Manfaat Jogging Fisik Dan Mental

Sehatalami.me – Jogging atau berlari kecil ini lebih dari sekedar tindakan fisik. Hal ini melibatkan latihan mental yang bisa sama sulitnya dengan aktivitas bergerak yang sebenarnya. Bahkan, olahraga ini sudah mulai banyak dan sering dijadikan orang sebagai pilihan olahraganya. Bukanlah tanpa alasan, olahraga ini bisa dilakukan kapan saja, mungkin pagi ataupun sore hari. 

Namun, tahukah Anda bahwa dengan berjogging ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, baik itu manfaat kesehatan fisik maupun mental.

Daftar isi

Jika saat ini Anda masih bermalas-malasan dengan olahraga yang satu ini, maka sebaiknya cobalah baca penjelasan dibawah agar mengetahui berbagai manfaat yang bisa didapatkan saat anda berjogging secara rutin setiap harinya. 

Mungkin juga penjelasan berikut bisa dijadikan sebagai motivasi untuk dapat segera memulai kebiasaan hidup yang lebih sehat.

Manfaat kesehatan dari Jogging terbagi menjadi dua, yakni manfaat fisik serta manfaat Mental.

Manfaat Kesehatan Fisik dari Jogging

Manfaat Kesehatan Fisik Dari Jogging
Secara umum terdapat 4 manfaat fisik yang bisa anda dapatkan dari Jogging, berikut diantaranya:

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tidak mengherankan bahwa salah satu manfaat kesehatan terbaik dari joging setiap hari adalah baik untuk jantung Anda. Karena berlari adalah latihan aerobik, yang artinya hal tersebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung, penyakit kardiovaskular, serta bahkan dapat meningkatkan umur jadi lebih panjang.

Meningkatkan Kapasitas Paru

Bekerja berdampingan dengan jantung adalah paru-paru. Saat Anda jogging, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dari pada saat duduk (contohnya: duduk di sofa atau kursi). Cara ini dapat digunakan untuk meningkatkan dan memperkuat fungsi pernapasan. 
Segeralah bangun dan bergerak, hal ini adalah cara untuk melakukannya. Dengan jogging yang konsisten, tubuh akan meningkatkan kapasitas asupan paru-paru dari waktu ke waktu.

Menurunkan Berat Badan

Dibandingkan dengan manfaat kesehatan fisik lainnya pada saat Anda joging setiap hari, menurunkan berat badan adalah salah satu yang dapat Anda lihat sendiri secara visual dari waktu ke waktu. 
Jogging adalah cara yang bagus untuk mengelola dan menurunkan berat badan, karena membuat tubuh bergerak dan jantung memompa secara teratur.

Tubuh tidak hanya akan membakar kalori selama berlari saja, akan tetapi juga hingga 48 jam sesudahnya. Hal ini akan menuai manfaat fisik dari joging bahkan mempercepat metabolisme tubuh.

Meningkatkan Kebugaran

Dengan jogging setiap hari, tubuh pasti akan menjadi lebih bugar. Hal ini adalah satu cara untuk menurunkan berat badan tetapi hal itu adalah cara lain untuk menjadi bugar dan sehat
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, fungsi pernapasan Anda akan secara substansial dapat menyelesaikan tugas yang ada dengan sedikit usaha dan tenaga. Tingkat daya tahan tubuh akan meningkat jadi lebih bugar, tentunya manfaat ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kesehatan Mental dari Jogging

Manfaat Kesehatan Mental Dari Jogging
Secara umum terdapat 3 manfaat mental yang bisa anda dapatkan dari Jogging, berikut diantaranya:

Meredakan Stres

Jogging adalah penghilang stres yang hebat. Hal ini bisa bekerja dengan dua cara. Anda dapat mengalihkan pikiran pada saat Jogging sehingga masalah-masalah yang didapat bisa teralihkan, sehingga lebih memfokuskan pada olahraga ini.

Atau, Anda dapat menghindarinya sebentar dan memberikan ruang yang memang sangat dibutuhkan. 

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan waktu untuk menjernihkan pikiran dan memikirkan sesuatu yang lain sebentar.

Apa pun itu, joging adalah cara yang efisien untuk menghilangkan stres dan membantu tubuh mendapatkan perspektif tentang berbagai hal.

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Saat pertama kali memulai aktivitas Jogging Mungkin Anda tidak terlalu hebat ataupun lincah dalam berlari. Kemungkinan tubuh hanya bisa berjalan jauh pada percobaan pertama atau bisa saja menyerah di tengah jalan. Hal tersebut sudah biasa terjadi, bak kata pepatah ala bisa karena biasa. 
Cukup selalu konsisten secara rutin, pasti tubuh akan langsung merasakan manfaat nyatanya, seperti meningkatkan rasa percaya diri.

Meningkatkan kepercayaan diri adalah manfaat kesehatan mental yang luar biasa dari jogging. 

Tentu saja, dengan kepercayaan diri yang semakin tumbuh dan meningkat sehingga dapat diterapkan di semua bidang kehidupan. Jadi Anda tidak hanya akan meningkatkan kebugaran tubuh saja, melainkan juga akan mendapatkan berbagai manfaat luar biasa lainnya.

Meningkatkan Kebahagiaan

Apakah Anda pernah merasa senang saat selesai berlari? Anda telah mengalami fenomena umum yang dikenal sebagai “runner’s high”. Hal inilah yang membuat jogging jadi ketagihan bagi sebagian orang. 
Olahraga ini dapat membantu untuk melepaskan endorfin yang membawa Anda ke kondisi euforia.

Jadi lain kali saat Anda merasa malas dengan olahraga tersebut, ketahuilah bahwa pada akhirnya Anda akan sangat senang melakukannya.

Kesimpulan

Seperti yang terlihat, manfaat kesehatan dari joging setiap hari tidak hanya mencakup hasil fisik tetapi juga mental. Serta melatih tubuh jadi dapat melatih pikiran. Selama Anda berkomitmen untuk selalu berlatih, maka tubuh akan dapat menuai manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here