Daun Kelor (Moringa Oleifera), yang biasa disebut ‘pohon stik drum’, dan ‘pohon lobak’ merupakan tanaman asli India, tetapi saat ini telah ditanam hampir di seluruh dunia. Daun kelor memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, tak sebanyak seperti tanaman lainnya.
Tanaman kelor mulai mendapatkan popularitas lebih sebagai “makanan super” baru karena manfaatnya yang bergizi tinggi dan sifat antiinflamasi, antioksidan, dan pelindung jaringan yang kuat di antara banyak manfaat kesehatan lainnya.

Yang mana tanaman ini juga bermanfaat untuk mengobati dan mencegah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, anemia, radang sendi, penyakit hati, gangguan pernapasan, kulit, dan pencernaan.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan dan cara penggunaannya

Daun kelor dikenal sebagai sumber nutrisi dan penambah energi alami. Hal Ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan merupakan bantuan susah tidur. Efek detoksifikasi mungkin berasal dari kemampuan daun kelor untuk memurnikan air.

Moringa bertindak sebagai koagulan yang menempel pada bahan dan bakteri berbahaya. Dipercayai bahwa proses ini juga terjadi di dalam tubuh.

Daun Moringa Oleifera adalah multi-vitamin alami yang menyediakan 7 x vitamin C jeruk, 4 x kalsium susu, 4 x vitamin A wortel, 3 x kalium pisang, dan 2 x protein yogurt.

Di atas semua itu, ilmu pengetahuan membuktikan kelor menjadi di umpamakan sebagai rumah kaya nutrisi selama ini tidak ada reaksi yang buruk tentang penggunaan daun kelor.


Kualitas obat daun kelor

Jus dari daun kelor diyakini memiliki efek menstabilkan tekanan darah dan digunakan untuk mengobati kecemasan. Dipercaya mengendalikan kadar glukosa pada kasus diabetes.
  • Dicampur dengan madu dan diikuti dengan minum santan 2 atau 3 kali sehari, daunnya digunakan sebagai obat diare, disentri, dan radang usus besar.
  • Jus daun kelor bisa juga di tambahkan dengan jus wortel, digunakan sebagai diuretik. Makan daun kelor dianjurkan dalam kasus gonore karena tindakan diuretik.
  • Daun dan kuncup kelor digosokkan pada pelipis untuk sakit kepala.
  • Tapal dibuat dari daun segar dan diaplikasikan untuk mengurangi pembengkakan kelenjar.
  • Jus daun kelor digunakan sebagai antiseptik kulit.
  • Daun kelor digunakan untuk mengobati demam, bronkitis, infeksi mata dan telinga, penyakit kudis, dan catarrh (radang selaput lendir).
  • Daun kelor dianggap antelmintik (mampu membunuh cacing usus).
  • Daun kelor digunakan sebagai obat pencahar (sembelit atau konstipasi)M.
  • Makadaun kelor diyakini meningkatkan produksi susu wanita dan kadang-kadang diresepkan untuk anemia.


Protein yang terkandung

Manfaat daun kelor untuk kesehatan dan cara penggunaannya

Moringa dianggap memiliki rasio protein tertinggi dari setiap tanaman yang diidentifikasi sejauh ini, dengan protein di Moringa memiliki kualitas protein yang sebanding dengan kedelai.

Ilmuwan makanan pernah percaya bahwa hanya kedelai yang memiliki protein yang sebanding dengan daging, susu, dan telur. Sekarang mereka telah menambahkan daun kelor ke daftar yang sangat singkat itu.

Beberapa bahkan menganggap protein kelor lebih baik daripada protein kedelai karena tidak alergi jika di konsumsi. Protein dicerna menjadi unit yang lebih kecil yang dikenal sebagai asam amino.

Kelor mengandung 18 dari 20 asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia termasuk kedelapan asam amino esensial yang ditemukan dalam daging (daging adalah barang mewah yang kebanyakan orang di seluruh dunia tidak mampu membelinya).

Tubuh tidak dapat memproduksi delapan asam amino esensial itu dan harus mendapatkannya melalui makanan yang kita makan. Kelor adalah salah satu dari sedikit tanaman yang mengandung delapan asam amino esensial tersebut.


Lebih mengesankan dari pada minyak zaitun

Oleifera adalah istilah Latin yang berarti mengandung minyak. Minyak kelor, yang dikenal sebagai minyak ben (karena tingginya konsentrasi asam behenic yang terkandung dalam minyak) diekstraksi dari biji.

Biji kelor Oleifera mengandung minyak 35-40% dan dapat menghasilkan lebih banyak minyak per hektar daripada bunga matahari atau kacang tanah.

Minyak ini memiliki manfaat yang lebih mengesankan daripada minyak zaitun. Hal ini digunakan dalam memasak dan kosmetik dan karena itu tidak akan merusak dan membuat tengik, itu juga digunakan sebagai bahan pengawet dan pelumas mesin, bahkan digunakan sebagai pelumas pada arloji halus.

Apa yang tersisa setelah minyak diekstraksi dari biji disebut seed cake, yang digunakan sebagai pakan untuk meningkatkan produksi susu sapi.


9 Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Daun kelor digunakan sebagai obat tradisional untuk banyak penyakit, dan berikut 9 manfaat kesehatan yang didukung secara ilmiah dari mengkonsumsi daun kelor :


1. Tanaman yang penuh nutrisi

Kelor merupakan sumber yang kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino. Ini mengandung sejumlah besar vitamin A, C, dan E, kalsium, kalium, dan protein.


2. Dapat melawan radikal bebas

Antioksidan melawan radikal bebas, molekul yang menyebabkan stres oksidatif, kerusakan sel, dan peradangan.
Kelor mengandung antioksidan yang disebut flavonoid, polifenol, dan asam askorbat dalam daun, bunga, dan biji.
Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak daun memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi, kapasitas pemulungan radikal bebas, dan penghambatan lipid, protein, dan oksidasi DNA yang lebih tinggi daripada bunga dan biji.
Yang berarti mencegah kerusakan dan degradasi yang disebabkan oleh radikal bebas dalam sel-sel organ yang berbeda dalam tubuh, menjaga tetap sehat dan berfungsi dengan baik.


3. Melawan peradangan

Peradangan dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, masalah pernapasan, penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan obesitas. Kelor mengurangi peradangan dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh, dan konsentrat daun kelor dapat secara signifikan menurunkan peradangan dalam sel.


4. Membantu mengurangi beberapa gejala diabetes

Serbuk daun kelor telah efektif dalam mengurangi kadar lipid dan glukosa dan mengatur stres oksidatif pada pasien diabetes, yang berarti itu menurunkan gula darah dan kolesterol dan meningkatkan perlindungan terhadap kerusakan sel.


5. Melindungi sistem kardiovaskular

Serbuk daun kelor memiliki manfaat jantung yang sehat, terutama dalam kontrol lipid darah, pencegahan pembentukan plak di arteri, dan penurunan kadar kolesterol .


6. Mendukung kesehatan otak

Kelor mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif karena aktivitas antioksidan dan neuro-enhancer. Dan juga telah diuji sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer dengan hasil awal yang menguntungkan .
Kandungan vitamin E dan C yang tinggi melawan oksidasi yang mengarah pada degenerasi neuron, meningkatkan fungsi otak.

Ini juga dapat menormalkan neurotransmitter serotonin, dopamin, dan noradrenalin di otak, yang memainkan peran kunci dalam memori, suasana hati, fungsi organ, respons terhadap stimulus seperti stres dan kesenangan, dan kesehatan mental , misalnya dalam depresi dan psikosis.

Baca juga MIMISAN : Penyebab mimisan dan cara mengobati mimisan


7. Melindungi hati

Kelor mengandung polifenol konsentrasi tinggi dalam daun dan bunganya yang melindungi hati terhadap oksidasi, toksisitas, dan kerusakan.
Kelor dapat mengurangi kerusakan hati dan fibrosis dan membalikkan oksidasi di hati. Minyak kelor juga dapat mengembalikan enzim hati ke tingkat normal , mengurangi stres oksidatif, dan meningkatkan kandungan protein di hati.
Hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi darah, produksi empedu, metabolisme fruktosa, metabolisme lemak, dan pemrosesan nutrisi, dan hanya dapat memenuhi fungsi-fungsi ini dengan bantuan enzim hati, jadi sangat penting tetap pada level normal. Misalnya, kadar enzim hati yang lebih rendah dapat mengganggu kemampuan untuk menyaring darah.


8. Mengandung sifat antimikroba dan antibakteri

Kelor memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang melawan infeksi. Sudah efektif terhadap jenis jamur yang menyebabkan infeksi pada kulit dan strain bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi saluran kemih dan darah serta masalah pencernaan.


9. Meningkatkan penyembuhan luka

Kelor memiliki sifat pembekuan darah pada daun, akar, dan bijinya yang menguntungkan penyembuhan luka dan dapat mengurangi waktu pembekuan , yang berarti mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk goresan atau luka untuk menghentikan pendarahan.


Cara penggunaan

Sobat dapat menambahkan Ergogenics Organic Whole Greens yang mengandung Moringa ke smoothie atau sobat bisa meminumnya sebagai teh. Bubuk daun dianggap aman dalam penelitian pada manusia, bahkan dalam dosis yang lebih besar dari biasanya.

Bubuk ini memiliki rasa yang ringan, sehingga membuat teh Moringa ringan dengan rasa yang agak bersahaja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here