Sakit gigi tentu membuat sobat merasa tidak nyaman dan juga terganggu, terutama di malam hari. Sakit gigi di malam hari bisa membuat sobat sulit tidur dan merasa tersiksa akan sakit gigi ini.
Namun sobat jangan khawatir, karena jika ada penyakit pasti ada obat nya. Untuk itu pada artikel ini terdapat cara mengobati sakit gigi sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada mulut sobat.

Di dalam artikel ini, terdapat tentang delapan obat rumahan untuk menghilangkan sakit gigi seperti berikut ini.

cara mengobati sakit gigi


8 Cara mengobati sakit gigi

Sobat dapat mencoba metode berikut untuk menghilangkan rasa sakit, yaitu :

1. Gunakan air garam


Penggunaan air garam adalah obat rumah yang paling umum dilakukan untuk mengatasi sakit gigi.
Air garam adalah agen antibakteri alami, sehingga dapat mengurangi peradangan. Ini, pada gilirannya, membantu melindungi gigi yang rusak dari infeksi.
Membilas dengan air garam juga dapat membantu menghilangkan partikel makanan atau kotoran yang tersangkut di gigi atau gusi.

2. Cengkeh

Eugenol, yang merupakan salah satu senyawa utama dalam cengkeh , dapat mengurangi rasa sakit gigi. Hasil uji klinis tahun 2015 menunjukkan bahwa orang yang menggunakan eugenol pada gusi dan soketnya setelah gigi dicabut memiliki lebih sedikit rasa sakit dan peradangan selama penyembuhan.
Eugenol bertindak sebagai analgesik, yang berarti ia mematikan area. Jika menggunakan cengkeh untuk sakit gigi, rendam cengkeh dalam air untuk membuat pasta. Kemudian, oleskan pasta ke gigi, atau masukkan ke dalam kantong teh kosong dan letakkan di mulut.
Atau juga bisa mengunyah atau menghisap cengkeh tunggal dengan lembut dan kemudian membiarkannya di dekat gigi yang sakit, hal ini dapat membantu meredakan rasa sakit.
Ini bukan obat yang cocok untuk anak-anak, karena mereka mungkin menelan terlalu banyak cengkeh. Cengkeh tunggal bisa runcing dan menyakitkan jika seseorang menelannya.

3. Obat Nyeri Mulut


Obat nyeri mulut dapat membantu mengobati sakit gigi terutama di malam hari.
Meminum obat penghilang rasa sakit tanpa resep (OTC) seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil) adalah cara cepat dan sederhana bagi banyak orang untuk secara efektif mengurangi sakit gigi ringan hingga sedang.
Disarankan juga agar sobat selalu tetap dalam dosis yang disarankan sesuai yang tertera pada kemasan.
Jika sakit gigi nya parah, yang terbaik adalah menemui dokter gigi dan berbicara kepada mereka tentang penghilang rasa sakit yang lebih ampuh.

4. Kompres Bagian Yang Sakit


Menggunakan kompres dapat membantu meringankan sakit gigi.
Gunakan kantong es yang dibungkus handuk ke sisi wajah atau rahang yang dapat membantu menyempitkan pembuluh darah di daerah yang sakit tersebut, sehingga bisa mengurangi rasa sakit.
Menerapkan kompres dingin ke area tersebut selama 15-20 menit setiap beberapa jam di malam hari juga dapat membantu mencegah rasa sakit saat tidur.

5. Bawang Putih

Efek antibakteri bawang putih dapat membantu membunuh bakteri di mulut.
Bawang putih adalah bahan rumah tangga yang biasa digunakan beberapa orang untuk meredakan sakit gigi.
Allicin, yang merupakan senyawa utama dalam bawang putih, memiliki efek antibakteri yang kuat dan dapat membantu membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan gigi berlubang dan sakit gigi.
Cukup mengunyah satu siung bawang putih dan membiarkannya ada di dekat gigi dapat membantu meringankan rasa sakit. Namun rasa bawang putih mentah bisa terlalu kuat bagi sebagian orang sehingga tidak mau memakannya dan memilih alternatif lain, jadi ini mungkin bukan solusi yang tepat untuk semua orang.

6. Gunakan Hidrogen Peroksida


Periodontitis adalah infeksi gusi serius yang umumnya terjadi sebagai akibat dari kebersihan mulut yang buruk. Ini dapat menyebabkan masalah seperti rasa sakit, gusi berdarah, dan gigi yang lepas di rongganya.
Penulis studi 2016 menemukan bahwa membilas dengan obat kumur hidrogen peroksida membantu mengurangi plak dan gejala periodontitis.
Orang harus selalu mencairkan hidrogen peroksida tingkat makanan dengan air yang sama bagiannya. Aduk larutan di dalam mulut, tetapi jangan menelannya.
Obat ini tidak cocok untuk anak-anak, karena ada risiko mereka dapat menelan campuran tersebut secara tidak sengaja.

7. Obat Salep


Beberapa obat salep juga dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi. Gel dan salep yang mengandung bahan-bahan seperti benzocaine dapat membuat area tersebut mati rasa.
Namun, benzocaine tidak cocok untuk digunakan oleh anak kecil.

8. Teh Peppermin

Menghirup teh peppermint atau menghisap kantong teh peppermint juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit sementara dari sakit gigi.
Para peneliti mencatat bahwa peppermint mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan . Menthol, bahan aktif dalam peppermint, mungkin juga memiliki efek mati rasa ringan pada area sensitif.

Penyebab sakit gigi

Kerusakan gigi adalah penyebab paling umum dari sakit gigi. Kerusakan gigi dapat menyebabkan gigi berlubang jika seseorang tidak melakukan perawatan gigi. Rongga terjadi ketika asam dan bakteri menembus enamel dan menggerogoti jaringan halus di dalam gigi. Ini dapat mengekspos saraf, menyebabkan nyeri ringan hingga berat.

Infeksi sinus juga dapat menyebabkan sakit gigi pada beberapa orang. Gejala ini terjadi saat infeksi mengering dari kepala. Gejala seperti rasa sakit dan tekanan dari infeksi mungkin lebih menyakitkan di malam hari.
Penyebab potensial lainnya untuk sakit gigi termasuk:
  1. Abses gigi
  2. Trauma pada rahang
  3. Gigi bungsu atau gigi dewasa yang masuk
  4. Makanan tersangkut di gigi atau gusi
  5. Penyakit gusi
  6. Dan lainnya

Baca juga Cara menghilangkan bekas jerawat : Solusi rumahan, perawatan medis, dan jenis-jenis bekas jerawat



Mengapa sakit gigi lebih sakit jika di malam hari

Sakit gigi bisa terasa menyakitkan di siang hari, tetapi ini mungkin tampak lebih sakit jika di malam hari.
Salah satu alasan mengapa hal ini dapat terjadi adalah karena ketika seseorang berbaring, darah mengalir ke kepala. Darah ekstra di area ini dapat meningkatkan rasa sakit dan tekanan yang dirasakan orang-orang dari sakit gigi.
Alasan lain mengapa lebih terasa sakit jika di malam hari adalah karena ada sedikit gangguan. Dengan sedikit hal lain selain fokus pada sakit gigi, seseorang mungkin merasa sulit untuk tertidur.



Segeralah ke dokter gigi

Dokter gigi dapat merekomendasikan antibiotik jika ada tanda-tanda infeksi di dalam mulut.
Penyebab sakit gigi dan cara mengobati sakit gigiOrang yang sakit gigi harus mengunjungi dokter gigi sesegera mungkin. Karena pada dasarnya obat rumahan hanya untuk bantuan sementara saja.
Jika sakit gigi juga disertai dengan tanda-tanda infeksi lainnya, seseorang mungkin perlu antibiotik untuk membersihkan infeksi tersebut.
Ketika gigi yang retak atau membusuk menyebabkan rasa sakit, sobat harus mengunjungi dokter gigi dan mengkonsultasikannya. Mereka akan dapat menemukan solusi permanen dalam penyembuhan sakit gigi.
Mengabaikan tanda-tanda kerusakan gigi, seperti gigi yang sakit, dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, termasuk abses, penyakit gusi, dan bahkan bisa sampai kehilangan gigi.



Pendapat

Berurusan dengan sakit gigi adalah pengalaman yang menyakitkan. Meskipun banyak solusi rumahan dapat memberikan bantuan sementara, itu bukanlah solusi permanen.
Siapa pun yang mengalami sakit gigi lebih dari 1 atau 2 hari tanpa gejala infeksi sinus harus mengunjungi dokter gigi untuk diagnosis dan perawatan lengkap.
Mereka mungkin perlu membersihkan rongga atau mempertimbangkan opsi yang lebih serius, seperti saluran akar atau pencabutan gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here