Hobbies: Belajar Gitar – Cara Menaikkan dan Menurunkan Kunci Gitar

Hobbies: Belajar Gitar – Cara Menaikkan dan Menurunkan Kunci Gitar
                Banyak dari kalangan para musisi sering menaikkan atau menurunkan kunci lagu. Hal ini dikarenakan kekuatan suara dari para musisi berbeda, tergantung karakter atau kemampuan dari mereka.
                Musik sudah menjadi hiburan keseharian kita. Hampir 99% kita mendengarkan musik secara tidak di sengaja atau disengaja dalam sehari. Sumber suara musik itu berasal dari mana saja, dimulai dari yang terdekat seperti bunyi nada di smartphone / handphone,radio, televisi, acara berita di berbagai media, dll. Dalam hal multimedia atau dalam gambar bergerak terasa hampa jika tanpa adanya musik. Jika kita dengar lebih seksama setiap musik mengeluarkan tangga nada atau kunci nada. Bunyi musik tersebut bisa keluar melalui beberapa media atau alat musik. Alat musik tersebut seperti drum, kendang, ketipung, gitar, rithm, bass, dll. Tetapi dari alat musik yang saya sebutkan tadi yang menghasilkan kunci nada yaitu gitar, rithm, bass. Diantara ketiga alat musik tersebut memiliki kesamaan dalam penempatan kunci nada pada fretnya. Pada artikel ini akan saya bahas sebagian kecil kunci dasar pada gitar, dan fokus pada cara menaikkan dan menurunkan kunci pada gitar.
                Gitar merupakan alat musik yang dimainkan dengan memetik atau menyelaraskan bunyi menggunakan kunci nada. Secara garis besar, bagian gitar terdiri dari kepala gitar, leher gitar, dan bodi. Kepala gitar memiliki tuner dan nut. Tuner berbentuk seperti alat pemutar yang beguna untuk mengencangkan senar gitar. Leher gitar terdapat fret. Fret ini berbahan lempengan logam berjumlah 19 buah yang membuat ruang – ruang untuk menempatkan atau menentukan kunci gitar. Gitar pada umumnya terdiri dari 6 buah senar. Senar yang paling tebal dan paling berat terletak paling atas semakin ke bawah ukuran dan berat juga semakin kecil atau semakin ringan.
                Kita berpindah dasar dari kunci gitar. Chord atau kunci gitar memliki nada dasar berjumlah 8. Kunci tersebut diantaranya C – D – E – F – G – A – B – C. Jarak setiap chord tidak sama. Jika diurutkan sebagai berikut 1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – ½. Untuk lebih jelasnya  bisa dilihat pada gambar di bawah ini!
Angka “1” dan “1/2” di atas merupakan jarak untuk menaik atau menurunkan nada. Semisal nada C kita naikkan 1 menjadi D, A kita naikkan 1 menjadi B. Terkecuali nada E ke F memiliki jarak ½, dan B ke C memliki jarak ½. Dari gambar di atas yang memiliki jarak 1 memiliki kres (#) atau mol (b), sedangkan yang memiliki jarak ½ tidak memiliki kres (#) atau mol (b). Jika jarak 1 kita pilah menjadi 2, jaraknya akan ½. Jarak ½ tersebut mnghasilkan nada kres (#) naik atau mol (b) turun. Jika kita tulis, urutannya sebagai berikut: C – C# – D – D# – E – F – F# – G – G# – A – A# – B – C. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Dengan ini dapat disimpulkan kesamaan nada kres (#) dan mol (b):
C# = Db
D# = Eb
F# = Gb
G# = Ab
A# = Bb
Sekarang kita aplikasikan ke alat musik gitar. Pada umumnya gitar memiliki 6 buah senar. Yang paling atas adalah paling tebal dan semakin ke bawah semakin tipis sampai senar ke 6. Kunci dari gitar untuk senar terbuka atau tanpa tekanan pada fret yaitu E – A – D – G – B – E. Atau bisa dilihat pada gambar berikut:
Dalam satu senar, fret 1 ke fret 2 memiliki jarak ½. Hal itu berlaku di semua senar. Misalkan saja kita akan naikkan nada ½ dari kunci F menjadi F#. Contoh lain jika kita naikkan ½ nada dari kunci E menjadi F. Lebih jelasnya rumus kunci gitar bisa di lihat di gambar ini:

Pada gambar di atas senar nomor 1 adalah senar yang paling tebal dan nomor 6 senar yang paling tipis.
Sekarang kita akan mulai belajar menaikkan atau menurunkan kunci gitar pada sebuah lagu.
   Bagi yang lupa chord gitar, saya siapkan tabel kunci gitar. Klik di sini.
Karna Su Sayang – Nella Kharisma ft. Nuel
          C             G
Biasa sa cinta satu sa pinta
         Am       Em
Jang terlalu mengekang rasa
      F             C
Karna kalau sa su bilang
             Dm              G
Sa trakan berpindah karna su sayang
             C                  G
Jangan kau berulah sa trakan mendua
         Am              Em
Cukup jaga hati biar tambah cinta
      F             C
Karna kalau sa su bilang
              Dm              G
Sa trakan berpindah karna su sayang
Jika kita naikkan 1 nada, menjadi nada dasar D. Hasilnya sebagai berikut:
Karna Su Sayang – Nella Kharisma ft. Nuel
              D                  A
Biasa sa cinta satu sa pinta
         Bm               F#m
Jang terlalu mengekang rasa
          G                D
Karna kalau sa su bilang
             Em              A
Sa trakan berpindah karna su sayang
             D                  A
Jangan kau berulah sa trakan mendua
         Bm              F#m
Cukup jaga hati biar tambah cinta
           G             D
Karna kalau sa su bilang
              Em              A
Sa trakan berpindah karna su sayang


Kunci lagu lainnya bisa dijelajah di sini.
Sekian sedikit artikel dari saya. Kita sebagai manusia pasti ada kekurangan dan kelebihanny. Jika ada yang kurang benar dari artikel ini, mohon beri saran lewat komen di bawah ini.

#Hobi_Belajar_Gitar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here