MENERAPKAN USER INTERFACE BASIS DATA PADA HALAMAN WEB
MENERAPKAN USER INTERFACE BASIS DATA PADA HALAMAN WEB

A. Judul Materi : Menerapkan penggunaan SQL untuk mengakses multi table

Kompetensi Dasar

3.18 Menerapkan penggunaan SQL untuk mengakses multi table

4.18 Membuat perintah  SQL untuk mengakses multi table

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat mengenal, memahami dan menerangkan tentang user interface
  2. Siswa dapat membuat kode program UI

Uraian Materi

User interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang terlhat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupaka bagian dari user interface.

User Interface berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.

Konsep User Interface

Mengkonsep user interface secra benar tidaklah mudah. Terdapat begitu banyak aspek yang pelu diperhatikan. User interface akan mengacu pada beragam aplikasi teknologi mulai dari electronic display, software aplikasi computer,aplikasi web, aplikasi mobile,hingga aplikasi kiosk Informasi public. Kioks adalah peralatan sistem informasi publik yang dirancang sedemikian rupa yang ditujukan untuk beragam kondisi user, baik secara usia, gender, latar belakang kultural, tingkat pemahaman dan pendidikan bahkan kondisi keterbatasan fisik yang berbeda. 

Tehnik antar muka /interface

Terdapat tiga teknik antar muka / inter face:

  • Linguistic styles
  • Key modal styles
  • Direct manipulation styles

LINGUISTIC STYLES

Linguistic styles adalah penyampaian “aksi” melalui bahasa yang dimengerti oleh computer. Ciri teknik ini antara lain:

  • Masukan aksi melalui papan ketik alphabet yang ditulis atau diketik.
  • Bahasa yang dimengerti oleh computer merupakan bagian kecil dari bahasa manusia
  • Adanya aturan penulisan (syntax) dan semantic untuk menyatakan perintah

KEY MODALS STYLE

Key Modals Style adalah penyampaian aksi melalui penekanan tombol-tombol yang deprogram sebelumnya untuk menjalankan fungsi-fungsi. Cir teknik ini antara lain

  • Masukan aksi melalui tombol fungsi atau tombol alphabet
  • Instruksi langkah demi langkah
  • Digunakan dalam system berjalan

DIRECT MANIPULATION STYLE

Direct Manipulation Style adalah penyampaian perintah melalui manipulas objek tertentu. Cirri teknik ini antara lain:

  • Ditampilkannya objek untuk interaksi pengguna
  • Ditampilkannya penunjuk untuk memanipulasi objek
  • Perintah diterapkan langsung pada objek
  • Respon seketika pada fungsi objek

Jenis-jenis User Interface

Command Line Inteface (CLI)

CLI (Command Line Interface) adalah tipe antarmuka dimana penggun berinteraksi dengan system operasi melalui text terminal. CLI adalah sebuah bentuk antarmuka antara sistem operasi dan pemakai dimana pemakai mengetikkan perintah-perintah dengan menggunakan perintah dalam bentuk teks dan sebuah metode untuk memasukinya.

Pengguna CLI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Setiap sistem operasi memberi nama CLI- nya berbeda-beda. Unix member nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Ms-Dos memberi nama CLI-nya command.com atau command prompt. Sedangkan Windows Vista, Microsoft menamakannya Powershell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai Terminal, sedangkan pada Apple atau machintosh namanya adalah commandshell.

Bahasa dalam User Interface

Tujuan sebuah user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis semua pengguna komputer dan Interface dapat mengerti tulisan.

Meski pada umumnya panduan user interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen user interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.

Meskipun penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah, sering sekali dianggap kurang begitu penting. Terlebih dari itu dalam dunia desain situs Web yang serba grafis, bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor dua ketimbang elemen-elemen interface lainnya. Artikel ini akan mencoba memberikan beberapa pertimbangan pemilihan bahasa dan istilah untuk meningkatkan usability melalui perbaikan komunikasi dengan user.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here