk menerima, mengendalikan, dan menahan layanan yang dilakukan oleh pemain lawan dalam bentuk serangan. Teknik passing dibagi menjadi 2 jenislewat turun dan melewati.

c) Menghancurkan atau Spike

Menghancurkanatau spike adalah teknik dasar bola voli yang digunakan untuk memukul bola dengan kekuatan penuh dengan melompat, dan kemudian bola diarahkan ke area bermain lawan yang kosong. Teknik bola voli ini merupakan pukulan ketiga.

Urutan dimana bola diterima adalah bola pertama dengan menggunakan passing bawah, lalu bola kedua dengan passing atas dan bola ketiga dengan melakukan teknik smash. pengeras suara atau striker di timnya idealnya memiliki postur tubuh yang tinggi dan melompat. Ini karena ketika melakukan teknik smash, pemain harus melompat dan memukul bola ketika dia berada di ketinggian.

d) Blokir

Teknik Block digunakan untuk mencegah atau mencegah serangan oleh tim musuh. Pertahanan dapat dibuat dengan menggunakan kedua tangan dan dilapisi dengan lompatan tinggi, kemudian memegang bola keluar dari area bermain.

Dalam bermain bola voli teknik ini sangat dibutuhkan oleh tim, oleh karena itu setiap pemain harus menguasai teknik blok dengan baik. Langkah selanjutnya untuk melakukan teknik blok adalah berdiri di posisi kaki kanan, sementara kedua tangan berada di depan dada dengan tangan diposisikan ke arah net, kemudian melompat dan mengikuti arah bola yang akan ditabrak oleh pemain lawan.

D. Posisi Pemain Voli

Dalam permainan bola voli, pelatih harus membuat strategi agar permainan dapat dikontrol. Termasuk penentuan posisi antara satu pemain dan pemain lainnya. Inilah posisi pemain yang memainkan peran penting dalam setiap pertandingan bola voli.

a) Poster Voli Tosser (setter)

Tosser adalah pemain dengan tugas mengoper bola kepada rekan setimnya dan mengatur ritme permainannya.

b) Pemain Voli Spikker (smash)

Spikker adalah pemain yang memiliki tugas untuk memukul bola agar jatuh di area bermain defensif

c) Posisi Pemain Voli Libero

Liberoadalah pemain yang memiliki tugas untuk mempertahankan bola dari lawan. Pemain ini bisa bebas masuk dan keluar dari permainan, tetapi tidak mempraktikkan teknik smash. Pemain libero hanya dapat menggunakan umpan lebih rendah atau lebih tinggi jika bola ingin melewati jaring.

d) Posisi Pemain Voli Bek (bek)

Bek adalah pemain yang memiliki tugas untuk mempertahankan serangan dari tim lawan.

E. Power Supply Game Voli

1. Ukuran dari Voli Permainan Lapangan

Lapangan voli persegi panjang adalah 18 m dan lebar 9 m, semua batas lapangan, lini tengah, zona serangan adalah 3 m (area depan). Batas ditandai dengan penggunaan tali, kayu, cat / kapur, kertas tidak lebih dari 5 cm. Lapangan voli dibagi menjadi dua bagian yang sama, masing-masing selebar 9 x 9 meter. Bagian tengah bidang terbatas pada bagian tengah yang membagi bidang menjadi dua bagian yang sama. Setiap bidang terdiri dari zona serangan dan area defensif.

https://4.bp.blogspot.com/-xMQFtnLk-aI/V9J9RffFYGI/AAAAAAAAAJ0/9Nn7_79F9ood9yge3Yeq9ytYYaOi7CwhgCLcB/s320/l.jpg

Area serangan adalah area yang dibatasi oleh garis tengah lapangan dengan garis serangan selebar 9 x 3 meter.

2. Distrik Layanan

Area servis adalah area selebar 9 meter di belakang setiap garis ujung. Area tersebut dibatasi oleh dua garis pendek 15 cm yang dibuat 20 cm di belakang garis ujung, sepanjang sisi-sisinya. Kedua pintasan ini sudah termasuk dalam batas area layanan, perpanjangan area layanan mundur sampai akhir area bebas.

3. Bersih (bersih)

Jaring untuk pertandingan bola voli tidak lebih dari 9,50 meter dan lebar tidak lebih dari 1,00 meter dengan kotak 10 x 10 cm atau titik jaring, tinggi bersih untuk anak laki-laki 2,43 meter dan untuk anak perempuan 2,24 meter , tepi atas adalah 5 cm.

4. Batang Antene

Dalam permainan bola voli nasional dan internasional, bagian atas jaring melekat pada tongkat atau batang yang menjulang di atas 80 cm dari jaring atau bibir. Tongkat terbuat dari bahan fiberglass panjang 180 cm dengan warna kontras.

5. Bolanya

Bola harus bundar yang terbuat dari kulit elastis atau sintetis yang terbuat dari karet atau bahan serupa. Warna bola harus satu warna atau kombinasi beberapa warna. Bahan kulit sintetis dan kombinasi warna yang digunakan dalam turnamen internasional harus memenuhi standar FIV. Bola berukuran 64 – 67 cm dan berat 260 – 280 grm, tekanan di dalam bola harus 0, 39 – 0, 325 kg / cm2 (4,26 – 4,61 Psi) (294,3 – 318,82 mb / hpa).

6. Pemain

Jumlah pemain di lapangan bermain adalah 6 per tim dan 5 ditambahkan sebagai cadangan dan satu untuk libero. Sebuah tim yang terdiri dari hingga 12 pemain, seorang pelatih, seorang pelatih sistem, seorang pelatih, dan seorang dokter, kecuali libero, salah satu pemainnya adalah kapten tim, harus ditandai pada lembar skor.

Hanya pemain yang tercantum di lembar skor yang bisa masuk ke lapangan dan bermain di game. Saat ini pelatih dan kapten tim menandatangani skor pemain yang terdaftar tidak dapat diubah.

F. Cara Game

Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 pemain dan bersaing untuk mencapai 25 pemain pertama.

Dalam sebuah tim, ada 4 peran penting: tosser (atau setter), speaker (smash), libero, dan defender (defender). Tosser atau pengumpan adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengoper bola kepada rekan satu timnya dan mengatur jalannya pertandingan. Pembicara berhasil memukul bola untuk jatuh di pertahanan lawan. Libero adalah bek yang bisa masuk dan keluar tetapi tidak bisa menghancurkan bola melewati jaring. Defender adalah pemain yang bertahan untuk menyerang lawan.

Permainan bola voli membutuhkan kekuatan otak yang besar, terutama tosser. Tossers harus bisa mengendalikan jalannya permainan. Tosser harus memutuskan apa yang harus dilakukan dengan bola yang didapatnya, dan itu semua membutuhkan sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang pertandingan. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 pemain dan berusaha mencapai 25 pertama untuk memenangkan hasil seri.

a) Melayani pesanan

1) Perhitungan angka

Aturan permainan bola voli adalah:

Ø Jika musuh bisa memasukkan bola ke area kami maka kami kehilangan bola dan musuh mendapat nilai

Ø Server kita harus melewati jaring dan memasuki wilayah musuh. Jika tidak, maka musuh akan mendapatkan poin

2) Sistem Pencocokan

a) Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan didistribusikan ke dalam 2 (dua) kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 (empat) tim.

b) Setiap tim terdiri dari 10 pemain termasuk 6 pemain inti di lapangan dan 4 pemain cadangan.

c) Penggantian pemain inti dan cadangan selama pertandingan tidak dibatasi.

d) Pertandingan tidak akan ditunda jika satu atau lebih anggota tim bermain untuk olahraga lain.

e) Jumlah minimum pemain untuk bermain di lapangan adalah 4.

f) Jika ada kurang dari empat orang di lapangan, maka tim yang bersangkutan akan dianggap sebagai pecundang.

g)  Setiap pertandingan adalah 3 putaran (terbaik dari tiga), kecuali dalam 2 putaran dijamin bahwa pemenang tidak perlu mengambil putaran ketiga.

h) Sistem penghitungan yang digunakan adalah 25 titik reli. Jika peserta mencetak poin (24-24) maka pertandingan akan ditambahkan 2 poin. Pemenang tempat pertama yang memenangkan 2 poin akan memenangkan pertandingan.

i) Kemenangan pada pertandingan pendahuluan mendapat nilai 1. Ketika dua atau lebih tim memiliki nilai yang sama, penentuan kelompok dan juara runner-up akan tercermin dalam kualitas angka di setiap set yang dimainkan.

j) Kesalahan meliputi:

Ø Pemain menyentuh jaring atau melewati tengah lapangan lawan. o Tidak bisa melempar atau menangkap bola. Bola voli harus dilemparkan tanpa mengenai tanah. o Bola yang dipantulkan keluar lapangan tidak dihitung sebelum menyentuh permukaan lapangan. o Ketika layanan bola yang melewati bidang dihitung sebagai titik untuk lawan, demikian juga lawan yang menerima bola yang membuat bola keluar dihitung sebagai titik untuk lawan. o Semua pemain harus berada di lapangan pada saat layanan. o Pemain berduri di atas bidang lawan. o Semua bagian tubuh sah untuk menembak bola kecuali dengan menendang. o Pemain dan lawan di gawang dua kali selama bola dihitung sebagai kesalahan ganda.

Ø Setiap tim diminta untuk bertukar posisi di akhir setiap putaran. Dan ketika set penentuan (set ketiga) dilakukan, tim dengan skor terendah dapat meminta untuk mengubah bidang sesaat setelah lawan mencapai peringkat ke-13.

Ø Waktu habis hanya dilakukan 1 kali per putaran dan hanya berlangsung 1 menit.

Ø Kecuali aturan yang ditetapkan di sini, aturan mainnya mengikuti aturan internasional.

D. Formasi Dalam Bola Voli

Dalam olahraga bola voli ada 6 pemain dan 6 pemain masing-masing memiliki peran sebagai berikut:

1Pemain yang bertanggung jawab atas Tosser

2Pemain yang bertanggung jawab atas Pembicara

3Pemain yang memainkan Libero

4Pemain yang bertanggung jawab atas Blocker

Inilah penjelasannya

1Tosser adalah pemain yang bertugas mengatur permainan atau meminjamkan bola kepada teman-temannya untuk menghancurkan lawannya. Dalam olahraga Tosser Volley menerima Bola ke-2 dan memberikannya kepada seorang teman. Untuk bola pertama yang akan diterima oleh temannya yang lain ia diumpankan ke Tosser.

2Spiker adalah pemain yang bekerja keras untuk memukul bola dengan keras untuk mendapatkan bola ke area lawan atau bahkan mendapatkan bola untuk mengenai lawan.

3Libero adalah pemain yang bertugas menerima bola dari serangan, atau bisa juga disebut sebagai bek. Libero adalah salah satu pemain yang memiliki umpan bagus untuk mengamankan bola, pemain Libero tidak dapat maju untuk menghancurkan.

4Blocker / defender adalah pemain yang bertugas memblokir serangan dengan memblokir Ball sehingga tidak memasuki wilayah kami.

E. Durasi game

Setiap tim harus mengumpulkan 25 poin untuk memenangkan pertandingan dalam 1 set. Dalam permainan Voli, setiap pertandingan terdiri dari 3 set atau bahkan 5 set.

· Set kemenangan Twi, yang merupakan salah satu pemenang dari pertandingan kemenangan dua set.

· Tiga set kemenangan, di mana satu tim memenangkan tiga set kemenangan

· Yang terbaik dari lima berlangsung lima set.

F. Pelanggaran di Bola Voli

Jenis pelanggaran di Bola Voli

1 Mempengaruhi wasit atau memengaruhi wasit.

2 Berbicaralah dengan tidak hormat kepada tim lawan dan wasit.

3 Bermain itu tidak sporty.

4 Menolak wasit sering.

5 Meninggalkan lapangan hanya untuk pertandingan tanpa izin wasit.

G. Sistem Pencocokan

Sistem permainan bola voli

1 menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing dengan 4 tim.

2 Setiap tim terdiri dari 12 pemain termasuk 6 pemain inti dan 6 pemain cadangan.

3 Pergantian pemain dalam bola voli tidak dibatasi selama pertandingan

4 Jumlah minimum pemain untuk bermain di lapangan adalah 6. Jika ada kurang dari 6 orang di lapangan, maka tim yang dimaksud akan dikalahkan.

5 Setiap pertandingan berjalan dalam tiga putaran (terbaik dari tiga)

6 Setiap pertandingan adalah lima (final lima).

7 Sistem penghitungan yang digunakan adalah 25 titik reli. Jika skor kedua tim adalah (24-24) maka pertandingan ditambahkan 2 poin. Tim pertama yang memenangkan 2 poin akan memenangkan pertandingan.

8 Tidak bisa melempar atau memukul bola. Bola voli harus direfleksikan. Semua bagian tubuh sah untuk menembak bola kecuali dengan menendang.

9 Setiap pemain tidak dapat menggandakan (dua kali pada bola) dan jumlah maksimum 3 pukulan di daerahnya sendiri kemudian diteruskan ke lawan.

10 Bola di luar lapangan belum dihitung sebagai tamasya sebelum menyentuh tanah.

11 Waktu habis dilakukan sekali per putaran dan hanya berlangsung satu menit

H. Kesalahan untuk Kerusakan Tim

Termasuk:

1 Mudah salah satu pemain menyentuh jaring atau salah satu pemain melewati garis batas bidang lawan.

2 Pemain tidak bisa menangkap bola atau melempar, pemain harus memukul bola tanpa menyentuh tanah.

3 Bola yang keluar dari lapangan belum dikeluarkan tanpa menyentuh permukaan lapangan.

4 Ketika melakukan bola layanan melewati lapangan atau keluar lapangan maka poin sebelum lawan, serta lawan layanan lawan yang membuat bola keluar dari lapangan maka lawan mendapatkan

5 Pada saat layanan semua pemain harus berada di lapangan

6 Pemain berduri di lapangan lawan

7 Semua bagian tubuh diizinkan menyerang Bola tetapi tidak bisa ditendang

8 Lawan menyentuh jaring dua kali selama pertandingan sehingga bola dihitung sebagai pelanggaran ganda.

Saya Lapangan Voli

ukuran lapangan voli persegi panjang. Membagi dengan garis tengah menjadi dua bagian yang sama. Panjang lapangan 18 meter, sedangkan lebarnya 9 meter.

Di setiap bagian lapangan ada garis serangan, di mana pembicara menghancurkan dan pemblokir melakukan blok. Garis serangan memiliki ukuran 3 meter. Di belakang lapangan adalah area servis untuk mulai bermain bola voli. Sejalan dengan garis tengah yang membagi lapangan, regangkan jaring yang membatasi area permainan. Untuk jaring voli net ada dua jenis tinggi, untuk anak laki-laki 2,43 meter dan untuk anak perempuan 2,24 meter. Lebar jaring bersih adalah 1 meter.

https://3.bp.blogspot.com/-ggdeTPDol5k/Wlydpda3LtI/AAAAAAAAAy4/tkcdc0pEEHQ8m1i2TgoJdaRzN_bP2thzQCLcBGAs/s320/gambar%2Blapangan%2Bbola%2Bvolli.gif

J. Teknik Dasar Game Voli

1 Layanan

Bola digabung dengan tangan kiri sekitar satu meter di atas kepala. Tangan kanan ditarik kembali ke atas kepala, telapak tangan menghadap ke depan. Kemudian bola dipukul oleh tangan di punggung atas, dibantu oleh fleksi pergelangan tangan, sehingga bola berputar atas (berputar ke depan). Gerakan berakhir dengan melangkah maju.

2 Menghancurkan

Dimulai dengan kuda-kuda yang agak miring, 2 – 4 m dari jaring. Rentangkan kaki ke depan ke kaki kiri diikuti oleh kaki kanan dan kaki panjang dengan posisi kaki terakhir hampir sejajar untuk menekuk / posisi tubuh bagian bawah.

3 Blokir (berisi)

Ini adalah salah satu teknik bertahan yang dilakukan di internet, dengan melompat sambil mengulurkan kedua tangan untuk menahan pukulan lawan.

4 Latihan Menggabungkan Passing Up Dan Passing Down

· Lakukan lurus ke atas setelah bola turun dan kemudian bagian bawah dan setelah bola naik / naik.

· Untuk tahap pertama lakukan di tempat dan tahap kedua lakukan sambil berjalan.

Aturan Game

Aturan permainan bola voli adalah sebagai berikut:

1. Lapangan Voli

http://3.bp.blogspot.com/-ixA7j-0i4nE/UBT92WZ2YqI/AAAAAAAAAEI/wRSU67ODNfc/s1600/lapangan.png

2. Jaring / Jaring

a. Panjangnya: 9,5 m

b. Lebar: 1 m

c. Tinggi jantan: 2, 43 m

d. Tinggi jaring putri: 2, 24 m

Di tepi jaring pada antena mount antena memiliki panjang 1,80 m.

http://3.bp.blogspot.com/-y6FYNQAdntg/UBUBp-wUrPI/AAAAAAAAAEY/iIF23SJfztw/s320/net.png

3. Jumlah pemain

a. Setiap regu terdiri dari 6 pemain

b. Gim hingga 6 orang

4. Pergeseran Game

Jika tim penerima berhasil menendang bola di lapangan lawan, pemain bergeser searah jarum jam (misalnya: satu posisi enam, posisi enam hingga lima, posisi lima hingga empat, dan seterusnya)

5. Game / Set.

Game ditentukan oleh game / set. Tim pertama yang menghasilkan / mengoleksi 25 adalah pemenang permainan. Jika Anda memasukkan angka 24 – 24, maka deuce dideklarasikan dan skuad yang mendapat dua perbedaan pertama adalah pemenangnya.

Kemenangan tim bola voli ditentukan oleh dua sistem:

a. Sistem Two Winning Set adalah tempat masing-masing tim dikatakan telah memenangkan dua set.

b. Sistem Three Winning Set adalah skuad yang dikatakan menang ketika memenangkan tiga set

6. Bermain bola

a. Skuat memiliki hak untuk memukul / memainkan bola hingga 3 kali (selain blok)

b. Seorang pemain dapat memukul / memainkan bola dua kali berturut-turut (kecuali pemblokiran / pemblokiran)

c. Pemain diizinkan memainkan bola menggunakan semua bagian tubuh (mis: kaki, kepala) dengan refleksi sempurna / tanpa henti.

d. Dua atau tiga pemain dapat mengenai bola pada saat yang sama (pada saat yang sama) dan menghitung sampai dua atau tiga pukulan (kecuali melengkung)

e. Jika dua atau tiga pemain mencapai bola tetapi hanya satu pemain yang memukulnya maka satu tembakan dihitung

7. Game Near Net

a. Seorang bek (bloker) dapat menyentuh bola di area lawan, asalkan ia tidak mengganggu permainan lawan (menyentuh bola sebelum mengenai lawan)

b. Setelah serangan cepat, tangan dapat melewati net / masuk ke area lawan

c. Dapat melewati ruang permainan lawan di bawah jaring, asalkan tidak mengganggu permainan lawan

d. Tidak dapat menyentuh / menginjak garis tengah

e. Tidak ada bagian tubuh yang bisa menyentuh ruang lawan

8. Bola keluar

Bola dilepaskan ketika:

a. Semua berada di luar garis lapangan

b. Menyentuh bola di luar lapangan

c. Sentuh antena, tali, tiang atau jaring di luar batas antena

9. Kesalahan – Kesalahan saat Bermain

a. Bola dipukul menyentuh antena / batang

b. Bola itu mengenai bidang

c. Bola ditabrak oleh benda di luar lapangan

d. Pemain menyentuh jaring

e. Pemain barisan belakang menghancurkan dari depan garis serangan

f. Satu pemain memukul bola dua kali berturut-turut (kecuali memblokir)

g. Pemain pengganti masuk ke lapangan dengan melaporkan

10. Kesalahan – Kesalahan Layanan

a. Bola layanan menyentuh antena

b. Pada saat memukul bola, kaki menginjak lapangan

c. Bola tidak dilempar dulu

d. Bola itu mengenai bidang

e. Menunda / menunda game

f. Layanan dari luar garis ekstensi bidang.

2.2 Teknik Dasar Game Voli

1. Layanan Tenis (Layanan Tenis)

a. Sikap startup

Berdiri dengan kaki kiri ke depan, bola dipegang dengan kedua tangan (tangan kiri memegang bola dan tangan kanan memegang bagian atas).

b. Implementasi

Bola disatukan dengan tangan kiri ke atas kira-kira meter di atas kepala. Tangan kanan ditarik kembali ke atas kepala, telapak tangan menghadap ke depan. Kemudian bola dipukul oleh tangan di punggung atas, dibantu oleh fleksi pergelangan tangan, sehingga bola berputar atas (berputar ke depan). Gerakan berakhir dengan melangkah maju

2. Layanan Floanting

a. Sikap pemula

Berdirilah dengan kaki kiri ke depan, bola dengan tangan kiri, tangan kanan di samping bagian atas kepala setinggi yang lebih tipis.

b. Implementasi

Bola digabung dengan tangan kiri tidak terlalu tinggi ke kanan. Segera setelah bola menekuk ke atas kepala, bola dipukul dengan tangan kanan di tengah belakang. Pada saat memukul bola tidak ada pergerakan pergelangan tangan, sehingga jalannya mengambang / mengambang. Gerakan berakhir dengan melangkah maju.

Pada layanan mengambang gerakan tangan di genggaman atau ibu jari dilipat ke telapak tangan.

2.3 Teknik Dasar Hancurkan

Smash adalah untuk memukul bola di jaring dengan keras sehingga bola jatuh ke lapangan lawan, dan sulit untuk kembali. Smash sendiri adalah seperangkat empat tahap kompleks yang membutuhkan koordinasi gerakan yang baik untuk melakukannya. Empat tahap smash adalah:

1. Langkah awalan

Dimulai dengan kuda-kuda yang agak miring, 2 – 4 m dari jaring. Rentangkan kaki ke depan ke kaki kiri diikuti oleh kaki kanan dan kaki panjang dengan posisi kaki terakhir hampir sejajar untuk menekuk / posisi tubuh bagian bawah.

2. Dorong / fokus

Sambil menurunkan kedua tangan di belakang tubuh, segera dorong ke atas saat Anda mengayunkan lengan ke depan, dengan tangan kanan di atas kepala.

3. Memperkenalkan bola

Pendahuluan / pukulan bola dilakukan ketika mencapai titik lompat tertinggi, jarak bola di satu tangan, posisi bola tepat di depan kepala. Lakukan pukulan di bagian belakang bola dengan telapak tangan Anda disertai dengan jabat tangan untuk menghasilkan bola spin atas.

4. Mendarat.

Mendarat dengan kedua kaki sejajar dengan gerakan lutut di kedua lutut, sambil menjaga keseimbangan untuk kembali ke postur normal.

2.4 Teknik Pemblokiran Dasar (Wadah)

Ini adalah salah satu teknik bertahan yang dilakukan di internet, dengan melompat sambil mengulurkan kedua tangan untuk menahan pukulan lawan.

Ada dua teknik blok

1. Blok aktif

Di mana saat memegang blok tangan kedua memegang bola dengan erat dan sambil menerapkan tangan yang aktif, dorong bola ke bawah.

2. Blokir pasif

Tempat melakukan peregangan tangan di dekat jaring tanpa gerakan apa pun. Ini dilakukan oleh pemain dengan postur tubuh pendek dengan jangkauan tangan terbatas.

Blok yang bagus sangat efektif melawan pertahanan smash karena dapat dilakukan secara individu atau berpasangan dengan dua pemain sekaligus.

Teknik blok / bendungan.

1. Sikap awal

Berdiri di depan jaring kaki dengan kedua tangan di depan dada, lutut sedikit ditekuk ke depan. Fokus difokuskan pada bola dan menggerakkan pukulan keras lawan.

2. Implementasi

Buat dorongan kuat dari kedua tangan membentang di atas lebar bersih jari kaki terbuka. Arahkan tangan Anda ke area perkiraan ball / smash crossing. Saat menerapkan jari-jari kencangkan untuk menahan smash lawan.

3. Gerakan terakhir

Lakukan pendaratan dua kaki dengan gerakan menyentak, menjaga keseimbangan tetap terjaga dan segera bersiap-siap untuk pertandingan.

2.5 Kombinasi Teknik Dasar (Teknik Terpadu)

Teknik gabungan atau pelatihan kombinasi adalah suatu bentuk pelatihan dengan menggabungkan beberapa elemen teknis dasar dari permainan bola voli yang ada.

Sebagai contoh:

1. Latihan Menggabungkan Passing Up Dan Passing Down

Bagaimana cara melakukannya:

a. Lakukan lurus ke atas setelah bola turun dan kemudian bagian bawah dan setelah bola naik / naik.

b. Untuk tahap pertama lakukan di tempat dan tahap kedua lakukan sambil berjalan.

2. Melayani Pelatihan Kombinasi, Smash, dan Lulus

Bagaimana cara melakukannya:

a. Pemain 1 melakukan layanan pada / smash

b. Pemain 2 lewat di bawah level pemain 3

c. Pemain 3 menangkap bola dan mengopernya pada pemain 4 dengan menggulirkan

d. Setiap pemain setelah menyentuh bola segera melarikan diri

2.6 Posisi Pemain

Posisi pemain bola voli dibagi menjadi dua kelompok:

1. Pemain depan 3 arah ada di posisi 2, 3, dan 4

2. Pemain belakang 3 arah ada di posisi 1, 6, dan 5

http://2.bp.blogspot.com/-wzguyzuqcaI/UBUCFFNn0mI/AAAAAAAAAEg/BA_QE4h_UnY/s320/model.png

Posisi 2, 3, dan 4 berfungsi sebagai penyerang dan pembela di net (blok). Posisi 5, 6, dan 1 berfungsi sebagai punggung bertahan dan tidak dapat menghalangi atau menyerang dari depan. Posisi 1 berfungsi di awal permainan.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan dan Saran

Dalam olahraga dan olahraga bola voli dapat membuat tubuh sehat dengan mengeluarkan keringat dari tubuh. Bola voli juga dapat menghilangkan atau menghambat siswa / pelajar untuk mempelajari dasar-dasar bola voli. Dengan demikian, permainan bola voli dan olahraga telah mengubah aturan yang memungkinkan siswa untuk menghilangkan atau menghindari kejenuhan saat mempelajari atau memainkan permainan ini atau olahraga bola voli.

Dalam perjalanan memainkan game voli ini, game ini dapat dilakukan dengan menciptakan lapangan kecil dengan teknik passing bawah dan teknik hands-on, dan dalam game ini voli atau olahraga harus menekankan penggunaan teknik yang benar dan terarah sehingga dapat meningkatkan penguasaan tekniknya. dalam game voli itu sendiri. Dan bagi mereka yang kelebihan berat badan, mungkin saja memainkan permainan bola voli ini bisa membakar lemak sebagai hasil pembakaran dengan menghilangkan keringat yang bias secara bertahap membuat tubuh kita menjadi ideal.

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan yang telah disediakan penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan khususnya dalam olahraga bola voli, dimungkinkan untuk mengetahui tentang sejarah bola voli, makna bola voli, teknik dasar bola voli dll.

Untuk bermain voli tidak membutuhkan kemampuan fisik yang tinggi, yang diperlukan hanyalah semangat untuk mengejar bola ke mana pun bola itu jatuh. Secara bertahap teknik yang dibutuhkan untuk bermain bola voli akan tumbuh dengan sendirinya.

Dari beberapa uraian dan penjelasan di atas, mungkin bagi penulis untuk menyimpulkan bahwa dengan mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan ini, peserta didik dapat mempraktikkan teknik dasar dalam olahraga serta nilai-nilai kerja sama, toleransi, kepercayaan diri, kejujuran, keberanian, menghargai lawan Anda, bekerja keras, dan menerima kekalahan dan dapat menerapkan cara hidup yang sehat dan bersih.

B. Saran

Agar dapat mempraktikkan gerakan yang baik dan benar di Bola Voli, kita perlu mengetahui teknik dasar dari Bola Voli itu sendiri dan tidak lupa berlatih untuk meningkatkan gerakan kita.

Bermain bola voli juga menuntut banyak kemampuan otak, terutama pemain. Tossers harus bisa mengendalikan jalannya permainan. Tosser harus memutuskan apa yang harus dilakukan dengan bola yang didapatnya, dan itu semua membutuhkan sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang pertandingan. Jadi hanya orang bodoh yang mengatakan bahwa yang penting dalam bermain bola voli adalah lompat tinggi, umpan bagus, dan pukulan keras. Tanpa otak atau kehendak yang cukup tidak mungkin untuk mencapainya

Kami sebagai penulis makalah ini sangat berterima kasih atas semua saran dan kritik dari pembaca yang kami hormati agar berkembang di masa depan agar lebih baik dalam memungkinkan alur kerja yang kurang memuaskan untuk tugas yang kami lakukan.

REFERENSI

Irwansyah.2004.Kesehatan dan Kebugaran melakukan pendidikan jasmani .Isi: Grafindo Media Pratama

Husni, Agusta.tt. Sports Smart Book. Jakarta: Rempita Rempita

Kantor Menteri Negara untuk Olahraga Pemuda. 1999. Latihan Senam Kebugaran Fisik 2000.

Brown, Richard L. dan Joe Henderson.2001.Jalankan bersama Run. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Direktorat Pendidikan Dasar.1996. Metode untuk Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jakarta: Rempita Rempita.

Aku mencintaimu, Engkos. 1985. Olahraga; Teknik dan Program Pelatihan. Jakarta: Akademi Pressindo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here