PHP

Hypertext Prepocessor Merupakan kepanjangan dari PHP, dan sebelumnya dikenal dengan nama Personal Page Home yang dikhusus kan untuk membuat halaman website pribadi. Rasmus Lerdof adalah serorang yang pertama kalinya membuat PHP pada tahun 1995. Beberapa Tahun kemudian PHP dikembangkan dan berubah menjadi bahasa pemograman web yang powerful atau overpower. Bahasa pemrograman PHP ini menggunakan sistem server-side. Server-side programming ini adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang nantinya script atau program yang dibuat akan dijalankan atau diproses oleh server.

Para Pengguna PHP lebih baik menggunakan versi yang terbaru. Sehingga ketika ada PHP terbaru rilis kamu harus bisa menyesuaikan sistem dengan versi PHP tersebut atau PHP yang paling baru. PHP mempermudahkan kamu untuk mengembangkan aplikasi berbasis web yang cukup komplek, cepat dan bisa diandalkan. Tergantung juga pada spesifikasi bisnis, penggunaan hosting, dan tingkat pengalaman pembuata serta kebutuhan aplikasi.

Setelah adanya PHP pembuatan website bisa berkembang atau dikembangan dan diatur menjadi website yang lebih baik dan dinamis. Dimana website dapat menyesuaikan tampilan atau berubah sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna serta dapat melakukan hal seperti input dan output dengan database.

PHP dapat dijalankan pada web server apache dan untuk bisa menjalankannya dibutuhkan suatu aplikasi yaitu XAMPP. Aplikasi ini berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri dan sering dipanggil dengan localhost, yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL Database, serta ada penerjemah bahasa yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X yaitu dapat dijalankan dibanyak system operasi, Apache, MySQL, PHP, dan Perl. Program ini ada atau tersedia dalam GNU General Public License dan Bebas. XAMPP merupakan Aplikasi web server yang mudah digunakan dan dapat memberikan layanan tampilan halaman web yang dinamis serta simple. Berikut ini adalah penjelasan dari XAMPP :

1.      X : dapat dijalankan dibanyak system operasi seperti halnya Linux, Windows, Mac OS dan Solaris.

2.      A : Apache yaitu aplikasi web server yang memiliki tugas utama untuk menghasilkan atau menampilkan halaman web yang benar kepada user/pengguna berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web.

3.      M : MySQL yaitu aplikasi database server dan sering disebut dengan SQL(Structured Query Language). SQL merupakan bahasa terstruktur yang berguna atau digunakan untuk mengolah database.

4.      P : PHP yaitu Bahasa pemrograman web.

5.      P : Perl yaitu bahasa pemrograman untuk segala keperluan, Larry Wall adalah orang yang pertama kali mengembamkanya di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 serta ditandai dengan munculnya atau keluarnya Perl 1.

Selain itu PHP sendiri juga ditemani dengan yang namanya CSS. CSS yaitu Cascading Style Sheet yang biasanya digunakan untuk mengatur tampilan halaman web atau elemen yang tertulis dalam bahasa markup, seperti HTML CSS memilki fungsi untuk memisahkan konten dari tampilan visualnya di situs atau halaman website. Pada tahun 1996 CSS dibuat dan dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium). HTML(Hypertext Markup Language) dulunya tidak dilengkapi dengan tags yang berfungsi untuk memformat halaman. Sekarang anda hanya perlu menulis markup pada text editor untuk situs yang anda buat.

HTML dan CSS memiliki ikatan yang begitu erat, kenapa?? Karena HTML adalah bahasa markup atau bisa disebut dengan fondasi situs dan CSS yang memperbaiki style (untuk semua aspek yang terkait atau terikat dengan tampilan website), maka kedua bahasa pemrograman ini memang harus berjalan beriringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *