KOMUNIKASI MASSA Pengertian Komunikasi
KOMUNIKASI MASSA Pengertian Komunikasi

contoh komunikasi massa, karakteristik komunikasi massa, komunikasi massa pdf, ciri-ciri komunikasi massa, komunikasi massa menurut para ahli, efek komunikasi massa, fungsi komunikasi massa, komponen komunikasi massa, pengertian komunikasi secara umum, pengertian komunikasi menurut para ahli, pengertian komunikasi bisnis, tujuan komunikasi,proses komunikasi, fungsi komunikasi, definisi komunikasi, unsur-unsur komunikasi

Komunikasi adalah sebuah proses yang sangat kompleks . Dalam setiap interaksi manusia adalah masuk dalam proses komunikasi. Banyak pengertian terkait komunikasi menurut para ahli, diantaranya yang dikemukakan oleh Harold D. Lasswell, dan dimuat dalam tulisan dengan judul The Structure and Function of Comunication in Society (1948).

Harold D. Lasswell, memetakan bagaimana cara berkomunikasi dengan model yang sederhana dan dirasakan merupakan cara paling baik, untuk memberikan pemahaman bagaimana proses komunikasi terjadi. Dijelaskan bahwa dalam melakukan komunikasi bisa dengan menjawab pertanyaan yaitu: Who (Siapa), Says (Mengatakan apa), In Which Channel (Media apa yang digunakan), To Whom (Siapa orang yang menerima pesan), With What Effect (Efek yang terjadi). Penjabaran ini tidak jauh beda dengan pemikiran Aristoteles.

Model komunikasi Lasswell, merupakan gamabaran proses komunikasi secara ilmiah. Titik berat dari kajian Lasswell pada berbagai turunan, setiap aspek elemen komunikasi, sekaligus jawaban pertanyaan yang muncul, tentang komunikasi.

Elemen dari komunikasi Lasswell adalah:

  1. Orang (Komunikator/pengirim pesan/sumber dsb)
  2. Pesannya
  3. Medianya
  4. Orang (Komunikan/yang menerima muatan pesan)
  5. Akibat (Efek yang ada/terjadi)

Pengertian Komunikasi Efektif

Dasarnya prinsip yang ada dalam komunikasi adalah hal yang paling penting dan harus ada dalam proses komunikasi.Prinsip dasar komunikasi merupakan hal terpenting yang harus ada dalam sebuah proses kemunikasi.

Manusia adalah makhluk sosial yang hidup dan menjalankan seluruh kehidupannya sebagai individu dalam kelompok sosial, komunitas, organisasi, maupun masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari setiap manusia berinteraksi, membangun relasi dan transaksi sosial dengan orang lain. Hal diatas sebagai gambaran, dimanapun dan kapan saja manusia akan terus tak dapat terhindar dari kegiatan komunikasi.

Dimulai dengan berkomunikasi ke diri sendiri, dengan orang laian, maupun secara kelompok dan lain-lain.Komunikasi dapat terwujud secara efektif, baik dari pihak komunikator atau komunikan sebagai penerima pesan, maka komponen komunikasi seperti yang diungkapkan Lasswell harus terpenuhi.

Pengertian Komunikasi Tidak Efektif

Faktor semantik adalah faktor yang berkaitan dengan bahasa. Bahasa merupakan salah satu sarana verbal yang digunakan komunikator untuk menyalurkan ide atau pikiran serta apa yang dirasakan kepada lawan bicara. Ketika seseorang menggunakan bahasa verbal dalam berkomunikasi maka kemungkinkan akan muncul gangguan.

Gangguan dapat terjadi apabila pengucapan kata tidak jelas, atau ketika menggunakan bahasa tulis, dalam penulisan tidak jelas. Hal tersebut akan menimbulkan salah pengertian (misunderstanding) atau salah tafsir (misinterpretation), yang akan berujung pada kondisi salah komunikasi (miscommunication).

Berikut adalah contoh salah pengucapan: “Saya sudah lama di sini” menjadi “Saya susah lama di sini”. Kalimat pertama memberikan maksud, bahwa seseorang sudah berada dalam waktu yang lama di suatu tempat, sedangkan kalimat kedua berarti seseorang merasa tidak nyaman atau kesusahan berada di suatu tempat jika lama-lama.

Perceptual Distorsion

Hal ini disebabkan adanya perbedaan, cara pandang seseorang yang sempit baik menilai diri sendiri maupun orang lain. Efek cara pandang ini saat komunikasi terjadi dapat menimbulkan perbedaan pemaknaan pesan, wawasan serta pemikiran.

Cultural Differences

Perbedaan kebudayaan, lingkungan sosial dan agama menjadi dasar dari hambatan ini. Perbedaan ras, suku, bahasa, dan norma dapat terjadi dalam suatu kelompok atau organisasi. Dengan begitu biasanya akan muncul penggunaan bahasa dengan ucapan logat yang beragam. Contoh cultural differences adalah: “ besok kalian ditilik.i di kos ya?” menurut bahasa daerah Jawa Tengah “ditilik.i” adalah dijenguk atau dikunjungi, sedangkan jika bahasa Jawa Timur bermakna dicoba atau dirasakan. Apabila seseorang tidak sama-sama paham arti kata tersebut maka akan menjadi pertengkaran atau perselisihan karena salah mengartikan kata.

Physical Distractions

Hambatan ini berasal dari lingkungan fisik, yang merupakan gangguan ketika berlangsungnya proses komunikasi. Contoh gangguan ini adalah: saat gemuruh badai di kala hujan, suara lalu lalang kebisingan kendaraan, sinar matahari yang sangat terik.

Poor Choice of Communication Channels

Penggunaan media merupakan hambatan utama. Media yang digunakan untuk melancarkan proses komunikasi juga dapat mengalami kendala. Sebagai contoh: ketika seseorang melakukan panggilan video call melaui sosial media, tiba-tiba saluran terjeda akibat sinyal internet yang tidak setabil, sehingga pesan yang disampaikan menjadi tidak jelas.

No Feed Back

Pada kondisi ini yang menjadi permasalahan adalah ketika seorang komunikator menyampaikan suatu pesan atau informasi kepada komunikan, setelah pesan diterima tidak terjadi ttimbal balik atau hanya sekadar di dengar saja. Mengapa hal ini menjadi hambatan? Sebagai contoh: seorang bawahan menyampaikan keluhan berkaitan dengan jam kerja yang tidak semestinya kepada atasan, dengan harapan akan terjadi diskusi dan menjadi solusi atas keluhan karyawan, akan tetapi atasan hanya mendengarkan dan tidak merespon sama sekali. Karena tidak ada respon, maka menjadi gangguan karena tidak mendapatkan jalan tengah atau solusi.

contoh komunikasi massa, karakteristik komunikasi massa, komunikasi massa pdf, ciri-ciri komunikasi massa, komunikasi massa menurut para ahli, efek komunikasi massa, fungsi komunikasi massa, komponen komunikasi massa, pengertian komunikasi secara umum, pengertian komunikasi menurut para ahli, pengertian komunikasi bisnis, tujuan komunikasi,proses komunikasi, fungsi komunikasi, definisi komunikasi, unsur-unsur komunikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here