Manfaat Olahraga Lari

Manfaat Olahraga Lari Untuk Kesehatan Tubuh – Semua orang tahu bahwa berlari adalah cara yang bagus untuk membentuk tubuh, namun tahukah sobat, ternyata berlari juga dapat menguntungkan di hampir setiap bagian tubuh dan dapat meningkatkan suasana hati sobat. 

Kebanyakan orang yang baru mengenal olahraga berlari memang terasa berat, tak jarang juga seseorang berhenti disaat belum mendapatkan tujuan dari olahraga lari nya. 

6 Manfaat Kesehatan Dari Olahraga Lari

Manfaat Olahraga Lari
Tak mengapa jika saat seseorang berniat untuk serius dengan olahraga lari ini memang tidaklah mudah, namun hal itu sebanding dengan manfaat yang akan didapat oleh tubuh itu sendiri. 
Lain kali jika sobat berpikir untuk berhenti olahraga lari, pikirkanlah terlebih dahulu enam alasan berikut ini agar tidak menyesal dikemudian hari.
 

1. Berlari Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Percaya atau tidak, berlari sebenarnya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat kesehatan tubuh secara keseluruhan. 
Penelitian menunjukkan bahwa berlari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus membantu seseorang meningkatkan fungsi dan penggunaan paru-paru. Selain itu, berlari juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko pengembangan gumpalan darah.

2. Mencegah Berbagai Penyakit

Bagi wanita, berlari sebenarnya dapat membantu menurunkan risiko kanker. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko terkena stroke. Saat ini banyak dokter yang merekomendasikan berlari untuk orang-orang yang berada pada tahap awal diabetes, tekanan darah tinggi, dan osteoporosis, dan terbukti membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung. 
Dengan membantu arteri mempertahankan elastisitasnya dan menguatkan jantung, peluang seseorang menderita serangan jantung dapat dikurangi secara signifikan.

3. Menurunkan Berat Badan

Berlari adalah salah satu bentuk latihan terbaik untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan secara konsisten. 
Seseorang akan menemukan bahwa ini adalah cara terdepan untuk membakar kalori ekstra dan bahwa ini adalah latihan paling efektif kedua dalam hal kalori yang dibakar per menit.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Tidak semua manfaat berlari bersifat secara fisik saja. Berlari juga dapat memberikan dorongan nyata untuk kepercayaan diri dan harga diri seseorang. 
Dengan menetapkan dan mencapai tujuan, sobat dapat membantu memberi rasa pemberdayaan yang lebih besar yang akan membuat seseorang merasa jauh lebih bahagia.

5. Meredakan Stres

Stres sebenarnya dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan dan pastinya menurunkan suasana hati. Hal ini juga dapat mengurangi nafsu makan dan kualitas tidur. 
Saat sobat berlari, sobat memaksa tubuh untuk mengerahkan energi dan hormon berlebih. Berlari juga membantu mengurangi kemungkinan seseorang mengalami sakit kepala karena tegang.

6. Menghilangkan Depresi

Ketika seseorang mengalami depresi, hal terakhir yang mungkin ingin dilakukan adalah bangun dan berlari. Namun sobat akan menemukan bahwa setelah hanya beberapa menit berjalan, otak akan mulai mengeluarkan hormon yang secara alami meningkatkan suasana hati. 
Faktanya, ada beberapa hal di dunia yang dapat lebih baik atau lebih cepat mengobati depresi daripada olahraga contohnya berlari.

Berlari sangat bermanfaat bagi tubuh, pikiran, dan jiwa. Sobat akan menemukan bahwa bahkan lari singkat dapat membuat seseorang merasa lebih bersemangat, lebih fokus dan lebih mampu menikmati semua yang ada pada kehidupan ini.

Kesimpulan

Berlari tidak hanya bermanfaat pada fisik saja, melainkan juga bermanfaat pada mental seseorang. Dengan berbagai manfaatnya tak heran jika saat ini sudah banyak orang-orang yang mulai memperhatikan kesehatan tubuhnya dengan olahraga lari sebagai salah satu pilihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here