SOAL UPK UKK RPL 2019 K13 PAKET 1

SOAL UPK UKK RPL 2019 K13. Soal UKK UPK Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)2019 Kurikulum K13. Uji Kompetensi Keahlian (UKK) atau biasa di sebut juga Ujian Praktik Kejuruan (UPK) Siswa SMK Merupakan sebuah tantangan tersendiri buat siswa-siswa SMK. UKK Siswa SMK ada juga yang menggunakan Lembaga Sertifikasi profesi (LSP-P1) Kurikulum K13.

Soal LSP Kelas_Siswa. Kisi-Kisi Soal LSP P1 Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)2019-2020 Kurikulum K13, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki lebih dari 100 jurusan atau kompetensi keahlian. Slaah satu kompetensi keahlian yang paling banyak peminatnya adalah jurusan Kelas_Siswa

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki lebih dari 140 jurusan yang ada. Setiap jurusan-jurusan yang ada memiliki kelebihan dan kekuatan sendiri-sendiri sesuai dengan bidang yang didalami.

SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)pada tahun pelajaran 2018-2019 Kurikulum K13 untuk soal UPK/UKK yang diujikan ada 4 paket soal.

Berikut adalah soal UPK/UKK SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)Tahun Pelajaran 2018/2019. Semoga Bermanfaat.

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SOAL PRAKTIK KEJURUAN

Satuan Pendidikan  :           Sekolah Menengah Kejuruan

Kompetensi Keahlian         :           Rekayasa Perangkat Lunak

Kode                                               :           2134

Alokasi Waktu                    :           24 Jam

Bentuk Soal                        :           Penugasan Perorangan

Judul Tugas             :           Aplikasi Kasir Restoran (Table Service)

PETUNJUK UMUM

  1. Periksalah dengan teliti dokumen soal ujian praktik.
  2. Baca dan pahami maksud soal agar tidak terjadi kesalahan pekerjaan.
  3. Bekerjalah dengan memperhatikan jadwal dengan alur pengerjaan.
  4. Peralatan utama dan bahan telah disediakan sesuai dengan kebutuhan.
  5. Dalam bekerja selalu memperhatikan keselamatan kerja.

DAFTAR PERALATAN

No. Nama Alat/Komponen/Bahan Spesifikasi Minimal
  Alat  
1. Komputer (PC/Laptop) yang difungsikan sebagai server Prosesor : Dual Core 2,4 GHz (2,93GHz untuk yang memilih platform mobile)RAM : 2 GB (4GB untuk yang memilih platform mobile)KeyboardMouseMonitor
2. Komputer (PC/Laptop) yang difungsikan sebagai client Prosesor : Dual Core 2,4 GHz (2,93GHz untuk yang memilih platform mobile)RAM : 2 GB (4GB untuk yang memilih platform mobile)KeyboardMouseMonitor
3. Mobile Device Mendukung Android
4. Jaringan Komputer Menghubungkan komputer server-client dan/atau mobile device
  Komponen  
1. Sistem Operasi OS (Propietary/Linux)
2. Aplikasi tools pemrograman IDE/Text Editor (Notepad++/Eclipse/ Netbeans/Propietary/Android Studio)
3. Bahasa pemrograman C++/C#/VB.Net/Java/PHP/Javascript
4. Aplikasi server basis data Database Server (MySQL/PostgreSQL/Propietary)
5. Aplikasi Pendukung Web Server (Apache/Tomcat/Propietary)Image Editor (Propietary/GIMP/ Inkscape)Reporting Application (Jasper Report/Propietary)Aplikasi pengolah kata (Wordprocessor)
  Bahan  
1. Data-data referensi UserDaftar makanan di restoran Rekaan sendiri
2 ATK dan CD Sesuai Kebutuhan

 

SOAL/TUGAS

  1. Judul Tugas : Aplikasi Kasir Restoran (Table Service)
  2. Langkah Kerja:
    1. Lakukan Instalasi dan Pengaturan Software Tools Pemrograman
    2. Interpretasikan Spesifikasi Program yang diberikan
      • Aplikasi berbasis sistem client-server
      • Aplikasi dapat dibuat berbasis desktop, web, atau perangkat bergerak
      • Aplikasi menggunakan pembagian privilege dengan tingkatan (administrator, water, kasir, owner, danpelanggan)
    3. Buatlah Desain User Interface / wireframe (Menu, Form Modifikasi Data, dan Pelaporan)
      • Fitur minimal dan pembagian privilege dalam aplikasi
Fitur administrator waiter kasir owner pelanggan
Login X X X X X
Logout X X X X X
Registrasi X X X    
Entri referensi X        
Entri order X X     X
Entri transaksi X   X    
Generate laporan X X X X  
  • Desain dibuat dengan memperhatikan estetika dan user-friendliness
  • Form pelaporan dibuat sekomunikatif mungkin
  • Terapkan pemrograman berbasis obyek (object oriented programming)
  1. Hubungkan Aplikasi dengan Basis Data
    • Pilih dan instal aplikasi server basis data yang diinginkan
    • Buat basis data dengan PDM sebagai berikut:

Keterangan :

Desain basis data diatas adalah basis data dasar, peserta ujian dapat menambah tabel / field sesuai kebutuhan berdasarkan kreativitas agar Aplikasi yang dibuat dapat berfungsi secara maksimal.

  • Terapkan stored procedure
  • Hubungkan aplikasi dengan basis data
  • Lakukan Debugging
    • Lakukan ujicoba real-time
    • Pastikan langkah-langkah dalam pendeteksian kesalahan dilakukan dengan benar
    • Pastikan seluruh fitur berfungsi dengan baik
  • Buatlah Dokumentasi dan Manual Singkat Penggunaan Aplikasi
    • Buatlah dokumentasi fitur-fitur dalam aplikasi (user manual)
    • Buatlah dokumentasi pengembangan aplikasi

Catatan    : efisiensi baris program, kreativitas, atau inovasi akan dinilai lebih oleh penguji

soal ukk rpl 2019, soal ukk rekayasa perangkat lunak 2019, soal ukk rpl (rekayasa perangkat lunak) 2019, soal ukk 2018/2019, soal ukk smk 2017/2018, soal ujikom rpl 2018, soal ukk rpl 2019/2020, instrumen ukk smk jurusan rpl 2019

Baca Juga :

Respond For " SOAL UPK UKK RPL 2019 K13 PAKET 1 "

20 − fifteen =

error: Content is protected !!