KI KD Teknik Komputer dan Jaringan 2019

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika

Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan (C1)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),

bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian

nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 KOMPETENSI INTI 4
(PENGETAHUAN) (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, 4. Melaksanakan tugas spesifik
menganalisis, dan dengan menggunakan alat,
mengevaluasi tentang informasi, dan prosedur kerja
pengetahuan faktual, yang lazim dilakukan serta
konseptual, operasional dasar, memecahkan masalah sesuai
dan metakognitif sesuai dengan dengan lingkup Simulasi dan
bidang dan lingkup Simulasi Komunikasi Digital, dan Dasar
dan Komunikasi Digital, dan Bidang Teknologi Informasi dan
Dasar Bidang Teknologi

Informasi dan Komunikasi pada

Komunikasi.
tingkat teknis, spesifik, detil, Menampilkan kinerja di bawah
dan kompleks, berkenaan bimbingan dengan mutu dan
dengan ilmu pengetahuan, kuantitas yang terukur sesuai
teknologi, seni, budaya, dan dengan standar kompetensi kerja.
humaniora dalam konteks Menunjukkan keterampilan
pengembangan potensi diri menalar, mengolah, dan menyaji
sebagai bagian dari keluarga, secara efektif, kreatif, produktif,
sekolah, dunia kerja, warga kritis, mandiri, kolaboratif,
masyarakat nasional, regional, komunikatif, dan solutif dalam
dan internasional. ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
KOMPETENSI INTI 3 KOMPETENSI INTI 4
(PENGETAHUAN) (KETERAMPILAN)
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang

dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

: Simulasi dan Komunikasi Digital

: 108 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan logika dan

algoritma komputer

4.1 Menggunakan fungsi-fungsi

perintah (Command)

3.2 Menerapkan metode peta-

minda

4.2 Membuat peta-minda
3.3 Mengevaluasi paragraf

deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif

4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata
3.4 Menerapkan logika dan

operasi perhitungan data

4.4 Mengoperasikan perangkat

lunak pengolah angka

3.5 Menganalisis fitur yang tepat

untuk pembuatan slide

4.5 Membuat slide untuk

presentasi

3.6 Menerapkan teknik presentasi

yang efektif

4.6 Melakukan presentasi yang

efektif

3.7 Menganalisis pembuatan e-

book

4.7 Membuat e-book dengan

perangkat lunak e-book editor

3.8 Memahami konsep

Kewargaan Digital

4.8 Merumuskan etika Kewargaan

Digital

3.9 Menerapkan teknik

penelusuran Search Engine

4.9 Melakukan penelusuran

informasi

3.10 Menganalisis komunikasi

sinkron dan asinkron dalam

jaringan

4.10 Melakukan komunikasi

sinkron dan asinkron dalam

jaringan

3.11 Menganalisis fitur perangkat

lunak pembelajaran

kolaboratif daring

4.11 Menggunakan fitur untuk

pembelajaran kolaboratif

daring (kelas maya)

3.12 Merancang dokumen tahap

pra-produksi

4.12 Membuat dokumen tahap pra-

produksi

3.13 Menganalisis produksi video,

animasi dan/atau musik

digital

4.13 Memroduksi video dan/atau

animasi dan/atau musik

digital

3.14 Mengevaluasi pasca-produksi

video, animasi dan/atau musik digital

4.14 Membuat laporan hasil pasca- produksi

: Fisika

: 108 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami konsep besaran

pokok, besaran turunan, dan

satuan dalam pengukuran

4.1 Menyaji hasil pengukuran

besaran fisis menggunakan

alat ukur dan teknik yang

tepat

3.2 Memahami konsep usaha,

energi, daya dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari.

4.2 Melakukan percobaan untuk

menentukan usaha pesawat

sederhana

3.3 Menganalisis sifat elastisitas

bahan

4.3 Menyajikan hasil percobaan

tentang elastisitas benda

3.4 Menganalisis hubungan

antara getaran dan gelombang

serta besaran-besaran nya yang terkait

4.4 Mendemonstrasikan fenomena

gelombang dengan peralatan

sederhana

3.5 Menganalisis optik fisis dan geometri 4.5 Menyajikan hasil percobaan

tentang optik fisis / geometri

3.6 Mengevaluasi proses

pemuaian, perubahan wujud

zat dan perpindahan kalor

4.6 Menyaji hasil penyelidikan

mengenai perpindahan kalor

menggunakan azas black

3.7 Menganalisis konsep listrik

statis dalam bidang teknologi

informasi dan komunikasi

4.7 Mengatasi berbagai masalah yang diakibatkan oleh listrik statis pada komponen- komponen teknologi informasi

dan komunikasi

3.8 Memahami hukum-hukum

kelistrikan arus searah

4.8 Menyajikan hasil percobaan

hukum-hukum kelistrikan

arus searah

3.9 Memahami konsep

kemagnetan dan

elektromagnet

4.9 Menyajikan hasil percobaan

tentang medan magnet dan

induksi magnet

3.10 Mengevaluasi dampak radiasi

elektromagnetik secara

kualitatif

4.10 Membuat karya tulis tentang

dampak radiasi

elektromagnetik

: Kimia

: 108 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami peran kimia dalam 4.1 Menunjukkan perbedaan
kehidupan perubahan materi dan

pemisahan campuran melalui praktikum

3.2 Menganalisis struktur atom

berdasarkan konfigurasi

elektron untuk menentukan

letak unsur dalam tabel

periodik

4.2 Menentukan letak unsur

dalam tabel periodik pada

struktur atom dengan

menggunakan konfigurasi

elektron

3.3 Menganalisis proses

pembentukan ikatan ion,

ikatan kovalen, dan ikatan

logam serta interaksi antar

partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi

4.3 Menyajikan pembentukan

ikatan ion, ikatan kovalen,

dan ikatan logam yang terjadi

pada beberapa senyawa dalam

kehidupan sehari hari

3.4 Memahami konsep massa

molekul relatif dan konsep

mol

4.4 Menyelesaikan permasalahan

yang berkaitan dengan konsep

massa molekul relatif dan

konsep mol

3.5 Memahami Hukum-hukum

dasar dan persamaan kimia

4.5 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hukum-hukum dasar dan persamaan kimia
3.6 Menganalisis struktur, sifat

senyawa hidrokarbon

(ALKENA )

4.6 Menyajikan hasil identifikasi

senyawa hidrokarbon

(ALKENA) yang terdapat

dalam kehidupan sehari hari

3.7 Menganalisis struktur, tata

nama, sifat, penggolongan

dan kegunaan polimer

4.7 Mengintegrasikan antara

struktur, tata nama, sifat,

penggolongan polimer dengan

kegunaan polimer dalam kehidupan sehari hari

3.8 Mengevaluasi sifat larutan

berdasarkan konsep asam

basa dan pH larutan

4.8 Menyajikan tabel hasil

percobaan asam basa dengan

menggunakan indikator

universal, kertas lakmus dan indikator alam

3.9 Menganalisis gejala proses

penyepuhan dan faktor-faktor

yang mempengaruhi

terjadinya korosi

4.9 mengajukan ide/gagasan untuk mengatasi proses korosi berdasarkan faktor- faktor yang mempengaruhinya pada kehidupan sehari hari

melalui percobaan yang dilakukan

3.10 Menganalisis manfaat dan

kerugian Radiokimia dalam

kehidupan sehari – hari

4.10 Mengajukan gagasan untuk

mengatasi dampak negatif

dari Radiokimia

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika

Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan (C2)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),

bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian

nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 KOMPETENSI INTI 4
(PENGETAHUAN) (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, 4. Melaksanakan tugas spesifik,
menganalisis, dan dengan menggunakan alat,
mengevaluasi tentang informasi, dan prosedur kerja
pengetahuan faktual, yang lazim dilakukan serta
konseptual, operasional menyelesaikan masalah
dasar, dan metakognitif sederhana sesuai dengan bidang
sesuai dengan bidang dan dan lingkup kerja Dasar-dasar
lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Teknik Komputer dan Informatika
Informatika pada tingkat Menampilkan kinerja mandiri
teknis, spesifik, detil, dan dengan mutu dan kuantitas yang
kompleks, berkenaan dengan terukur sesuai dengan standar
ilmu pengetahuan, teknologi, kompetensi kerja.
seni, budaya, dan humaniora Menunjukkan keterampilan
dalam konteks pengembangan menalar, mengolah, dan menyaji
potensi diri sebagai bagian secara efektif, kreatif, produktif,
dari keluarga, sekolah, dunia kritis, mandiri, kolaboratif,
kerja, warga masyarakat komunikatif, dan solutif dalam

nasional, regional, dan ranah abstrak terkait dengan

KOMPETENSI INTI 3 KOMPETENSI INTI 4
(PENGETAHUAN) (KETERAMPILAN)
internasional. pengembangan dari yang

dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

Mata Pelajaran : Sistem Komputer

Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami sistem bilangan (Desimal, Biner,

Heksadesimal)

4.1 Mengkonversikan sistem

bilangan (Desimal, Biner,

Heksadesimal) dalam

memecahkan masalah konversi

3.2 Menganalisis relasi logika

dasar, kombinasi dan

sekuensial (NOT, AND, OR);

(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);

(Flip Flop, counter)

4.2 Merangkai fungsi gerbang logika

dasar, kombinasi dan sekuensial

(NOT, AND,

OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);

melalui ujicoba (Flip Flop,

counter)

3.3 Menerapkan operasi logika

Aritmatik (Half-Full Adder,

Ripple Carry Adder)

4.3 Mempraktikkan operasi Logik

Unit (Half-Full Adder, Ripple

Carry Adder)

3.4 Mengklasifikasikan rangkaian

Multiplexer, Decoder, Register

4.4 Mengoperasikan aritmatik dan

logik pada Arithmatic Logic Unit

(Multiplexer, Decoder, Register)

3.5 Menerapkan elektronika dasar

(kelistrikan, komponen

elektronika dan skema rangkaian elektronika)

4.5 Mempraktikkan fungsi

kelistrikan dan komponen

elektronika)

3.6 menerapkan dasar dasar

mikrokontroler

4.6 manipulasi dasar-dasar mikrokontroler (port IO, clock, arsitektur RISK, general purpose

RISK, stack pointer, SRAM,

EEPROM, SREG)

3.7 Menganalisis blok diagram

dari sistem mikro komputer

(arsitektur komputer)

4.7 Menyajikan gambar minimal

sistem mikro komputer

berdasarkan blok diagram dan

sistem rangkaian (arsitektur

computer)

3.8 Mengevaluasi Perangkat

Eksternal / Peripheral

4.8 Merangkai perangkat eksternal

dengan consule unit

3.9 Menganalisis memori

berdasarkan karakteristik

sistem memori

(lokasi,kapasitas, kecepatan, cara akses, tipe fisik)

4.9 Membuat alternatif kebutuhan untuk memodifikasi beberapa memori dalam sistem computer
3.10 Menganalisa Struktur CPU

dan fungsi CPU

4.10 Menyajikan Rangkaian internal

CPU

Mata Pelajaran : Komputer dan Jaringan Dasar

Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan K3LH disesuaikan 4.1 Melaksanakan K3LH
dengan lingkungan kerja dilingkungan kerja
3.2 Menerapkan perakitan

komputer

4.2 Merakit komputer
3.3 Menerapkan pengujian perakitan komputer 4.3 Menguji kinerja komputer
3.4 Menerapkan konfigurasi BIOS

pada komputer

4.4 Melakukan seting BIOS
3.5 Menerapkan instalasi sistem

operasi

4.5 Menginstalasi sistem operasi
3.6 Menerapkan instalasi driver 4.6 Menginstalasi driver perangkat
perangkat keras komputer keras komputer
3.7 Menerapkan instalasi software

aplikasi

4.7 Menginstalasi software aplikasi
3.8 Menerapkan perawatan 4.8 Melakukan perawatan
perangkat keras komputer perangkat keras komputer
3.9 Menganalisis permasalahan 4.9 Melakukan perbaikan pada
pada perangkat keras perangkat keras
3.10 Menganalisis permasalahan 4.10 Mengelola perbaikan pada
pada instalasi software aplikasi instalasi software aplikasi
3.11 Menerapkan instalasi jaringan 4.11 Menginstalasi jaringan
komputer komputer
3.12 Menerapkan pengalamanatan 4.12 Mengkonfigurasi pengalamatan
IP pada jaringan komputer IP pada jaringan komputer
3.13 Menerapkan sumber daya 4.13 Menginstalasi sumber daya
berbagi pakai pada jaringan berbagi pakai pada jaringan
komputer komputer
3.14 Menerapkan instalasi koneksi 4.14 Menginstalasi koneksi internet
internet pada workstation pada workstation
3.15 Mengevaluasi desain jaringan lokal (LAN) 4.15 Mendesain jaringan lokal (LAN)
3.16 Menerapkan instalasi jaringan 4.16 Menginstalasi jaringan lokal
lokal (LAN) (LAN)
3.17 Menerapkan perawatan 4.17 Melakukan perawatan jaringan
jaringan lokal (LAN) lokal (LAN)
3.18 Menganalisis permasalahan 4.18 Mengelola perbaikan pada
pada jaringan lokal (LAN) jaringan lokal (LAN)

Mata Pelajaran : Pemrograman Dasar

Jam Pelajaran : 144 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan alur logika

pemrograman komputer

4.1 Membuat alur logika

pemrograman komputer

3.2 Memahami perangkat lunak 4.2 Melakukan Instalasi perangkat
bahasa pemrograman lunak bahasa pemrograman
3.3 Menerapkan alur

pemrograman dengan

struktur bahasa pemrograman komputer

4.3 Menulis kode pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman
3.4 Menerapkan penggunaan

tipe data, variabel,

konstanta, operator, dan

ekspresi

4.4 Membuat kode program dengan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
3.5 Menerapkan operasi

aritmatika dan logika

4.5 Membuat kode program dengan

operasi aritmatika dan logika

3.6 Menerapkan struktur

kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman

4.6 Membuat kode program struktur kontrol percabangan
3.7 Menerapkan struktur

kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman

4.7 Membuat kode program struktur kontrol perulangan
3.8 Menganalisis penggunaan

array untuk penyimpanan

data di memori

4.8 Membuat kode program untuk

menampilkan kumpulan data

array

3.9 Menerapkan penggunaan

fungsi

4.9 Membuat kode program

menggunakan fungsi

3.10 Menerapkan pembuatan

antar muka (User Intreface) pada aplikasi

4.10 Membuat antar muka (User

Intreface) pada aplikasi

3.11 Menerapkan berbagai

struktur kontrol dalam

aplikasi antar muka (User Intreface).

4.11 Membuat kode program berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface).
3.12 Menganalisis pembuatan

aplikasi sederhana berbasis

antar muka (User Intreface)

4.12 Membuat aplikasi sederhana

berbasis antar muka (User

Intreface)

3.13 Mengevaluasi debuging

aplikasi pada sederhana

4.13 Menggunakan debuging pada aplikasi sederhana
3.14 Mengevaluasi paket installer 4.14 Memformulasikan paket installer
aplikasi sederhana aplikasi sederhana

Mata Pelajaran : Dasar Desain Grafis

Jam Pelajaran : 144 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata 4.1 Menempatkan unsur-unsur tata
letak berupa garis, ilustrasi, letak berupa garis, ilustrasi,
tipografi, warna, gelap-terang, tipografi, warna, gelap-terang,
tekstur, dan ruang tekstur, dan ruang
3.2 Mendiskusikan fungsi, dan 4.2 Menempatkan berbagai fungsi,
unsur warna CMYK dan RGB dan unsur warna CMYK dan

RGB.

3.3 Mendiskusikan prinsip-prinsip 4.3 Menerapkan hasil prinsip-
tata letak, antara lain : proporsi, prinsip tata letak, antara lain :
irama (rythm), keseimbangan, proporsi, irama (rythm),
kontras, kesatuan (unity), dan keseimbangan, kontras,
harmoni dalam pembuatan kesatuan (unity), dan harmoni
desain grafis dalam pembuatan desain grafis
3.4 Mendiskusikan berbagai format 4.4 Menempatkan berbagi format
gambar gambar
3.5 Menerapkan prosedur scanning 4.5 Melakukan proses scanning
gambar/ ilustrasi/teks dalam gambar/ ilustrasi/teks dengan
desain alat scanner dalam desain
3.6 Menerapkan perangkat lunak 4.6 Menggunakan perangkat lunak
pengolah gambar vektor pengolah gambar vektor
3.7 Menerapkan manipulasi gambar 4.7 Memanipulasi gambar vektor
vektor dengan menggunakan fitur efek dengan menggunakan fitur efek
3.8 Menerapkan pembuatan desain 4.8 Membuat desain berbasis
berbasis gambar vektor gambar vektor
3.9 Menerapkan perangkat lunak 4.9 Menggunakan perangkat lunak
pengolah gambar bitmap (raster) pengolah gambar bitmap (raster)
3.10 Menerapkan manipulasi gambar 4.10 Memanipulasi gambar raster
raster dengan menggunakan fitur efek dengan menggunakan fitur efek
3.11 Mengevaluasi pembuatan desain 4.11 Membuat desain berbasis
berbasis gambar bitmap (raster) gambar bitmap (raster)
3.12 Mengevaluasi penggabungan 4.12 Membuat desain penggabungan
gambar vektor dan bitmap gambar vektor dan bitmap
(raster) (raster)

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika

Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan (C3)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),

bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian

nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 KOMPETENSI INTI 4
(PENGETAHUAN) (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, 4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menganalisis, dan menggunakan alat, informasi, dan
mengevaluasi tentang prosedur kerja yang lazim dilakukan
pengetahuan faktual, serta memecahkan masalah sesuai
konseptual, operasional dasar, dengan bidang kerja Teknik
dan metakognitif sesuai Komputer dan Jaringan.
dengan bidang dan lingkup Menampilkan kinerja di bawah
kerja Teknik Komputer dan bimbingan dengan mutu dan
Jaringan pada tingkat teknis, kuantitas yang terukur sesuai
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu dengan standar kompetensi kerja.
pengetahuan, teknologi, seni, Menunjukkan keterampilan
budaya, dan humaniora dalam menalar, mengolah, dan menyaji
konteks pengembangan secara efektif, kreatif, produktif,
potensi diri sebagai bagian kritis, mandiri, kolaboratif,
dari keluarga, sekolah, dunia komunikatif, dan solutif dalam
kerja, warga masyarakat ranah abstrak terkait dengan
nasional, regional, dan pengembangan dari yang

dipelajarinya di sekolah, serta

internasional.

mampu melaksanakan tugas

KOMPETENSI INTI 3 KOMPETENSI INTI 4
(PENGETAHUAN) (KETERAMPILAN)
spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

: Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)

: 216 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis jaringan berbasis

luas

4.1 Membuat disain jaringan

berbasis luas

3.2 Mengevaluasi jaringan nirkabel 4.2 Mengkonfigurasi jaringan nirkabel
3.3 Mengevaluasi permasalahan jaringan nirkabel 4.3 Memperbaiki jaringan nirkabel
3.4 Memahami jaringan fiber optic 4.4 Mengkaji jaringan fiber optic
3.5 Mengidentifikasi jenis-jenis

kabel fiber optic

4.5 Menemutunjukkan kabel fiber

optic

3.6 Menerapkan fungsi alat kerja fiber optic 4.6 Menggunakan alat kerja fiber

optic

3.7 Mengevaluasi penyambungan fiber optic 4.7 Melakukan sambungan fiber

optic

3.8 Mengevaluasi perangkat pasif

jaringan fiber optic

4.8 Mengkonfigurasikan perangkat

pasif jaringan fiber optic

3.9 Mengevaluasi permasalahan

jaringan fiber optic

4.9 Melakukan perbaikan jaringan

fiber optic

: Administrasi Infrastruktur Jaringan

: 522 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengevaluasi VLAN pada

jaringan

4.1 Mengkonfigurasi VLAN
3.2 Mengevaluasi permasalahan

VLAN

4.2 Melakukan perbaikan

konfigurasi VLAN

3.3 Memahami proses routing 4.3 Mengkaji jenis-jenis routing
3.4 Mengevaluasi routing statis 4.4 Mengkonfigurasi routing statis
3.5 Menganalisis permasalahan

routing statis

4.5 Memperbaiki konfigurasi

routing statis

3.6 Mengevaluasi routing dinamis 4.6 Mengkonfigurasi routing dinamis
3.7 Mengevaluasi permasalahan

routing dinamis

4.7 Memperbaiki konfigurasi

routing dinamis

3.8 Mengevaluasi internet gateway 4.8 Mengkonfigurasi NAT
3.9 Menganalisis permasalahan internet gateway 4.9 Memperbaiki konfigurasi NAT
3.10 Mengevaluasi firewall jaringan 4.10 Mengkonfigurasi firewall jaringan
3.11 Menganalisis permasalahan firewall 4.11 Memperbaiki konfigurasi

firewall

3.12 Mengevaluasi manajemen

bandwidth

4.12 Mengkonfigurasi manajemen

bandwidth

3.13 Menganalisis permasalahan

manajemen bandwidth

4.13 Memperbaiki konfigurasi

manajemen bandwidth

3.14 Mengevaluasi load balancing 4.14 Mengkonfigurasi load balancing
3.15 Mengevaluasi permasalahan

load balancing

4.15 Memperbaiki konfigurasi load

balancing

3.16 Mengevaluasi Proxy Server 4.16 Mengkonfigurasi Proxy Server
3.17 Menganalisis permasalahan

Proxy Server

4.17 Memperbaiki konfigurasi

Proxy Server

: Administrasi Sistem Jaringan

: 488 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan sistem operasi jaringan 4.1 Menginstalasi sistem operasi

jaringan

3.2 Mengevaluasi DHCP Server 4.2 Mengkonfigurasi DHCP Server
3.3 Mengevaluasi FTP Server 4.3 Mengkonfigurasi FTP Server
3.4 Mengevaluasi Remote Server 4.4 Mengkonfigurasi Remote

Server

3.5 Mengevaluasi File Server 4.5 Mengkonfigurasi File Server
3.6 Mengevaluasi Web Server 4.6 Mengkonfigurasi Web Server
3.7 Mengevaluasi DNS Server 4.7 Mengkonfigurasi DNS Server
3.8 Mengevaluasi Database Server 4.8 Mengkonfigurasi Database

Server

3.9 Mengevaluasi Mail Server 4.9 Mengkonfigurasi Mail Server
3.10 Mengevaluasi Control Panel

Hosting

4.10 Mengkonfigurasi Control

Panel hosting

3.11 Mengevaluasi Share Hosting

Server

4.11 Mengkonfigurasi Share

Hosting Server

3.12 Mengevaluasi Virtual Private

Server

4.12 Mengkonfigurasi Virtual

Private Server

3.13 Mengevaluasi dedicated

hosting Server

4.13 Mengkonfigurasi Dedicated

Hosting Server

3.14 Mengevaluasi VPN Server 4.14 Mengkonfigurasi VPN Server
3.15 Mengevaluasi sistem kontrol

dan monitoring

4.15 Mengkonfigurasi sistem

kontrol dan monitoring

3.16 Mengevaluasi sistem

keamanan jaringan

4.16 Mengkonfigurasi sistem

keamanan jaringan

3.17 Menganalisis permasalahan

sistem administrasi

4.17 Melakukan perbaikan sistem

administrasi

: Teknologi Layanan Jaringan

: 488 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami ragam aplikasi komunikasi data. 4.1 Menyajikan karakteristik

ragam aplikasi komunikasi

data

3.2 Menganalisis berbagai standar

komunikasi data.

4.2 Menyajikan berbagai standar

komunikasi data

3.3 Menganalisis proses

komunikasi data dalam jaringan.

4.3 Menyajikan hasil analisis proses komunikasi data
3.4 Memahami aspek-aspek

teknologi komunikasi data dan suara.

4.4 Menalar aspek-aspek

teknologi komunikasi data

dan suara

3.5 Menganalisis kebutuhan

telekomunikasi dalam jaringan.

4.5 Menyajikan hasil analisis

kebutuhan telekomunikasi

dalam jaringan

3.6 Menganalisis kebutuhan beban / bandwidth jaringan. 4.6 Menyajikan hasil analisis

kebutuhan beban/bandwidth

jaringan

3.7 Memahami konsep kerja

protokoler Server softswitch.

4.7 Menalar konsep kerja

protokoler Server softswitch

3.8 Memahami diagram rangkaian

operasi komunikasi VoIP

4.8 Menalar diagram rangkaian

operasi komunikasi VoIP

3.9 Memahami bagan dan konsep

kerja Server softswitch

berkaitan dengan PBX.

4.9 Menyajikan bagan dan konsep

kerja Server softswitch

berkaitan dengan PBX.

3.10 Menerapkan konfigurasi

ekstensi dan dial-plan Server

softswitch.

4.10 Melakukan konfigurasi

ekstensi dan dial-plan Server

softswitch

3.11 Menerapkan prosedur instalasi

Server softswitch berbasis

session initial protocol (SIP).

4.11 Menginstalasi Server

softswitch berbasis session

initial protocol (SIP).

3.12 Memahami konfigurasi

ekstensi dan dial-plan Server

softswitch

4.12 Menyajikan hasil konfigurasi

eksistensi dan dial-plan

Server softswitch.

3.13 Memahami fungsi firewall pada

jaringan VoIP

4.13 Menalar fungsi firewall pada

jaringan VoIP

3.14 Memahami prinsip kerja

subscriber internet telepon

4.14 Menalar prinsip kerja

subscriber internet telepon

3.15 Menerapkan konfigurasi pada

subscriber internet telepon

4.15 Membuat konfigurasi

subscriber internet telepon.

3.16 Mengevaluasi kerja sistem

komunikasi VoIP

4.16 Mengelola kerja sistem

komunikasi VoIP

3.17 Mengevaluasi perawatan

sistem komunikasi VoIP

4.17 Melakukan perawatan sistem

komunikasi VoIP

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.18 Menganalisis permasalahan 4.18 Melakukan perbaikan sistem
sistem komunikasi VoIP komunikasi VoIP

Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Jam Pelajaran : 350 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami sikap dan perilaku wirausahawan 4.1 Memresentasikan sikap dan perilaku wirausahawan
3.2 Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa 4.2 Menentukan peluang usaha produk barang/jasa
3.3 Memahami hak atas kekayaan

intelektual

4.3 Memresentasikan hak atas kekayaan intelektual
3.4 Menganalisis konsep

desain/prototype dan kemasan

produk barang/ jasa

4.4 Membuat desain/prototype

dan kemasan produk

barang/jasa

3.5 Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk

barang/jasa

4.5 Membuat alur dan proses

kerja pembuatan prototype

produk barang/jasa

3.6 Menganalisis lembar kerja/

gambar kerja untuk pembuatan

prototype produk barang/jasa

4.6 Membuat lembar kerja/ gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
3.7 Menganalisis biaya produksi prototype produk barang/jasa 4.7 Menghitung biaya produksi prototype produk barang/jasa
3.8 Menerapkan proses kerja

pembuatan prototype produk barang/jasa

4.8 Membuat prototype produk barang/jasa
3.9 Menentukan pengujian

kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa

4.9 Menguji prototype produk barang/jasa
3.10 Menganalisis perencanaan

produksi massal

4.10 Membuat perencanaan produksi massal
3.11 Menentukan indikator

keberhasilan tahapan produksi

massal

4.11 Membuat indikator

keberhasilan tahapan

produksi missal

3.12 Menerapkan proses produksi

massal

4.12 Melakukan produksi massal
3.13 Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa 4.13 Melakukan perakitan produk barang/jasa
3.14 Menganalisis prosedur

pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa

4.14 Melakukan pengujian produk barang/jasa
3.15 Mengevaluasi kesesuaian hasil

produk dengan rancangan

4.15 Melakukan pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar operasional
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.16 Memahami paparan deskriptif,

naratif, argumentatif, atau

persuasif tentang produk/jasa

4.16 Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
3.17 Menentukan media promosi 4.17 Membuat media promosi berdasarkan segmentasi

pasar

3.18 Menyeleksi strategi pemasaran 4.18 Melakukan pemasaran
3.19 Menilai perkembangan usaha 4.19 Membuat bagan perkembangan usaha
3.20 Menentukan standard laporan

keuangan

4.20 Membuat laporan keuangan

Respond For " KI KD Teknik Komputer dan Jaringan 2019 "

error: Content is protected !!