Home Uncategorized 10 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh – Buah jambu biji adalah salah satu buah yang paling sedikit memerlukan perawatan dan penyemprotan secara kimia, dan saat ini sudah mudah ditemui di seluruh dunia. Buah ini mengandung vitamin dan mineral (4 kali Vitamin C dari jeruk dan 10 kali lebih banyak Vitamin A dari lemon). 

Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa khasiat seperti kandungan Vitamin B2, E dan K, Kalsium, Folat, Serat, Tembaga, Besi, Kalium,q1 dan Fosfor.

Di berbagai belahan dunia, buah jambu biji sering kali diolah sebagai minuman yang menyegarkan. 

Namun tidak sampai disitu, buah ini juga dapat digunakan maupun diolah dalam berbagai olahan lainnya seperti selai, jeli, permen, saus, atau bahkan tidak sedikit juga dimasak menjadi hidangan yang manis dan gurih.

10 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan
Dibalik pengolahannya, apa saja manfaat dari buah jambu biji untuk kesehatan? Berikut adalah 10 manfaat kesehatan untuk tubuh dari jambu biji.

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Plak gigi menjadikan faktor utama dalam berbagai masalah dalam kesehatan mulut, perlu diketahui jika jambu biji dapat menjadi solusi yang tepat. Daun jambu biji sangat efisien dalam mencegah dan mengobati masalah mulut karena mempunyai sifat anti-plak. 
Sudah banyak para ahli yang merekomendasikan penggunaan daun jambu muda untuk menjaga kebersihan mulut. 

Daunnya memiliki sifat antimikroba, analgesik, dan antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan gusi dan menyegarkan napas sobat. 

Selain itu, sobat juga dapat menggunakan daun jambu biji untuk menyembuhkan gusi yang bengkak, sakit gigi, bahkan juga sariawan. Bagian lain seperti ranting pohon jambu juga dapat digunakan sebagai tusuk gigi atau sebagai tongkat pengunyah untuk membersihkan gigi. Untuk menjaga kebersihan mulut, kunyah 2 daun jambu muda setiap hari. 
Sobat juga bisa membuat obat kumur buatan sendiri dengan merebus 6 daun jambu biji muda. Jika sudah, angkat panci dan biarkan larutan mendingin pada suhu hangat dan kemudian tambahkan garam. Kibaskan obat kumur dengan seksama di sekitar mulut dan gigi sobat dua kali sehari.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Terdapat suatu studi yang menunjukkan bahwa konsumsi jambu biji secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dan lemak darah. Alasan di balik ini adalah bahwa jambu biji kaya akan kalium, kandungan serat larut dan vitamin C. 
Kalium dapat membantu mengatur dan memantapkan detak jantung dan tekanan darah tinggi sementara vitamin C dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat. 

Mengkonsumsi jambu biji berdaging merah muda secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Daun jambu biji membantu menurunkan kolesterol ‘jahat’ dan trigliserida. Hal ini akan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular sobat.

3. Mengobati Diare

Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun jambu biji menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus yang merupakan penyebab umum diare. Daun jambu biji sebenarnya adalah obat umum untuk diare. Hal ini akan menyebabkan lebih sedikit feses encer, mengurangi nyeri perut sehingga memungkinkan pemulihan lebih cepat. 
Efek antibakteri dari buah jambu biji membantu dalam pembersihan saluran pencernaan, menghambat pertumbuhan mikroba dan bakteri. Sementara serat meningkatkan ekskresi dan pencernaan yang tepat. Sebagai pencegahan sobat harus mengunyah daun jambu biji setiap hari.

4. Mengontrol Diabetes

Untuk waktu yang lama jambu biji sendiri telah digunakan sebagai pengobatan diabetes dalam pengobatan Cina. Studi yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa efek hipoglikemik jus jambu biji bermanfaat dalam pengobatan diabetes mellitus. 
Kaya serat dan indeks glikemik rendah, jambu biji adalah hal yang sangat berguna untuk mengontrol diabetes. Serat mengatur tingkat gula sementara indeks glikemik rendah melindungi dari lonjakan tiba-tiba pada kadar gula.

Terlebih lagi jika sobat berisiko terkena diabetes, maka sobat dapat mencoba meminum nya sebagai pencegahan setiap hari. 

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah yang kaya dengan vitamin C, jambu biji dapat sangat meningkatkan kekebalan tubuh sobat dan melindungi dari radang dan infeksi. Selain itu, aksi anti-inflamasi jambu biji dan kemampuannya untuk menghambat molekul inflamasi seperti prostaglandin membantu menjaga tubuh bebas dari penyakit.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Quercetin, likopen, dan vitamin C adalah alasan mengapa jambu biji bermanfaat dalam pengobatan kanker dan pencegahan kanker. Komponen ini menetralisir radikal bebas yang merusak tubuh, yang dapat menyebabkan kanker. 
Sebuah studi yang dicetak 2010 di Nutrition and Cancer Journal; Peneliti mengklaim bahwa ekstrak jambu biji dapat mengurangi ukuran tumor prostat. 

Asupan ekstrak jambu biji secara teratur dapat mengurangi munculnya kanker prostat pada pria. Asupan jambu biji secara teratur juga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, perut, mulut, paru-paru, kanker usus besar, dan lainnya.

7. Meningkatkan Penglihatan

Vitamin A digunakan sebagai vitamin esensial untuk penglihatan yang baik, jambu biji sendiri diperlukan karena tingginya tingkat vitamin A yang dikandungnya. Vitamin A memelihara kornea yang sehat dan jernih serta melindungi sel-sel di mata. 
Kekurangan vitamin A menyebabkan masalah umum yang dikenal sebagai rabun senja. 

Selain itu, vitamin C dalam jambu biji meningkatkan kapiler yang sehat dan mempertahankan berfungsinya sel-sel retina. Asupan buah ini secara teratur akan membantu meningkatkan penglihatan. 

Ini juga dapat membantu memperlambat perkembangan katarak dan degenerasi makula, dua masalah penglihatan umum yang terjadi seiring bertambahnya usia. Sertakan jambu biji mentah atau jus jambu biji dalam makanan sobat untuk memiliki penglihatan yang baik selama bertahun-tahun.

8. Menyehatkan Otak Dan Fungsi Mental 

Jambu biji merangsang fungsi kognitif dan mempertajam fokus kita. Menjadikan kaya akan vitamin C dan antioksidan kuat lainnya, buah ini membantu menyehatkan otak dan fungsi mental. Selain itu, vitamin B3 dan B6 dalam jambu biji meningkatkan sirkulasi darah ke otak. 
Kalium dalam jambu biji juga membantu menjaga konduktivitas listrik otak, yang terpenting yaitu untuk meningkatkan daya pikir serta daya ingat. Untuk memberikan kekuatan otak, jangan lupa untuk memasukkan buah tropis ini ke dalam makanan sobat.

9. Menjaga Kulit Sehat

Jambu biji, terutama jambu biji merah, mengandung sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan ini membantu menetralkan radikal bebas yang dapat merusak tubuh di tingkat sel. Hal ini dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kulit kendor, kekeringan dan kulit kusam. 
Vitamin C dalam jambu biji meningkatkan produksi kolagen dan elastin, protein struktural yang membantu menjaga kulit jadi kencang dan elastis. 

Selain itu, sifat astringen pada jambu biji mentah dan daun jambu biji meningkatkan tekstur kulit, melindunginya dari sinar ultraviolet matahari dan mencegah munculnya jerawat. 

Konsumsi jambu biji setiap hari dapat meningkatkan kesehatan kulit. Sobat juga dapat membilas kulit dengan ramuan yang terbuat dari buah dan daun yang belum matang.

10. Mengatur Kesehatan Tiroid

Jambu biji adalah sumber tembaga yang baik, yang penting bagi kesehatan tiroid, salah satu kelenjar terpenting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ. Tembaga membantu mengontrol produksi dan penyerapan hormon, yang secara tidak sengaja mengatur fungsi tiroid.  
Jambu biji juga mengandung kalium dan sifat antiinflamasi yang kuat yang dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid. Selain itu, buah ini juga mendukung penurunan berat badan dan mengurangi kelelahan. Sebagai pencegahan untuk masalah terkait tiroid, sobat dapat mulai mengkonsumsi buah jambu biji atau minum teh daun jambu biji.

Kesimpulan

Buah jambu biji memiliki beragam manfaat, yang pastinya sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Mendapatkan buah ini juga tidaklah sulit, apalagi di negara-negara tropis khususnya Asia Tenggara seperti Indonesia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here