Bisul adalah infeksi kulit bakteri yang terbentuk di folikel rambut dan kelenjar minyak. Bisul biasanya berkembang di daerah tubuh yang mengalami gesekan atau tekanan, seperti wajah, ketiak, bahu, dan lainnya
Bisul bermula sebagai benjolan merah yang menyakitkan, yang mana di dalam benjolan tersebut berisi sesuatu dan lama kelamaan akan semakin banyak isi di dalamnya. Kebanyakan saat bisul pecah, maka akan sembuh dalam 2 hari hingga 3 minggu lamanya. Bisul pada kelopak mata dikenal sebagai bintil.

Cara mengobati bisul

Bisulan akan sangat menggangu kenyamanan sobat saat beraktivitas, tentunya sobat merasa tersiksa dengan adanya bisul ini (apalagi tumbuhnya di pantat… susah kalau mau duduk hehe…) Kebanyakan bisul tidak menyebabkan jaringan parut kecuali dipaksa terbuka. Sebenarnya ada beberapa cara yang relatif sederhana untuk membantu mempercepat proses nya secara alami.
Kumpulan bisul dan bisul yang sangat besar memerlukan perhatian medis untuk mencegah risiko komplikasi serius, termasuk sepsis dan kematian. Hal ini sangat tidak di anjurkan untuk menanganinya sendiri di rumah.


Cara menghilangkan bisul

Cara paling aman dan termudah untuk menghilangkan bisul di rumah adalah dengan menggunakan kompres hangat untuk mempercepat proses drainase alami. Kehangatan meningkatkan tekanan di pori-pori yang terinfeksi yang kemudian perlahan-lahan menarik nanah dan darah ke permukaan kulit.
Dengan mengkompres pakai air hangat secara teratur, bisul akhirnya akan terbuka dan akan keluar nanah sepenuhnya.
Selama bisul yang bisa dikatakan ‘pecah’ tetap bersih, kering, dan terlindungi, bisul akan sembuh dalam beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada ukuran dan lokasi di mana bisul tersebut tumbuh.
Seseorang dapat mengobati bisul yang kecil dengan cara :
  • Rendam handuk (pastikan handuk tersebut bersih) di dalam air hangat.
  • Peras lah kain yang di gunakan untuk mengompres bisul.
  • Letakkan kompresan tadi di bagian yang ada bisulnya dengan rentang waktu selama 10 hingga 15 menit
  • Ulangi proses ini 3 hingga 4 kali sehari, atau sampai bisulnya benar-benar terbuka.

Setelah bisul terbuka, mintalah seseorang untuk dapat membantu menyembuhkan dan mencegah infeksi dengan cara :
  • Bilas luka dengan lembut menggunakan sabun antibakteri dan tutupi dengan perban atau kasa steril.
  • Cuci tangan secara menyeluruh dengan sabun antibakteri setelah seseorang tersebut menyentuh, menangani, atau mengganti balutan di atas bisul atau luka.
  • Gantilah balutan dan kain kasa 2 hingga 3 kali sehari.
  • Bersihkan area bisul dengan segera dan sesering mungkin, agar selalu tetap steril dan bersih.
  • Jangan menyentuh atau menggosok luka yang masih belum saat sembuh total.

Menggunakan obat antiinflamasi dan nyeri, seperti ibuprofen atau acetaminophen, dapat membantu mengurangi rasa sakit, bengkak, dan kemerahan yang terkait dengan bisul saat sembuh.
Biasanya, salep dan krim antibiotik tidak membantu dalam mengobati bisul, karena obat ini tidak menembus kulit atau pori-pori yang terinfeksi.
Jika bisul berkumpul-kumpul bersamaan atau berkembang menjadi kantong jauh di bawah kulit ( selulitis ), mereka dapat pecah dan bocor sehingga bisa terinfeksi ke dalam aliran darah.
Jika tidak diobati, infeksi aliran darah bakteri dapat menyebabkan kegagalan organ, sepsis, koma , sindrom syok toksik, dan yang lebih tidak di inginkan lagi yaitu kematian (jangan sampai ya…).
Untuk itu pahamilah terlebih dahulu apa itu selulitis?


Selulitis

Selulitis adalah kondisi yang berpotensi serius di mana infeksi mempengaruhi lapisan kulit yang lebih dalam.


Solusi alami mengobati bisul

Berikut beberapa solusi alami untuk mengobati bisul.
Menekan bawang putih segar dan mengoleskan ekstrak yang sudah di jadikan jus, hal ini dapat membantu menyembuhkannya.
Meskipun masih banyak yang belum mengetahuinya, beberapa pengobatan rumahan tambahan telah terbukti mendorong bisul mengeringkan atau meningkatkan waktu penyembuhan secara alami.
Menurut sebuah studi tahun 2014 , satu komunitas di India Utara menggunakan setidaknya 32 spesies tanaman individu untuk mengobati bisul.
Secara umum, proses pemulihan dapat dipercepat dengan menerapkan senyawa apa pun yang meningkatkan aliran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, atau memiliki sifat antibakteri, antivirus, atau antijamur.
Berikut ini adalah pengobatan rumahan alami yang terbukti untuk mengobati bisul :
  • Bawang mentah dapat dipotong dalam irisan tebal, dibungkus kain kasa dan diletakkan di atas bisul atau luka selama 1 jam sekali atau dua kali sehari.
  • Minyak pohon teh dapat dioleskan langsung ke bisul atau luka setiap kali mengganti perban atau kain kasa.
  • Kunyit dan jahe dapat dicampur untuk membuat pasta, atau direbus bersama di samping waslap bersih dalam air asin, dan oleskan ke bisulnya selama 5 hingga 10 menit setiap hari.

Ekstrak minyak jarak dapat diaplikasikan setiap kali mengganti kain kasa atau perban.

Baca juga Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Mudah dan Alami

Tips mencegah bisul

Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena bisul, tetapi tidak ada cara untuk mencegah risiko mengembangkannya sepenuhnya.
Tips untuk mencegah bisul meliputi :
  • Cuci kulit secara teratur dengan sabun ringan atau bila perlu pakailah antibakteri.
  • Gunakan kain bertekstur, sikat, sarung tangan, atau loofah untuk pengelupasan kulit seminggu sekali, terutama ketiak, selangkangan, wajah, dan bahu.
  • Tetap terhidrasi dan makan makanan bergizi untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Membersihkan dan menutupi kulit yang rusak dengan balutan steril, seperti perban atau kain kasa.
  • Mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun atau sabun antibakteri setelah menyentuh bisul atau seseorang yang memilikinya

Sobat harus mengkonsultasikan kepada dokter agar bisa mendapatkan perhatian medis untuk bisul yang besar atau yang sudah parah.


Kemungkinan komplikasi

Bisul dapat menyebabkan komplikasi termasuk infeksi dan jaringan parut.
Kebanyakan bisul sembuh sendiri dengan perawatan dasar di rumah dan kebersihan yang baik dalam waktu 3 minggu setelah pembentukan.
Namun, jarang bisul dapat menyebabkan komplikasi, terutama pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah.
Kemungkinan komplikasi bisul meliputi:
  • Infeksi pada lapisan kulit.
  • Infeksi folikel rambut biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus
  • Jaringan parut
  • Sepsis
  • Infeksi dan pembengkakan jaringan katup jantung

Pandangan dan pendapat

Sebagian besar bisul mengering dan sembuh dalam 2 hari hingga 3 minggu setelah muncul.
Bisul yang tidak mulai membaik dalam waktu seminggu, memiliki gejala yang parah, sangat besar, atau tampaknya terkelompok atau jauh di dalam kulit memerlukan perhatian medis dan biasanya menggunakan perawatan antibiotik.
Seseorang seharusnya tidak pernah mencoba memaksakan untuk ‘memencet’ bisul di rumah dengan alasan apa pun, karena ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.
Menerapkan kompres hangat beberapa kali setiap hari akan membuat bisul makin mengering secara alami. Meskipun studi-studi atau pembuktian masih terbatas, beberapa pengobatan herbal telah terbukti mempercepat drainase mendidih dan proses penyembuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here