Instrumen Uji Kompetensi Keahlian SMK 2019.

INSTRUMEN UJI KOMPETENSI KEAHLIAN

Instrumen Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2019 – UKK tahun pelajaran tahun 2018/2019  merupakan salah satu ujian yang harus dilakukan siswa kelas XII SMK.

Selain Ujian Nasional siswa juga harus mengerjakan Ujian Sekolah dan Uji Kompetensi Keahlian.

SMK pada tahun ini semakin meningkat jumlah siswa yang mendaftar. Pada hari selasa tanggal 27 November 2018 pada website psmk.kemendikbud sudah merilis Instrumen Uji Kompetensi Keahlian untuk jenjang SMK supaya bisa digunakan untuk Ujikom atau ujian prantek siswa kelas XII pada tahun 2018/2019.

Baca Juga : Soal UKK Multimedian Tahun 2019

UKK pada tahun ini bisa menggunakan 3 standar yaitu standar industri, standar LSP, atau standar kemendikbud dengan menggunakan perangkat ujian yang di buat oleh kemendikbud.

Pada Tahun ini Instrumen Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2019 bisa di akses di website psmk. Atau bisa di download melalui link di bawah. Berikut adalah dokumen instrumen Uji Kompetensi Keahlian yang bisa digunakan sekolah-sekolah untuk digunakan dalam Ujikom / Ujian Praktek Siswa XII SMK.

Instrumen UKK Tahun 2019 ini ada 3 yaitu instrumen Uji Kompetensi Keahlian, Kemudian Instrumen Verifikasi TUK atau Tempat Uji Kompetensi Keahlian dan juga Instrumen Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian.

Dari ketiga instrumen tersebut bisa kita akses melalui website pemerintah dalam hal ini Direktorat Pembinaan SMK.

Untuk Instrumen Uji Kompetensi Keahlian terdiri dari dokumen Soal UKK, Lembar Penilaian UKK, Rubrik UKK dan Instrumen Verifikasi TUK. Semua Dokumen ini di upload di google drive sehingga kita bisa mengakses dengan sangat mudah.

Sedangkan Dokumen Instrumen Verifikasi TUK sudah di sediakan juga oleh pemerintah. Pada Instrumen Verifikasi TUK ada beberapa standar yang nanti digunakan sebagai acuan apakah Tempat Uji Kompetensi dinyatakan layak atau tidak. Standar tersebut antara lain.

Instrumen Uji Kompetensi Keahlian Tahun 2019

  1. Standar Peralatan Utama dan Pendukung
  2. Standar Tempat atau Ruang Uji
  3. Standar Penguji Internal dan Eksternal

Sedangkan untuk dokumen instrumen panduan penyelenggaraan UKK atau Ujikom atau Ujian Praktek Tahun Pelajaran 2018/2019 juga bisa kita kases. Pemerintak sangat inggin mutu pendidikan di indonesia selalu meningkat. Kompetensi siswa diharapkan dapat di ukur dengan menggunakan Uji Kompetensi Siswa. Mau tidak mau suka tau tidak suka. Siswa SMK menjadi pilar terdepan dalam persiapan tenaga kerja di Indonesi.

Semoga artikel dengan judul Instrumen Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2019 ini dapat membantu para pembaca dan semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Salam Literasai Pendidikan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *