DASAR-DASAR KOMUNIKASI
DASAR-DASAR KOMUNIKASI

Disetiap kegiatan manusia, tak terlepas dari proses komunikasi. Segala hal yang dilakukan oleh manusia adalah wujud dari kegiatan komunikasi itu sendiri. Komunikasi adalah bagaimana interaksi yang terjadi baik antar individu maupun, interaksi yang dilakukan individu pada dirinya sendiri.

Dalam proses komunikasi, seseorang yang bertugas sebagai penyampai pesan, atau orang yang menyampaikan suatu ide pikiran disebut dengan komunikator, untuk posisi yang menerima pesan dari komunikator dinamakan komunikan. Ketika komunikasi berjalan dan ada tanggapan maka seorang komunikan dapat menempati posisi komunikator. Hal ini dikarenakan efek atau feedback yang terjadi selama komunikasi berlangsung.

Harold D. Lasswell menjelaskan, untuk mengiurai keragaman dan kompleksitas komunikasi dapat dilakukan dengan cara memetakan dan menjawab pertanyaan terkait dengan siapa, mengatakan apa, melalui media apa, kepada siapa dan bagimana efek yang terjadi. Dasar pemikiran Lasswell tidak jauh memiliki perbedaan dari pemikiran Aristoteles.

Lasswell menjelaskan secara ilmiah terkait dengan kajian proses komunikasi. Lasswell juga menentukan berbagai turunan yang memiliki titik berat untuk menjawab dari pertanyaan yang ada dalam kegiatan komunikasi itu sendiri. Model komunikasi Lasswell menggambarkan kajian proses komunikasi secara ilmiah yang menitikberatkan pada berbagai turunan dari setiap elemen komunikasi dan sekaligus merupakan jawaban dari pertanyaan yang telah ia kemukakan.

Kelima elemen komunikasi tersebut adalah:

  1. Sender atau komunikator sebagai pengirim pesan
  2. Message atau pesa yang disampaikan
  3. Channel atau media yang digunakan untuk mengirim pesan
  4. Receiver sebagai komunikan atau penerima pesan
  5. Effect atau umpan balik dari pesan yang disampaikan

Untuk mewujudkan proses komunikasi secara efektif, dari pengirim pesan ke penerima pesan, maka elemen diatas sesuai dari penjabaran Lasswell perlu dipenuhi, sehingga dapat meminimalkan ketidak efektifan sebuah pesan bahkan kegagalan pesan yang dikirim. Komunikator/pengirim, pesan, komunikan/penerima, media dan efek pesan inilah sebagai komponen tersebut (Notoatmodjo, 2005).

DASAR-DASAR KOMUNIKASI

Bahasa yang dipergunakan masuk dalam ranah factor semantic, sebagai alat untuk saluran buah pikiran, ide, gagasan, dll dari komunikator kepada komunikan. Gangguan semantic harus senantiasa diperhatikan oleh oleh seorang pengirim pesan, karena kesalahan dalam berbahasa, baik pengucapan atau cara bertutur sangat berpengaruh pada muatan pesan dan penerimaan pesan oleh komunikan.

Poin terpenting dari komunikasi adalah, pesan dari komunikator yang dapat diterima dengan baik oleh komunikan dan mampu membuat suatu perubahan sesuai harapan komunikator pada diri komunikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here