Maag adalah luka yang berkembang di lapisan perut atau duodenum, yang merupakan bagian pertama dari usus kecil. Maag juga dikenal sebagai tukak lambung  atau tukak duodenum.
Tukak lambung timbul ketika asam lambung mengiritasi lapisan lambung.

Cara meredakan dan mengobati maag

Diagnosis dan perawatan yang relatif mudah tidak berarti sobat harus menyepelekan atau membiarkan perut yang sakit atau juga gejala persisten lainnya. Ketika maag tidak diobati, maka bisa menjadi masalah kesehatan yang serius bahkan sangat serius.

Beberapa orang percaya bahwa stress dan dengan memakan makanan pedas dapat menyebabkan maag, Yups betul dan bahkan dapat memperburuk dengan meningkatnya produksi asam lambung.
Jika seseorang sedang merasakan maag, seseorang itu mungkin merasakan sensasi terbakar di perutnya.
Waktu terasa sensasi terbakar ini biasanya :
  • Berlangsung beberapa menit atau beberapa jam
  • Mereda setelah mengambil antasida atau menghentikan asupan makanan
  • Dimulai di tengah malam atau saat makan
  • Kadang terasa dan kadang juga tidak terasa selama beberapa minggu


10 cara meredakan dan mengobati maag

Sobat dapat meredakan gejala-gejala ini menggunakan pengobatan rumahan seperti berikut:

1. Jahe

Banyak orang berpikir bahwa jahe memiliki efek gastroprotektif. Beberapa orang menggunakannya untuk mengobati kondisi perut dan pencernaan, seperti sembelit , kembung, dan gastritis.
Sebuah tinjauan dari tahun 2013 menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengatasi tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri H. pylori . Makan jahe juga dapat mencegah bisul yang disebabkan oleh NSAID.
Namun, kebanyakan dari hasil ini berasal dari penelitian pada hewan, jadi tidak jelas apakah efeknya akan serupa pada manusia atau tidak.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah minyak nabati populer yang ditemukan di banyak lotion topikal, kosmetik, dan makanan.
Beberapa penelitian yang mengamati bagaimana lidah buaya memengaruhi tukak lambung menghasilkan hasil yang baik.
Sebagai contoh, satu penelitian pada tahun 2011 pada tikus melaporkan bahwa lidah buaya mengobati maag dengan cara yang mirip dengan obat anti-maag populer lainnya.
Akan tetapi, para peneliti ini hanya meneliti hewan, bukan manusia. Jadi, para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk melihat efek lidah buaya pada manusia.

3. Madu

Siapa sih yang tidak tahu dengan madu?, Madu adalah pemanis alami yang sangat populer, tidak hanya di Indonesia saja Mel juga di seluruh dunia. Orang yang mengkonsumsi madu secara teratur dapat menikmati berbagai manfaat kesehatan, bisa di katakan bahwa madu memiliki seribu satu manfaat.
Sebuah ulasan pada tahun 2016 menyatakan bahwa madu Manuka memiliki efek antimikroba terhadap H. pylori . Ini menunjukkan bahwa madu dapat bermanfaat untuk mengobati sakit maag.
Tidak hanya itu, faktanya kebanyakan orang juga menggunakan madu untuk mempercepat penyembuhan luka, termasuk borok kulit, luka bakar, dan berbagai penyembuhan lainnya.

4. Buah Berwarna-Warni

Banyak buah mengandung senyawa yang disebut flavonoid, yang merupakan polifenol. Flavonoid berkontribusi pada kekayaan warna beberapa buah.
Menurut ulasan pada tahun 2011 , polifenol dapat membantu mengatasi tukak lambung. Polifenol juga dapat membantu berbagai masalah pencernaan lainnya, termasuk kejang dan diare .
Flavonoid melindungi lapisan perut dari pengembangan bisul. Flavonoid melakukan ini dengan meningkatkan lendir lambung, yang menghambat pertumbuhan H. pylori . Flavonoid juga memiliki sifat antioksidan .
Flavonoid hadir dalam buah-buahan seperti:
  • Apel
  • Bluberi
  • Ceri
  • Lemon 
  • Jeruk

5. Kunyit

Kunyit adalah rempah kuning populer yang sering kita temui, rempah-rempah ini sudah sangat populer dan sampai sekarang masih banyak yang masih menggunakanya entah itu sebagai bahan campuran masakan maupun juga sebagai obat. Di Asia tenggara masih sangat banyak kunyit bisa di temukan dengan mudah. Layaknya cabai, kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin. Para peneliti mulai mempelajari curcumin sehubungan dengan manfaat kesehatannya.
Sebuah tinjauan pada tahun 2013 menyimpulkan bahwa curcumin memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah tukak lambung.
Namun, perlu ada penelitian lebih lanjut untuk memeriksa seberapa efektif kunyit dalam mengobati maag. Meski begitu, hasil awal tampaknya positif. Para ilmuwan berharap kunyit dapat membantu meringankan gejala maag dan mengobati luka.

6. Pisang Raja

Pisang memiliki jenis yang bermacam-macam salah satunya adalah pisang raja. Penelitian pada tahun 2011 menunjukkan bahwa pisang raja yang tidak matang dapat memiliki efek positif pada tukak lambung.
Pisang raja mentah mengandung flavonoid yang disebut leucocyanidin. Leucocyanidin meningkatkan jumlah lendir di lambung. Buah ini juga dapat mengurangi keasaman, yang dapat membantu mencegah dan sekaligus meredakan gejala maag.

7. Bawang Putih

Bawang putih populer di banyak bagian dunia karena menambah rasa pada makanan tak terkecuali di Indonesia. Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antibakteri, yang membuatnya membantu dalam memerangi infeksi.
Beberapa penelitian mendukung efektivitas bawang putih dalam mengobati maag. Sebagai contoh, sebuah studi pada tahun 2016 pada hewan menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mencegah penyakit maag dan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.
Menurut review pada tahun 2015 , bawang putih juga dapat membantu mencegah pertumbuhan H. pylori .
Satu studi skala kecil dari tahun 2015 menunjukkan bahwa makan dua siung bawang putih dengan makanan, dua kali sehari, dapat memiliki efek anti-bakteri terhadap H. pylori .
Namun, tidak semua penelitian sepakat bahwa bawang putih mempengaruhi H.pylori atau mencegah maag. Para ilmuwan masih perlu melakukan lebih banyak penelitian lagi.

8. Chamomile

Beberapa orang menggunakan bunga chamomile dan teh chamomile untuk mengobati maag ringan, kejang usus, dan peradangan .
Sebuah studi review yang diterbitkan pada tahun 2012 melaporkan bahwa ekstrak chamomile juga mungkin memiliki sifat anti-ulkus. Beberapa peneliti berpikir itu dapat menghambat radang lambung dan mengurangi waktu penyembuhan mereka.
Namun, sebenarnya kebanyak dari penelitian ini berasal dari penelitian pada hewan. Para peneliti tidak tahu apakah chamomile akan memiliki efek yang sama pada manusia atau tidak.

9. Licorice

Licorice adalah rempah-rempah populer yang berasal dari wilayah Mediterania dan Asia. Beberapa orang telah menggunakan licorice dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun lamanya. Beberapa orang percaya bahwa makan akar licorice kering dapat membantu menyembuhkan dan mencegah maag.
Namun, penelitian cenderung berfokus pada penggunaan suplemen, bukan akar licorice kering. Jadi, orang yang tertarik menggunakan rempah-rempah ini untuk pengobatan maag mungkin ingin mencobanya sebagai suplemen.
Satu studi pada tahun 2013 menemukan bahwa mengambil suplemen licorice dapat membantu melawan infeksi H. pylori . Studi menunjukkan bahwa suplemen membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

10. Probiotik

Yogurt mengandung probiotik yang membantu mengembalikan keseimbangan bakteri di saluran pencernaan.
Probiotik adalah organisme hidup yang membantu mengembalikan keseimbangan bakteri di saluran pencernaan. Selain membantu mencapai kesehatan usus yang optimal, hal ini dapat membantu mengobati maag.
Menurut review pada tahun 2014 , probiotik tidak dapat membunuh bakteri H. pylori . Namun, probiotik dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada, mempercepat proses penyembuhan, dan memperbaiki beberapa gejala.
Ketika dikonsumsi bersamaan dengan perawatan lain, probiotik dapat membantu membasmi bakteri berbahaya.
Sobat dapat menemukan probiotik pada sumber-sumber berikut ini :
  • Yogurt
  • Makanan fermentasi
  • Suplemen probiotik

Beberapa makanan mengandung probiotik di dalamnya. Tetapi, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen karena hal ini memiliki konsentrasi probiotik yang lebih tinggi per porsinya.


Perawatan medis

Dokter mungkin menyarankan sobat untuk berhenti minum obat tertentu yang dapat menyebabkan maag.
Perawatan medis untuk tukak lambung akan bervariasi berdasarkan pada apa yang menyebabkan maag.
Jika mengkonsumsi NSAID menyebabkan maag, dokter kemungkinan akan menyarankan orang tersebut untuk menghentikan atau mengurangi penggunaan obat-obatan tersebut. Seseorang dapat beralih ke obat yang lain untuk menghilangkan rasa sakit.
Seorang dokter mungkin meresepkan inhibitor pompa proton (PPI) untuk mengurangi asam lambung dan melindungi lapisan lambung. Hal ini tidak dapat membunuh bakteri, tetapi dapat membantu melawan infeksi H. pylori . Beberapa contoh termasuk Nexium , Prilosec, dan Prevacid.
Dokter juga dapat meresepkan penghambat reseptor histamin. Ini mencegah perut menghasilkan terlalu banyak asam. Beberapa contoh termasuk Zantac dan Pepcid.
Juga, dokter dapat meresepkan pelindung yang disebut sucralfate (Carafate). Ini membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada area di sekitar ulkus.
Ketika infeksi H. pylori menyebabkan ulkus, dokter juga dapat meresepkan antibiotik . Karena H. pylori bisa sulit untuk di basmi, seseorang harus mengambil semua dosis persis seperti yang ditentukan bahkan setelah gejala sudah hilang.
Seringkali, seorang dokter akan menggabungkan beberapa obat dan terapi ketika mengobati sakit maag. Terapi kombinasi membantu mengatasi rasa sakit, mencegah kerusakan lebih lanjut, dan menyembuhkan infeksi apa pun.


Kesimpulan

Sobat mungkin dapat menemukan bantuan dengan beberapa solusi rumahan. Tetapi, sobat juga harus menemui dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan menerima perawatan medis lebih lanjut.

Dokter pun dapat membuat rencana perawatan untuk membantu mengobati sakit maag. Jika di tangani dengan baik dan benar maka hal ini dapat membantu mencegah timbulnya maag di masa yang akan datang dan secara alami membantu meredakan gejala yang timbul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here