Makalah Sepak Bola Word Tinggal Download
Makalah Sepak Bola Word Tinggal Download

Syukur alhamdulillah kami panjatkan kepada ALLAH SWT  atas limpahan rahmat dan taufikNya kepada kami hingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang direncanakan sebagai salah satu syarat dalam pembelajaran pada pelajaran penjaskes.Makalah ini dapat terselesaikan dengan kerjasama yang baik yang telah tercipta dalam kelompok kami.Oleh karena itu kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah inidownload makalah sepak bola, makalah sepak bola sd, makalah sepak bola full kompetisi.

Kami menyadari bahwa sebagai manusia, kami memiliki keterbatasan kemampuan.oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini, yang senantiasa kami terima dengan senang hati.

Harapan kami semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan semua pihak khususnya bagi kelompok kami sendiri, dengan diiringi doa mudah-mudahan kita semua senantiasa diberi berkah dan hidayah oleh ALLAH SWT.

Pangkaje’ne, 2 Desember  2019

Contents

  1. A. Latar Belakang. 4
  2. B. Rumusan Masalah. 5
  3. BAB II 6
  4. Teknik-teknik dasar dalam permainan sepakbola. 14
  5. Teknik mengumpan 16
  6. Passing. 17
  7. Bab III 20
  8. Kesimpulan dan saran. 20

SEPAK BOLA

A. Latar Belakang

Sepakbola adalah suatu permainan beregu yang dimainkan masing-masing regunya terdiri dari sebelas orang pemain termasuk seorang penjaga gawang.Sepakbola adalah permainan yang sangat populer, karena permainan sepakbola sering dilakukan oleh anak-anak, orang dewasa maupun orang tua.

Saat ini perkembangan permainan sepakbola sangat pesat sekali, hal ini ditandai dengan banyaknya sekolah-sekolah sepakbola (SSB) yang didirikan.Tujuan dari permainan sepakbola adalah masing-masing regu atau kesebelasan yaitu berusaha menguasai bola, memasukan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin, dan berusaha mematahkan serangan lawan untuk melindungi atau menjaga gawangnya agar tidak kemasukan bola.Permainan sepakbola merupakan permainan beregu yang memerlukan dasar kerjasama antar sesama anggota regu, sebagai salah satu ciri khas dari permainan sepakbola download makalah sepak bola, makalah sepak bola sd, makalah sepak bola full kompetisi.

Untuk bisa bermainan sepakbola dengan baik dan benar para pemain menguasai teknik-teknik dasar sepakbola.Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik, pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula.

B. Rumusan Masalah

  • Menjelaskan sejarah sepak bola
  • Menggambarkan lapangan sepak bola beserta ukurannya
  • Menjelaskan aturan dalam permainan sepak bola
  • Menjelaskan tehnik dasar permainan sepak bola

C.  Tujuan pembuatan makalah

Tujuan pembuatan makalah ini antara lain untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman penulis maupun pembaca mengenai masalah yang dibahas dalam makalah ini.

BAB II

Sejarah sepak bola

Menurut Bill Muray, pakar sejarah sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, sepak bola sudah dimainkan sejak awal Masehi. Saat itu, orang-orang di era Mesir Kuno sudah mengenal permainan membawa dan menendang bola yang dibuat dari buntalan kain linen.Sejarah Yunani Purba juga mencatat ada sebuah permainan yang disebut episcuro, permainan menggunakan bola.Bukti itu tergambar pada relief-relief di dinding museum yang melukiskan anak muda memegang bola bulat dan memainkannya dengan paha download makalah sepak bola, makalah sepak bola sd, makalah sepak bola full kompetisi.

Sepak bola juga disebut-sebut berasal dari daratan Cina. Dalam sebuah dokumen militer disebutkan, sejak 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, orang-orang sudah memainkan permainan bola yang disebut tsu chu. Tsu mempunyai arti “menerjang bola dengan kaki”. Sedangkan chu, berarti “bola dari kulit dan ada isinya”. Mereka bermain bola yang terbuat dari kulit binatang dengan cara menendang dan menggiringnya ke sebuah jaring yang dibentangkan pada dua tiang.

Jepang pun tidak mau ketinggalan.Sejak abad ke-8, konon masyarakatnya sudah mengenal permainan ini.Mereka menyebutnya sebagai Kemari.Bolanya terbuat dari kulit kijang berisi udara.

Bola dalam permainan sepak itu dibuat dari kulit binatang, sesuai dengan arti chu yang bila diterjemahkan secara kasar berarti bola dari kulit binatang yang mempunyai isi. Tentunya bentuknya pun bulat, agar bisa ditendang secara akurat.Aturan dalam permainan yang bersejarah ini mudah saja.Kita harus menggiring atau melakukan tendangan agar masuk ke sebuah jaring yang dibuat pada dua buah tiang.

Selain itu, sejarah sepak bola juga datang dari Jepang, tetapi dengan jarak waktu yang sangat jauh dari Cina.Orang Jepang sudah mengenal permainan sepakbola sejak abad ke-8.Namanya adalah “kemari”.Tetapi bentuknya sedikit berbeda, karena di tengah diberi lubang utnuk udara.Selain itu, orang Yunani juga mengenalnya.Orang Yunani menyebutnya “episcuro”.Ini terbukti dari beberapa relief yang menggambarkan aktivitas tersebut.Disana digambarkan beberapa anak muda memainkan dengan paha mereka serta memegangnya download makalah sepak bola, makalah sepak bola sd, makalah sepak bola full kompetisi.

Untuk sejarah sepak bola modern, tentu saja berasal dari Inggris.FA berdiri pada 1863 dan masih eksis sampai sekarang.Ini berasal dari abad ke-19 dan dimainkan pada beberapa sekolah.

Yang menarik, ada legenda pada abad pertengahan.Konon saat itu, seluruh desa mengikuti satu permainan bola.Bola yang terbuat dari tengkorak, ditendang satu diantara warga ke arah desa tetangga.Kemudian, oleh si penerima bola di desa itu, bola dilanjutkan ditendang ke desa selanjutnya.

A. Ukuran lapangan sepak bola

Ukuran lapangan sepak bola
Ukuran lapangan sepak bola

Keterangan lapangan :

Bentuk

Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang, dengan perbandingan panjang dan lebar sama dengan dua banding satu (P x L = 2:1), atau kurang sedikit. Sebagai contoh, misalnya panjang lapangan sepak bola tersebut adalah 90 meter, maka  lebarnya harus berkisar 45 meter atau tidak lebih dari 55 meter.

Panjang

Panjang lapangan sepak bola antara 90 meter (minimal) sampai 120 meter (maksimal).

Lebar

Lebar lapangan sepak bola antara 45 meter (minimal) sampai 90 meter (maksimal).

Ukuran Gawang

Gawang dalam permainan sepak bola berbentuk persegi panjang dengan perbandingan 3:2. Ukuran ideal yang dilansir FIFA adalah lebarnya 7,3 meter dengan tinggi 2,4 meter.

Area/ Kotak Penalti

Kotak penalti adalah area penjaga gawang bebas menyentuh bola dengan tangan.Kotak penalti adalah daerah rawan. Jika pemain lawan dilanggar dalam kotak penaltinya sendiri, maka tim lawan akan mendapat hadiah penalti, yaitu tentangan bebas berjarak 11 meter makalah sejarah sepak bola, makalah sepak bola academia, makalah sepak bola slideshare.

Pemain penendang hanya akan berhadapan dengan seorang penjaga gawang. Ada dua kotak penalti dalam lapangan sepak bola, yaitu:

kotak penalti kecil (6-yard box)

Kotak penalti kecil adalah area penjaga gawang yang mempunyai kekuasaan mutlak dan tidak boleh diganggu oleh pemain lawan.Kotak penalti kecil ini berada dalam kotak penalti besar dan berbentuk persegi panjang. Ukurannya adalah panjang 18 meter dengan lebar 5,5 meter.

kotak penalti besar (18-yard box)

Kotak penalti besar adalah area rawan, karena jika pemain lawan dilanggar dalam kotak penaltinya sendiri, maka tim lawan akan mendapat hadiah penalti. Panjangnya adalah 40-45 meter dengan lebar 16-19 meter.

Garis Lingkaran Tengah (Kick Off Area)

Garis tengah lapangan sepak bola berdiameter 9,15 meter. Garis lingkaran tersebut berada tepat di tengah lapangan. Di tengah lingkaran tersebut terdapat titik yang digunakan pemain untuk memulai kick off.

Aturan permainan sepak bola

  • Waktu normal 45 menit x 2 Babak
  • Waktu tambahan bila score 0-0 dalam sistem gugur adalah 15 menit x 2 babak.
  • Waktu tambahan bila ada kartu kuning adalah waktu normal + 30 detik (1 kartu), bila kartu merah adalah waktu normal + 1 menit (1 kartu), namun perhitungan ini. terkadang masih dilanggar oleh beberapa wasit yang memimpin.
  • Bila score tetap 0-0 dengan adanya tambahan waktu maka, dilanjutkan adu tendangan pinalti (tendangan 12 pass), sebanyak 5 orang, jika masih score sama, maka adu pinalti dilanjut dengan 1 pemain — 1 pemain– sampai ada yang kalah.
  • Bola dinyatakan keluar bila melewati garis tepi kanan-kiri lapangan, yang dilanjutkan dengan sebutan lemparan ke dalam dengan menggunakan kedua tangan, aturan mainnya : dengan kedua tangan, tidak boleh jongkok, tidak boleh menyentuh garis lapangan saat akan melempar, tidak boleh mengangkat kaki dalam keadaan kaki sejajar. jika dilanggar maka lempar bola berpindah tangan kepada lawan.
  • Bola dinyatakan keluar bila melewati garis tepi kanan-kiri gawang, yang dilanjutkan dengan tendangan gawang, aturan mainnya : bila bola keluar karena lawan yang menendang, tendangan dilakukan oleh penjaga gawang atau pemain belakang, tendangan gawang harus melewati daerah luar garis gawang (lihat gambar lapangan).
  • Selama pertandingan, bola tidak boleh tersentuh atau disentuh tangan.
  • Tendangan bebas diberikan karena adanya pelanggaran di luar daerah pinalti (daerah luar gawang) makalah sejarah sepak bola, makalah sepak bola academia, makalah sepak bola slideshare.
  • Tendangan pinalti diberikan karena adanya pelanggaran di dalam daerah pinalti (daerah luar gawang).
  • Tendangan sudut diberikan karena bola keluar dan menyentuh salah satu pemain yang bukan lawan.

Pelanggaran dan tendangan bebas

Ada dua macam tendangan bebas : tendangan bebas langsung (direct free kick) dan tendangan bebas tidak langsung (indirect free kick). Tendangan bebas langsung adalah tendangan bebas yang bisa langsung menjadi gol meskipun belum menyentuh pemain yang lain. Sedangkan tendangan bebas tidak langsung hanya bisa menjadi gol jika terlebih dulu menyentuh pemain lain (termasuk kiper). Jika tendangan bebas langsung dilesakkan kedalam gawang lawan sebelum menyentuh pemain yang lain maka tim lawan mendapatkan tendangan gawang. Untuk menunjukkan bahwa tendangan bebas adalah tidak langsung, wasit harus mengangkat salah satu tangannya sampai bola ditendang.

Tendangan bebas langsung

diberikan karena pelanggaran-pelanggaran berikut ini :

  1. menendang atau berusaha menendang lawan,
  2. mengganjal atau berusaha mengganjal lawan,
  3. menabrak lawan,
  4. memukul atau berusaha memukul lawan,
  5. mendorong lawan,
  6. melompat kepada lawan,
  7. menarik anggota tubuh atau pakaian lawan,
  8. membuat kontak dengan lawan sebelum menyentuh bola saat melakukan tackling,
  9. meludahi lawan,
  10. hand-ball. Perlu diketahui, wasit bisa memutuskan tendangan penalti jika pelanggaran-pelanggaran tersebut dilakukan didalam kotak penalti.

Tendangan bebas tidak langsung diberikan karena pelanggaran-pelanggaran berikut ini :

Pertama : yang berlaku untuk semua pemain :

  1. cara bermain yang berbahaya – yakni membahayakan diri sendiri ataupun lawan – (seperti : menendang terlalu tinggi didekat lawan, menyundul bola yang terlalu rendah yang akan ditendang oleh lawan, dsb) makalah sejarah sepak bola, makalah sepak bola academia, makalah sepak bola slideshare.
  2. menghalangi pergerakan lawan dengan badan, sementara ia jauh         dari bola (lebih dari 3 feet)
  3. menghalangi kiper mengambil bola.
  4. ketika kartu kuning atau kartu merah diberikan, sementara wasit tidak memberikan tendangan bebas langsung.

Kedua : yang hanya berlaku untuk kiper :

  1. memegang bola lebih dari enam detik,
  2. memegang bola yang diumpan balik dengan kaki oleh teman sendiri (namun jika bola tersebut diumpan balik oleh teman tidak dengan kaki, boleh dipegang oleh kiper),
  3. memegang bola yang dilempar kedalam oleh teman sendiri,
  4. secara sengaja mengambil kembali bola yang telah dilepas.

Teknik-teknik dasar dalam permainan sepakbola

  • stop ball (menghentikan bola)
  • shooting (menendang bola ke gawang)
  • passing (mengumpan), heading (menyundul bola), dan dribbling (menggiring bola).

Teknik Dasar Permainan Sepakbola

Pada dasarnya permainan sepakbola merupakan suatu usaha untuk menguasai bola dan untuk merebutnya kembali bila sedang dikuasai oleh lawan.Oleh karena itu, untuk dapat bermain sepakbola harus menguasai teknik-teknik dasar sepakbola yang baik.

Untuk dapat menghasilkan permainan sepakbola yang optimal, maka seorang pemain harus dapat menguasai teknik-teknik dalam permainan. Teknik dasar bermain sepakbola adalah merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan atau mengerjakan sesuatu yang terlepas sama sekali dari permainan sepakbola.

Adapun mengenai teknik dasar sepakbola dapat penulis jelaskan sebagai berikut :

1. Teknik tanpa bola yaitu semua gerakan-gerakan tanpa bola terdiri dari :

  • a. Lari cepat dan mengubah arah.
  • b. Melompat dan meloncat.
  • c. Gerak tipu tanpa bola yaitu gerak tipu dengan badan.
  • d. Gerakan-gerakan khusus untuk penjaga gawang.

2. Teknik dengan bola  yaitu semua gerakan-gerakan dengan bola terdiri dari :

  • a. Mengenal bola
  • b. Menendang bola (shooting)
  • c. Menerima bola : menghentikan bola dan mengontrol bola
  • d. Menggiring bola (dribbling)
  • e. Menyundul bola (heading)
  • f. Melempar bola (throwing)
  • g. Gerak tipu dengan bola
  • h. Merampas atau merebut bola.
  • i. Teknik-teknik khusus penjaga gawang.

TEKNIK MENGUMPAN

Mengumpan dan menerima bola : yang terpenting dari sepakbola. Siapa tidak bisa passing, ia tidak bisa bermain sepakbola. Mengapa umpan?Karena mengumpan lebih efisien daripada menggiring. Camkan pula bahwa pembawa bola yang baik selalu mengumpan bola sebelum ia ‘habis’. Jadi jangan kalau sudah ‘habis’ baru mengumpankan bolanya.Sebab jika demikian, bolanya pasti bola yang ‘tidak enak’ makalah sejarah sepak bola, makalah sepak bola academia, makalah sepak bola slideshare.

Beberapa kesalahan dalam mengumpan: 1.Laju bola tidak sesuai dengan jarak passing (terlalu keras atau terlalu lembek). Jika terlalu keras, bola tak terjangkau teman.Jika terlalu lembek, bola terpotong lawan.2.Umpan tidak akurat. 3.Mengumpan padahal waktunya menembak.

Mengumpan tidak harus pas ke orangnya.Contoh : 1.Jika teman kita sedang berlari, kita memberinya umpan pada ruang kosong didepannya. 2.Jika kita ingin teman kita merangsek ke depan dalam waktu yang lebih cepat, kita memberinya umpan pada ruang kosong didepannya sehingga ia berlari kedepan untuk mengejar bola tersebut. 3.Umpan terobosankesimpulan materi sepak bola, makalah tentang bola voli.

Menerima bola tidak selalu harus menghentikannya: 1.Bisa langsung diarahkan pada teman. 2.Diarahkan ke arah kita akan berlari membawa bola (sehigga lebih hemat waktu). 3.Diarahkan ke arah kosong menjauh dari lawan terdekat (untuk mengurangi pressing pada diri kita).

PASSING

Beberapa macam passing: umpan 1-2 (wall pass), umpan terobosan (through pass), umpan silang (crossing), dan umpan diagonal.

Posisi pada sepak bola

  •  Keeper = Untuk mengamankan Gawang dari kebobolan gol atau disebut penjaga gawang.
  • Breaker = Pemain terakhir sebagai pelapis penjaga gawang.
  • Stopper = Pengawal Breaker, biasanya tergantung stategi pelatih berapa orang yang dipasang.
  • Wing Back = Pemain bertahan tapi bisa membantu serangan.
  • Playmaker = Pemain yang mengendalikan alur serangan atau disebut gelandang
  • Winger = Pemain murni sayap kiri atau kanan.
  • Target man = Penyerang utama atau disebut Striker Murni.
  • Striker Tandem = Penyerang pembantu yang biasanya posisi-nya agak dibelakang striker murni.

Jumlah Pemain di sepak bola :Terdiri dari 11 pemain dan tata letaknya tergantung strategi pelatih dalam menerapkan strategi :

  • 4-3-2-1 = 2 breaker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 2 winger : (2), 1 TargetMan : (1), dan biasanya pola ini dipakai apabila tim menginginkan pola Sedikit bertahan, namun bisa mengandalkan serangan balik.
  • 4-4-3 = 2 Breaker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 2 gelandang serang : (4), 2 Tandem striker, 1 TargetMan : (3), pola ini di pakai pelatih bila ingin melakukan serangan secara beruntun / bertubi-tubi memburu gol banyak.
  • 4-3-1-2 = 2 breker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 1 Tandem Striker : (1), 2 TargetMan : (2), pola ini hampir sama dengan 4-4-3 hanya agak kesulitan bila terjadi pertarungan di wilayah tengah terlebih musuh yang dihadapi mempunyai playmaker yang jagoan.
  • 5-3-2 = 1 Breaker, 2 stopper, 2 wingback : (5), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 1 tandem striker, 1 Targetman : (2), pola ini dipakai jika lawan yang dihadapi kelas berat dan ingin bertahan untuk mencuri point / angka, atau kalaupun kalah tidak dengan score telak.
  • 5-4-1 = 1 Breaker, 2 stopper, 2 wingback : (5), 2 gelandang bertahan, 2 gelandang serang : (3), 1 Targetman : (1), pola ini dinamakan defense football, full bertahan, dan sekedar bocoran lho… strategi ini seering dipakai oleh tim-tim dari tanah air, terlebih sebagai tamu, asal tidak kalah sudah bagus kesimpulan materi sepak bola, makalah tentang bola voli.
  • 3-5-2 = 1 Breaker, 2 stopper : (3), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang, 2 winger : (5), tandem striker, 1 Targetman : (2), pola ini bersifat kuno karena fungsi gelandang kurang variatif, terkesan bertumpuk dengan winger, dan ketika terjadi serangan akan terlambat turun kebawah mengingat posisi-nya lebih maju daripada wingback, khusus teknik ini liga eropa sudah tidak memakai, hanya mungkin di asia terutama negara kita.

Siapa Yang Ada Dilapangan :

  1. 22 Pemain
  2. 1 Wasit
  3. 2 Hakim Garis

Istilah-Istilah dalam Pertandingan :

  • Pinalti = Tendangan 12 pass tanpa penghalang
  • Free Kick = Tendangan bebas langsung atau tidak dengan penghalang
  • Out Time = Waktu habis
  • Kick Off = Dimulai-nya pertandingan
  • Add Time = Tambahan Waktu
  • Corner Kick = Tendangan Sudut
  • Offside = Mendahului masuk ke daerah lawan
  • Handsball = Bola menyentuh tangan
  • Card = Kartu (kuning dan merah)
  • Overlap = Melakukan serangan secara silang
  • Passing = Umpan silang / umpan lambung
  • Heading = Sundul bola
  • Crossing = Umpan datar
  • Man to man = Penjagaan satu lawan satu
  • Deffense = Bertahan
  • Offense = Menyerang
  • One-Two = Umpang balik dari kaki ke kaki
  • Shoot = Tembakan

Bab III

Kesimpulan

 Sepak bola disebut-sebut berasal dari daratan Cina. Dalam sebuah dokumen militer disebutkan, sejak 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, orang-orang sudah memainkan permainan bola yang disebut tsu chu. Tsu mempunyai arti “menerjang bola dengan kaki”. Sedangkan chu, berarti “bola dari kulit dan ada isinya”. Mereka bermain bola yang terbuat dari kulit binatang dengan cara menendang dan menggiringnya ke sebuah jaring yang dibentangkan pada dua tiang kesimpulan materi sepak bola, makalah tentang bola voli.

          Sepak bola adalah permainan yang sangat populer, karena permainan sepakbola sering dilakukan oleh anak-anak, orang dewasa maupun orang tua.

Saran

            Dalam bermain sepak bola hendaknya kita memperhatikan  teknik dan aturan-aturan dalam bermain sepak bola.

          Disamping memperhatikan hal diatas, tak lupa dalam bermain sepak bola ataupun olahraga lainnya kita tetap harus mengutamakan sportiftas bermain kesimpulan materi sepak bola, makalah tentang bola.

DOWNLOAD MAKALAH TENTANG SEPAK BOLA FORMAT WORD SIAP CETAK, KLIK TOMBOL DOWNLOAD DI BAWAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here