Buah dan Sayur yang mengandung Vitamin A
Buah dan Sayur yang mengandung Vitamin A Tinggi – Vitamin A adalah vitamin yang berkhasiat untuk kesehatan penglihatan, kulit, tulang, dan jaringan lain dalam tubuh. Vitamin A sering berfungsi sebagai antioksidan, melawan kerusakan sel, dan juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Jenis Vitamin A

Ada dua jenis vitamin A, yaitu Vitamin A preformed dan Pro-vitamin A. Berikut penjelasannya :

1. Vitamin A Preformed

Vitamin A preformed dapat juga disebut dengan retinol yang dapat ditemukan pada produk hewani. Sumber yang baik dapat ditemukan pada susu, telur, daging, keju, hati, minyak ikan halibut, krim, dan ginjal. 

2. Pro-Vitamin A

Sedangkan Pro-Vitamin A ditemukan dalam makanan nabati seperti buah-buahan dan sayuran, menurut US National Library of Medicine (NLM) . Jenis pro-vitamin A yang paling umum adalah beta-karoten, karotenoid yang menghasilkan pigmen gelap dalam makanan nabati. 
Beta-karoten dapat ditemukan dalam makanan berwarna cerah, berikut contoh buah yang mengandung beta-karoten : 
  • Blewah 
  •  Jeruk 
  •  Aprikot 
  •  Wortel 
  •  Labu 
  •  Ubi jalar 
  •  Labu  
  • Sayuran berdaun hijau tua 
  • Brokoli 

Manfaat

Vitamin A memiliki banyak fungsi yang bervariasi. Retinol tidak hanya menciptakan pigmen di retina mata (menurut NLM) tetapi juga merupakan bagian integral untuk penglihatan yang baik, terutama penglihatan malam, dan kesehatan mata secara keseluruhan.
Sebuah studi penyakit mata terkait usia oleh National Eye Institute menemukan bahwa mengonsumsi antioksidan tingkat tinggi, seperti vitamin A, bersama dengan seng, dapat mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia lanjut sekitar 25 persen. 
Degenerasi makula terkait usia adalah penyebab paling umum hilangnya penglihatan pada populasi yang lebih tua, kata Ross.

Vitamin A juga membantu kulit tumbuh sekaligus memperbaiki kulit. 

Fungsi lain vitamin A meliputi pembentukan dan pemeliharaan gigi, tulang, jaringan lunak, sel darah putih, sistem kekebalan tubuh dan selaput lendir. Beta-karoten juga bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.  
Meskipun banyak antioksidan mencegah kanker, tidak ada bukti bahwa suplemen beta-karoten sangat membantu dalam pencegahan kanker (menurut National Cancer Institute) . Di sisi lain, beta-karoten alami yang dapat dikonsumsi melalui sayuran dan buah-buahan terbukti membantu mencegah kanker dalam banyak penelitian.

Negara Mana Yang Masih Banyak Kekurangan Vitamin A ?

Kekurangan vitamin A jarang terjadi pada negara-negara maju, hal ini masih sering terjadi di banyak negara berkembang. “Faktanya, kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan anak-anak di Asia Tenggara,” kata Greuner.

Sebanyak 250.000 hingga 500.000 anak-anak di seluruh dunia karena kekurangan vitamin A menjadi buta setiap tahunnya. Setengah dari anak-anak itu meninggal dalam waktu 12 bulan karena kehilangan penglihatan (menurut Organisasi Kesehatan Dunia) . Akibat dari kekurangan vitamin A diantaranya adalah kebutaan, mata kering, diare, bahkan masalah kulit.

Dosis vitamin A rumit?

Terlalu sedikit dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit dan masalah penglihatan sementara terlalu banyak dapat membuat banyak masalah juga. Asupan makanan yang direkomendasikan untuk vitamin A tergantung pada usia, jenis kelamin, dan status reproduksi.

Dietary Reference Intakes (DRI) untuk wanita dewasa adalah 700 mikrogram (mcg) dan untuk pria dewasa adalah 900 mcg per hari(menurut University of Maryland Medical Center). Dosis lebih dari 25.000 International Unit (IU) per hari harus dihindari karena hal ini cenderung menyebabkan efek samping (menurut NLM).

Satu IU adalah ekuivalen biologis 0,3 mcg retinol, atau 0,6 mcg beta-karoten (menurut National Institute of Health). Sebagai perbandingan, kentang manis panggang (setengah cangkir) memiliki 19.218 IU vitamin A (menurut Departemen Pertanian AS). Sebuah blewah sedang memiliki 18.668 IU dan wortel cincang (setengah cangkir) memiliki 10.692 IU.

Buah dan Sayur yang mengandung Vitamin A Tinggi

Buah dan Sayur yang mengandung Vitamin A
Dibawah ini terdapat buah dan sayur yang mengandung vitamin A yang cukup tinggi, dan pastinya sangat berkhasiat pada kesehatan tubuh.

1. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin A yang tinggi. Buah ini sangat mudah ditemukan di negara-negara yang beriklim tropis, khususnya di negara Indonesia, selain itu harga pasarannya juga relatif terjangkau.

2. Wortel

Wortel adalah buah yang sudah banyak dikenal mengandung vitamin A yang tinggi. Setiap kali seseorang terpikirkan tentang vitamin A, tentu langsung terlintas jika buah wortel ini adalah jawaban yang tepat.

Bukanlah tanpa sebab, manfaat yang ada pada buah ini memang sudah terbukti berkhasiat untuk orang yang kekurangan vitamin A, khususnya pengobatan pada mata (biasanya mata min – )

3. Blewah

Selain menyegarkan untuk dikonsumsi, ternyata buah ini juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Jadi, kalian tidak hanya mendapatkan sensasi kesegarannya saja, melainkan terdapat manfaat yang sangat berguna.

4. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, hal ini menjadikan bayam sebagai sayuran yang paling mudah dikonsumsi.

Bahkan ada pula yang mengolah bayam sebagai jus guna mendapat khasiat lebih maksimal.

Keistimewaan lainnya adalah bayam ini aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Sayur ini juga dapat dikonsumsi diberbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

5. Selada

Sayuran yang lazim disajikan dalam keadaan mentah ini, secara biologi dikenal dengan nama Lactuca sativa. Tak hanya mengandung vitamin A yang tinggi, jenis sayuran ini juga memiliki efek mengenyangkan sehingga bisa dikonsumsi pada saat diet, selain itu sayuran ini tidak akan menyebabkan efek kegemukan pada tubuh.

6. Brokoli

Sayuran yang memiliki bentuk seperti kembang kol ini memiliki rasa yang kurang nikmat saat dikonsumsi. sehingga banyak anak yang kurang menyukai sayuran hijau ini.

Tak hanya itu, brokoli juga memiliki aroma langu pada saat mentah. Akan tetapi, dibalik itu terdapat kandungan vitamin A yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebenarnya, tidak hanya sayur dan buah yang disebutkan di atas saja, melainkan juga masih banyak buah dan sayuran yang kaya akan vitamin A.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here