SURAT LAMARAN PEKERJAAN

MODUL 2

Mapel :Bahasa Indonesia kelas :XII

A.Judul Materi :Surat Lamaran Pekerjaan

B.Kegiatan Pembelajaran:

1.Memahami unsur-uunsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.

2.Menentukan isi,sistematika dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan 3.Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan

4. Menyusun surat lamaranpekerjaan dengan memperhatikan isi,sistematika,dan kebahasaan

C. Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan

4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi,sistematika dan kebahasaan

D. Tujuan Pembelajaran.

Setelah mempelajari materi ini siswa di harapkan mampu: 1.Memahami unsur-unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.

2.Menentukan isi,sistematika dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan 3.Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan

4. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi,sistematika,dan kebahasaan

E.Uraian Materi Setelah mencermati surat lamaran pekerjaan, dapatkah kamu melihat bahasa yang digunakan? adakah ketentuan-ketentuan yang harus kamu perhatikan? bagaimana dengan surat lamaran pekerjaan yang di ambil dari berbagai sumber? kamu akan diarahkan untuk dapat memahami unsur-unsur kebahasaan yang digunakan pada surat lamaran pekerjaan. ketentuan-ketentuan yang harus di perhatikan dalam surat lamaran pekerjaan terkait dengan bahasa yang di gunakan adalah sebagaiberikut.

1.Menggunakan bentuk surat yangstandar

2.Menggunakan bahasa yang baik dan benar.

3. Menggunakan kata-kata yang sopan

4.Menggunakan kata pengntar yang jelas,singkat padat,informatif,dan tepat sasaran. 5.Tulisan bersih,mudah di baca,dan sesuai dengan kaidah ejaan.

6.Melengkapi bagian-bagian surat dengan norma bahasa surat (seperti penulisan unsur hal tanggal,alamat,salam pembuka,isi surat,salam penutup,tanda tangan dan nama terang).

Surat lamaran pekerjaan dapat ditulis berdasarkan sumber informasi di media massa,informasi dari seseorang,pengumuman,permintaan suatu instansi,atau inisiatif sendiri. Berikut ini contoh penulisan pada bagian alinea pembuka untuk masing-masing sumber informasi tersebut (Romadi Dan Rustamaji,2010;4)

1.Iklan Setelah membaca iklan yang di muat dalam harian …tanggal…yang isinya menyatakan bahwa… dalam harian …tanggal…saya membaca iklan yang menyatakan bahwa PT…membutuhkan…berkenaan dengn hal tersebut,maka…

2. Informasi seseorang Menurut informasi dari Bapak …,perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan …sehubungan dengan hal itu …

3.Pengumuman resmi dari instansi yang membutuhkan tenaga Berdasarkan dengan pengumuman nomor:…tanggal…tentangpenerimaan karyawan PT…maka yang bertanda tangan di bawah ini…

4.Permohonan insatnsi pada sekolah Setelah mendapat informasi dari kepala sekolah tentang permohonan tenaga kerja… 5.Inisiatif sendiri Yang bertanda tangan di bawah ini,… dengan ini mengajukan permohonan untuk di terimasebagai karyawan pada…

Secara umum, sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat,lampiran dan perihal ,alamat surat,salam pembuka,alinea pembuka,isi,penutup,salam penutup ,serta tanda tangan dan nama terang. Berikut penjelasan dari masing-masing komponen sistematika surat lamaran pekerjaan

tersebut.

1.Tempat dan tanggal pembuatan surat Tempat dan tanggal pembuatan surat ditempatkan di pojok kanan atas tanpa titik di akhir karena bukan merupakan kalimat. Contoh : Papua Barat ,28 Agustus 2015

2.Lampiran dan hal

a.Kata ‘lampiran’ dan ‘hal’ tidak disingkat ,seperti lamp.

b.Angka dalam kolom lampiran ditulis menggunakan huruf.

Contoh :lampiran :Empat lembar Hal :Pemberitahuan

3.Alamat surat

a.Tidak menggunakan kata “Kepada”.

b.Alamat disarankan tidak lebih dari tiga baris.

c. Jabatan tidak boleh menggunkan jenis kelamin seperti Bapak atau Ibu d.Tulisan”jalan” pada alamat tidak boleh di singkat. e.Tidak menggunkan titik di masing-masing akhir barisnya.

contoh: Yth.Manager Sukses Mandiri Jalan M.Yamin Nomor 02,Kalibata Jakarta

4.salam pembuka Setelah kata “Dengan hormat” digunakan tanda baca koma (,).

contoh: Dengan hormat, Berdasarkan…..

5.Alinea pembuka Alinea pembuka sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan sopan agar para pihak atau instansi yang membacanya tidak tersinggung. Di dalam ainea ini juga sudah harus muncul pernyataan umumyang menggambarkan diri pelamar(tesis).

6.Isi Dalam isi terdapat hal-hal berikut.

a.Identitas Isi identitas berisi keterangan berupa nama,tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakir dan dapat ditambah lagi sesuai dengan keperluan.Di dalam menuliskan keterangan tersebut,huruf awal kata digunakan huruf kecil.

Contoh: nama :Nitriani Safitri tempat tanggal lahir :Jakarta,7 Januari 1995 pendidikan terkhir :S-1 Sastra Inggris alamat :Dukuhturi,Bamiayu Brebes,52273

b.Maksud dan tujuan Maksud dan tujuan merupakan keterangan tentang alasan pengrim atau pelamar pekerjaan menulis surat.

c.Menyatakan lampiran Dalam lamaran pekerjaan terdapat beberapa lampiran tentang syarat yang sudah diminta oleh instansi yang membutuhkan pekerjaan. Oleh karena itu, pelamar harus memenuhi lampiran yang diminta tersebut.kemudian, di setiap rincian di gunkan tanda baca titik koma(;) dan diakhir lampiran digunakan baca titik(.).

contoh : fotocopy ijazah yang sudah dilegalisasi; fotocopy kartu tanda penduduk; pasfoto ukuran 3×4 dua lembar.

7.Penutup Di dalam surat lamaran pekerjaan,isi penutup haruslah menunjukan keantusiasan pelamar pekerjaan kepada instansi yang dituju.

contoh: demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat menjadi bagian dari perusahaan ….

8.Salam penutup Jika di awal ada salam pembuka, tentulah diakhiri salam penutup. Salam penutup sebagai bentuketika,sopan santun,dan penghormatan.

contoh: Hormat saya,

9.Tanda tangan dan nama terang Tanda tangan ini biasanya berada di pojok kanan bawah surat, lalu di bawahnya ditulis nama lengkap.

contoh:Hormat saya,

(Ttd) Nama Lengkap

Berikut ini disajikan tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

1.Menggunkan bahasa yang baik dan benar.

2.Menulis dengan susunan format rapi.

3.Melengkapi data sesuai dengan keperluan.

4.Melampirkan surat pendukung seperti sertifikat pengalaman kerja.

F.Rangkuman

1.Surat lamaran pekerjaan dapat ditulis berdasarkan sumber informasi di media massa,informasi dari seseorang,permintaan suatu instansi,atau inisiatif sendiri.

2.Tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

(1)Menggunkan bahasa yang baik dan benar

(2) Menulis dengan susunan format rapi

(3)Melengkapi data sesuai dengan keperluan

(4)Melampirkan surat pendukung seperti sertifikat pengalaman kerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here