Soal LSP Administrasi Perkantoran 2019-2020

Soal LSP Administrasi Perkantoran. Kisi-Kisi Soal LSP P1 Administrasi Perkantoran 2019-2020, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki lebih dari 100 jurusan atau kompetensi keahlian. Slaah satu kompetensi keahlian yang paling banyak peminatnya adalah jurusan Administrasi Perkantoran (AP). SMK jurusan AP setiap tahunya akan mengikuti uji kompetensi. Uji kompetensi yang dilakukan memiliki tujuan untuk mencetak tenaga kerja yang haldal dan berkualitas serta mampu menghadapi persaingan global ataupun menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

Pemerintah selaku pemangku kebijakan memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah SMK untuk melaksanakan Uji Sertifikasi Profesi bagi sekolah yang sudah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1). Banyak klaster yang diujikan di program keahlian Administrasi perkantoran dan biasanya yang digunakan adalah klaster Correspondence atau surat menyurat.

Siswa SMK jurusan Administrasi Perkantoran sudah sangat familiar dengan uji kompetensi siswa yang menggunakan materi Correspondence atau surat menyurat sebagai materi untuk uji sertifikasi profesi karena siswa sudah sering melakukan hal tersebut untuk ujian praktik setiap tingkatnya.

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang merumakan rumusan dari kemampuan-kemampuan kerja yang harus dimiliki oleh seseorang pekerja meliputi aspek pengetahuan, aspek keterampilan, beserta keahlian dan juga sikap kerja yang sesuai atau relevan dengan pekerjaan yang sesuai dengan kegiatan yang akan dijalankan atau ditugaskan oleh jabatan dan kelompok kerja tertentu.

SKKNI dalam klaster correspondence atau surat menyurat mencakup beberapak unit kompetensi yang diujikan berikut adalah kisi-kisi Soal LSP P1 Administrasi Perkantoran 2019-2020.

  1. Pengoperasian Komputer dan Perangkat Keras.
  2. Membuat atau menciptakan dokumen dan memproduksi dokumen.
  3. Membaca dan menulis dalam bahasa inggris tingkat dasar.

Hal-hal diatas merupakan standar minimal yang dibutuhkan oleh perusahan dalam bidang SKKNI yang nanti lulusan siswa SMK yang lulus dapat bekerja sebagai tenaga staf di bidang administrasi. Siswa jurusan Administrasi perkantoran dianggap kompeten atau memenuhi syarat minimal dalam SKKNI harus bisa :

  1. Membuat Konsep Surat Pribadi.
  2. Membuat Konsep Surat Dinas.
  3. Membuat Konsep Surat Niaga Dalam Bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
  4. Mengetik Surat.
  5. Menggandakan Surat.
  6. Membuat Sampul Surat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengerjaan harus memperhatikan aspek-aspek :

  1. Tata Letak atau Layout
  2. Konten atau Isi
  3. Tata Bahasa Yang Digunakan

Hal-hal diatas perlu diperhatikan dengan sangat teliki dikarenakan hal-hal tersebut akan sangat berpengaruh dalam dalam baik tidaknya sebuah surat itu disusun atau dibuat. Pada zaman dewasa ii surat merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam administrasi perkantoran. Walaupun sekarang sudah zamanya penggunaan media digital dalam pembuatan dan pengiriman surat tetapi surat dengan bentuk fisik masih sangat dibutuhkan untuk administrasi data yang ada.

Soal LSP Administrasi Perkantoran

Pada tahun 2017-2019 LSP-P1 SMK Yang memiliki jurusan administrasi perkantoran biasanya akan menggujikan 2 klater yaitu Mail Handling dan Filing dari kedua klaster yang ada saling berkaitan satu sama lainya. Materi yang diujikan pada klaster Main Handling meliputi :

  1. Pengurusan Surat Masuk dan Keluar.
  2. Membuat Surat
  3. Menggandakan Surat

Sedangkan untuk materi Filling adalah materi berkaitan tentang :

  1. Pengarsipan Surat Masuk dan Surat keluar menggunakan sistem aplikasi yang sudah ditentukan oleh penyelenggara Uji Sertifikasi profesi.

Siswa yang dinyatakan kompeten oleh asesor dalam Uji Sertifikasi Profesi yang dilaksanakan maka dengan paraturan yang berlaku siswa tersebut akan mendapatkan sertifikat yang sesuai dengan klaster yang diujikan. Dengan demikian maka siswa tersebut siap untuk bersaing dan siap untuk memasuki dunia kerja.

Terima kasih. Semoga artikel dengan judul Kisi-Kisi Soal LSP P1 Administrasi Perkantoran 2019-2020 dapat berguna bagi para pembaca semuanya. Salam Literasi Pendidikan Indonesia.

Lans Rohman 2019.

Baca Juga : Pembahasan dan Kunci Jawaban Soal Praktik UKK SMK Jurusan Akuntansi Tahun Pelajaran 2018/2019

Respond For " Soal LSP Administrasi Perkantoran 2019-2020 "

20 − 19 =

error: Content is protected !!