Home Uncategorized Penyebab sariawan, Pencegahan sariawan dan cara mengobati sariawan

Penyebab sariawan, Pencegahan sariawan dan cara mengobati sariawan

Sariawan, semua orang pasti pernah merasakan penyakit ini. Hal ini sangat menggangu kenyamanan sobat karena penyakit ini sobat akan sulit berbicara, maupun menggerakkan mulut, atau bahkan sampai sulit memasukkan makanan ke dalam mulut di karenakan rasa sakit yang timbul jika bersentuhan.
Daftar isi

Sariawan di sebabkan oleh infeksi jamur di mulut, dan ini paling umum terjadi pada bayi baru lahir dan balita, namun tidak terkecuali pula bagi orang dewasa. Kebanyakan sariawan hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu. Berikut ini beberapa pengobatan rumahan yang bisa sobat coba untuk mengobati sariawan.

Penyebab sariawan, Pencegahan sariawan dan cara mengobati sariawan


Obat alami untuk sariawan di mulut

1. Mencegah infeksi

Sariawan terinfeksi oleh jamur candida (atau dikenal sebagai ragi) yang menyebabkan bercak putih di mulut sehingga terasa menyakitkan. Ini juga bisa menjadi sumber bau busuk pada mulut. Kita tahu bahwa sariawan berkembang dengan peningkatan gula di mulut atau pH yang berubah.
Kedua faktor ini mempengaruhi beban bakteri di mulut, mendorong atau menghambat pertumbuhan ragi. Infeksi paling sering terjadi pada bayi, atau pada anak-anak atau bahkan orang dewasa yang menggunakan antibiotik dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

2. Probiotik Atau Yogurt

Bakteri bermanfaat dalam probiotik dan yogurt dapat membantu menyembuhkan sariawan di mulut. Probiotik atau yogurt dengan kultur aktif dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik di mulut.

3. Kebersihan Mulut Yang Baik

Saat sobat menyikat gigi, pastikan tidak hanya membersihkan gigi tetapi juga lidah. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan bersamaan dengan membilas mulut sobat secara menyeluruh dengan obat kumur antiseptik sehingga dapat membantu sobat melawan sariawan di mulut.

4. Air Garam

Garam sangat penting untuk bahan campuran memasak, tetapi tahukah sobat kalau garam juga memiliki fungsi yang lebih lagi dan bukan hanya bahan masakan yang ada di dapur sobat saja. 
Salah satu cara penggunaannya yang sering direkomendasikan oleh dokter yaitu : 
Kumur-kumur mulut dengan air garam untuk membantu meringankan gejala infeksi ragi dan membersihkan sariawan di mulut.

5. Ubahlah Pola Makan

Ragi menyerap gula, jadi beberapa dokter menyarankan untuk mengurangi jumlah gula dalam diet sobat jika menderita sariawan, atau jika sobat menyusui bayi dan sobat sedang terkena sariawan. Karena pengurangan gula dalam tubuh sangat membantu penyembuhan sariawan sobat. Dan sudah tidak asing lagi jika gula bukan hanya memperburuk sariawan tetapi juga berisiko diabetes dan penyakit lainnya. (Boleh di makan, tetapi jangan berlebihan ya sob!)

6. Bubuk Soda Kue

Beberapa penyembuh alami menyarankan untuk mengusap bagian dalam mulut dengan larutan dua sendok makan soda kue dan satu cangkir air, untuk membantu membuat mulut tidak terkena dan bisa terjauh dari ragi. Hal ini sebagian besar merupakan pengobatan untuk orang dewasa saja, karena kekhawatiran tentang mengubah keseimbangan elektrolit bayi, dan kemungkinan aspirasi solusinya di sarankan untuk menghindari obat ini untuk bayi.

7. Minyak Kelapa

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2007 dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu membunuh setidaknya beberapa jenis bakteri, jadi menyeka mulut dengan minyak kelapa berpotensi dapat membantu melawan sariawan dan juga menjauhkan penyakit sariawan dari mulut sobat.

Baca juga Penyebab sakit gigi dan cara mengobati sakit gigi

8. Minyak Pohon Teh

Manfaat antiseptik minyak pohon teh (juga dikenal sebagai minyak melaleuca) telah banyak penyembuh alami yang menyarankan untuk membilas mulut dengan beberapa tetes minyak pohon teh yang dilarutkan dalam air.

9. Gunakan Teknik Pembersihan Yang Lebih Efektif

Untuk bayi, pastikan bahwa apa pun yang mereka masukkan ke mulut mereka (dari sendok dan dot hingga payudara ibu) haruslah sangat bersih sehingga dapat membantu mengurangi infeksi ulang dan kekambuhan. Bersihkan baik itu puting botol dan dot bayi yang mana dapat membantu mengurangi jumlah ragi secara efektif.

10. Obat Anti Jamur

Meskipun pengobatan rumahan dapat membantu, namun dalam beberapa kasus sobat harus mengunjungi atau mengkonsultasikan kepada dokter untuk menjalani pengobatan anti-jamur untuk membersihkan sariawan di mulut. Seringkali obat anti-ragi dan anti-jamur, seperti nystatin , diperlukan jika bercak putih nya besar, Nystatin bekerja langsung yang terhubung dengan ragi, jadi pastikan untuk menerapkannya langsung ke bintik-bintik putih sesuai yang di sarankan oleh dokter sobat. Jika sobat menyusui sedangkan bayi sobat memiliki sariawan di mulut, maka dokter dapat meresepkan krim antijamur untuk diterapkan pada payudara sobat sehingga dapat mengurangi kemungkinan kekambuhan.


Gejala sariawan

Sebagian besar sariawan berbentuk bulat atau oval dengan pusat putih atau kuning. Sariawan terbentuk di dalam mulut yang biasanya ada di atas atau di bawah lidah, di dalam pipi atau bibir, di dasar gusi, atau di langit-langit mulut. Sobat mungkin merasakan sensasi kesemutan atau terbakar sehari atau dua hari sebelum luka benar-benar muncul.


Penyebab sariawan

Penyebab pasti sariawan masih belum jelas, meskipun para peneliti mencurigai bahwa kombinasi faktor berkontribusi terhadap wabah, bahkan pada orang yang sama.
Pemicu terkena sariawan meliputi :
  • Cidera kecil pada mulut sobat karena , menyikat gigi terlalu tergesa-gesa atau mungkin terlalu kuat.
  • Memakan makanan yang dapat memicu sariawan terutama terhadap cokelat, kopi, stroberi, telur, kacang-kacangan, keju, dan makanan pedas atau asam
  • Diet yang kekurangan vitamin B-12, seng, folat (asam folat) atau zat besi
  • Respons alergi terhadap bakteri tertentu di mulut
  • Helicobacter pylori, bakteri yang sama yang menyebabkan tukak lambung
  • Pergeseran hormon selama menstruasi
  • Stres emosional

Baca juga Penyebab sakit pinggang dan cara mengobati sakit pinggang


Pencegahan sariawan

  • Perhatikan apa yang sobat makan. Usahakan untuk menghindari makanan yang sepertinya dapat mengiritasi mulut. Ini mungkin termasuk kacang, keripik, rempah-rempah tertentu, makanan asin dan buah-buahan asam, seperti nanas, jeruk bali dan lainnya. Hindari makanan apa pun yang membuat sobat sensitif atau alergi.
  • Pilih makanan sehat. Untuk membantu mencegah kekurangan gizi, makan banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.
  • Biasakan membersihkan kebersihan mulut dengan baik. Menyikat gigi secara teratur setelah makan dan membersihkan gigi sekali sehari dapat menjaga mulut tetap bersih dan bebas dari makanan yang bisa memicu sakit. Gunakan sikat lembut untuk membantu mencegah iritasi pada jaringan mulut yang lembut, dan hindari pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung natrium lauril sulfat.
  • Lindungi mulut. Jika sobat memiliki kawat gigi atau peralatan gigi lainnya, tanyakan kepada dokter gigi tentang wax ortodontik untuk menutupi ujung yang tajam.
  • Jangan sampai stress. Jika sariawan sobat tampaknya terkait dengan stres, pelajari dan gunakan teknik pengurangan stres, seperti meditasi atau segala hal yang dapat membantu sobat terhindar dari stress.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here