Inilah 13 Tips Dan Jurus Jitu Mempersiapkan Diri Menaklukkan UNBK SMP dan SMA
Inilah 13 Tips Dan Jurus Jitu Mempersiapkan Diri Menaklukkan UNBK SMP dan SMA

Sebelum mengikuti UNBK kita harus mempersiapkan diri baik jiwa maupun raga. Kali ini ISS akan memberikan sedikit tips Sederhana untuk Lulus UNBK 2019 semoga bermanfaat ya. Untuk menaklukkan UNBK bagi SMA, SMK dan SMP bukan merupakan hal yang sulit. Dengan persiapan yang matang insyaallah kita bisa meraih hasil yang gemilang dan sukses UNBK 2019.

Basi siswa SMP, SMA dan SMK akan segera menghadapi yang namanya UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer. Sudahkan adik-adik belajar untuk mempersiapkan UNBK ? Jika Belum ISS akan memberikan 13 Tips Supaya adik-adik siap dalam menghadapi UNBK.

Pada bulan April 2018 akan diadakan UNBK. Pemerintah, Sekolah dan peserta ujian mempersiapkan segala sesuatunya demi kelancaran pelaksanaan UNBK. Pihak pemerintah mempersiapkan server, jaringan soal dan sebagainya. Pihak sekolah mempersiapkan server lokal, komputer dan jaringan sekolah beserta sarapa prasarana yang mendukung pelaksanaan UNBK.

Adik-adik sudah siap untuk UNBK Tahun ini ? Kalau belum mari simak tips dan jurus jitu yang akan ISS sampaikan. Semoga bermanfaat ya.

Yuk simak tips dan jurus jitu dalam menaklukkan UNBK bagi SMP dan SMA.!

Inilah 13 Tips Dan Jurus Jitu Mempersiapkan Diri MenaklukkanUNBK SMP dan SMA

1. Membaca Ulang Materi Pelajaran

Membaca ini penting. Saat kita mengerjakan soal UNBK maka saat itu kita membaca. Saat adik-adik mengerjakan soal UNBK pasti soal tersebut bersumber dari materi-materi yang telan adik-adik pelajari di sekolah.

Materi pelajaran perlu kita segarkan kembali pengetahuan kita dengan cara membaca. Janggan menjadi anak yang malas membaca. Karena semakin sering kita membaca ingatan kita tentang materi pelajaran akan semakin fresh atau segar. Jika setelah lama tidak belajar materi itu maka kita membaca ulang supaya kita inggat lagi denggan materi tersebut.

Untuk memulai mempelajari ulang materi-materi yang lalu. Usahakan jangan langsung mencari materi yang sudah tidak inggat sama sekali. Silahkan coba materi yang masih ingat terlebih dahulu baru mencoba membaca kembali materi yang lau.

2. Konsentrasi Penuh

Konsentrasi harus menjadi perhatian yang serius bagi adik-adik. Mulai dari konsentrasi belajar, konsentrasi pengerjaan, konsentrasi dengan aturan dan tata tertib UNBK.

Sekuat apapun kita belajar sesering apapun kita membaca ketika kita kehilangan daya konsentrasi maka fikiran kita tidak bisa fokus. Dan mungkin materi yang sudah adik-adik pelajari akan hilang semuanya. Kareni konsentrasi yang sudah buyar.

Jadi konsentrasi silahkan di jadikan fokus adik-adik semuanya.

3. Memperhatikan langkah-langkah penggerjaan soalUNBK

Ini merupakan hal yang sepele tetapi jika kita tidak bisa dalam hal ini siap-siap waktu ujian akan terbuang sia-sia Cuma dikarenakan hal-hal teknis seperti ini. Dulu kita ujian masih menggunakan kertas sekarang kita sudah menggunakan komputer. Maka akan ada penyesuaian disana ada mekanisme yang berbeda disana.

Supaya adik-adik siap dan memiliki pengetahuan yang lebih maka adik-adik harus mempelajari aturan, tata tertib dan cara pengerjaan soal UNBK.

4. Membiasakan diri dengan yang namanya komputer

Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK pastinya pelaksanaanya dilakukan dengan menggunakan media komputer / laptop. Jadi jika adik-adik inggin sukses di UNBK tahun ini maka adik-adik harus membiasakan diri atau menguasai yang namanya komputer. Janggan sampai komputer disini yang seharusnya sebagai teman ujian malah menjadi musuh ujian karena kita tidak bisa mengguasai penggunaan komputer.

5. Bersikan Efektif dan efisien

Perkembangan teknologi semakin canggih. UNBK dilaksanakan dengan online. Ada komponen-komponen yang harus kita perhatikan seperti soal, username, password, token oleh karena itu berhati-hatilah dalam menginput data tersebut. Silahkan cek berung-ulang kali kalo perlu.

Ketika waktu ujian sudah habis maka lembar kerja akan menutup secara otomatis. Jadi kita diharuskan bisa memanajemen waktu dengan sebaik-baiknya. Silahkan efisienkan apa yang bisa di efisienkan dan efektifkan apa yang bisa di efektifkan.

6. Gunakan Kisi-Kisi UNBK tahun sebelumya (2018)Sebagai Acun belajar

UNBK tahun 2018 sudah tersedia kisi-kisi soalnya. Sambil menunggu kisi-kisi soal unbk tahun 2019 bolehkan kita mencoba belajar dengan menggunakan kisi-kisi yang sudah di susun oleh tim BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan. Dengan belajar menggunakan kisi-kisi unbk tahun sebelumnya kita bisa menggetahui SKL (Standar Kompetensi Lususan dan bisa kita jadikan acuan apa yang harus kita pelajri untuk menghadapi UNBK 2019.

7. Fisik maupun mental harus sudah siap menghadapiUNBK

Mempersiapkan fisik juga menjadi salah satu hal yang penting. Jangan sampai saat UNBK 2019 nanti malah adik-adik jatuh sakit atau ada permasalahan dengan fisik adik-adik yang berakibat akan mempengaruhi dalam adik-adik mengerjakan soal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengerjaan UNBK tahun 2018 adik-adik harus menjadi kebugaran tubuh, mata dan juga stamina.

Selain fisik mental juga harus dijaga dan di kondisikan. Jangan sampai mental kita sedikit goyah karena ada masalah dengan seseorang atau ada sesuatu hal yang mengganjal fikiran dari adik-adik. Adik-adik jangan mudah panik jika ada sebuah permasalah, silahkan cari penyelesaian dengan cepat dan efisien. Mencoba menenagkan diri dan membersihkan fikiran dari hal-hal yang akan menggangu pelaksanaan UNBK nantinya. Latih percaya diri secara terus menerus. Jangan malu ketika bertanya. Dan selalu berikan senyum kepada semua orang agar hidup ini menjadi lebih indah.

8. Berlatih dan belajar dengan giat.

Banyak website-website yang bisa adik-adik kunjungi untuk mencoba bagaimanasih caranya unbk. Jangan lupa silahkan lebih di tingkatkan lagi proses belajar adik-adik semuanya.

9. Diharuskan tidak cemas atau khawatir yangberlebihan

Lupakan tentang bagaimana jika nanti komputer error bagaimana nanti kalau mati lampu dan sebagainya. Lupakan semua hal yang memberikan kecemasan kepada adik-adik. Biarkan adik-adik rileks dan jangan mudah panik jika ada permasalahan di dalam pelaksanaan UNBK tahun 2019 karena disana sudah ada proktor dan teknisi yang akan membantud dalam pelaksanaan UNBK adik-adik

10. Sering Mencoba menjawab soal latihan

Semakin sering kita mencoba semakin kita akan paham dengan apa yang akan kita hadapi di UNBK tahun 2019. Kita menjadi lebih mengenal konsep dan peta kekuatan dari soal yang akan kita kerjakan.

11. Membiasakan diri menghitung dengan cara manual

Janggan lupa disaat UNBK berlangsung juga akan ada hal yang perlu kita kerjakan secara manual. Tidak semuanya serba komputerisasi, dari absensi, menghitung dan sebagainya.

12. Meningkatkan ketelitian dan jangan pernah lengah

Teliti merupakan hal yang penting. Silahkan tingkatkan ketelitian adik-adik supada nanti tidak ada masalah karena adik-adik kurang teliti.

13. Gunakan Simulasi untuk memaksimalkan persiapan

Gunakan simulasi yang ada di website untuk memberikan hasil yang maksimal dalam pengerjaan UNBK tahun 2019. Semakin kita familiar dengan sistem UNBK maka kita akan semakin mudah dalam pengerjaan soal UNBK tahun 2018

Sekian dulu untuk artikel kali ini semoga artikel ini bermanfaat

Ujian Nasional berbasi Komputer UNBK tahun 2019 Siswa SMP, SMA dan SMK, Tips dan Trik,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here