Sejarah Jaringan

Sejarah Jaringan Konsep jaringan komputer bermula tahun 1940, dengan munculnya komputer MODEL I. Tujuan pengembangan komputer ini adalah untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama-sama. Kemudian dikembangkan tehnik Batch Processing, yaitu beberapa proses bisa dijalankan dalam satu komputer dengan sistem antrian.

Pada tahun 1950-an lahir super komputer, yang mampu melayani heberapa terminal dengan dukungan sistem proses yang terdistribusi atau TSS (Time Sharing System), yang merupakan awal berkembangnya teknologi jaringan (network) komputer.

Seiring meningkatnya kebutuhan manusia maka beban kerja juga semakin besar ditambah harga hard ware yang mahal, menjadikan altematif sistem pr0ses terdistribust menjads pilhan utama dalam membantu kerja manusia.

Baca Juga : UML Activity Diagram.

Dengan semakin murahnya harga komputer ditunjang teknologi jaringan yang semakin baik, maka mulailah bermunculan beraneka ragam model koneksi dan distribusi proses dalam jaringan.

Sejarah Jaringan : Prinsip Jaringan Komputer.

Stand Alone adalah keadaan komputer yang tidak terhubung dengan komputer lain. Sedanglkan jika komputer Anda terhubung dengan komputer dan peralatan-peralatan lain sehingga membentuk suatu grup dengan suatu prosedur dan aturan sama sehingga memungkinkan dapat saling berkomunikasi disebut sebagai network (jaringan).

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang dihubungkan satu dengan yang lainnya dengan menggunakan protokol melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, hard disk, dan sebagainya.

Prinsip dasar jaringan adalah proses pengiriman data dari pengirim ke penerima melalui suatu media komunikasi tertentu Seperti anda melakukan proses pengiriman surat dari kota tempat tinggal anda menuju alamat kota lain bahkan nesara lain melalui kantor pos. Sebenamya proses jaringan menggunakan prinsip yang sama seperti pengiriman sural ke kantor pos.

Tujuan Jaringan.

Tujuan utama suatu jaringan komputer adalah membawa informasi dari sisi pengirim menuju sisi penerima melalui media komunikasi.

Ada beberapa kendala dalam membangun jaringan komputer, yaitu:

  • Mahalnya peranti dan teknologi komunikasi yang tersedia
  • Jalur transmisi yang digunakan tidak benar-benar bebas dari noise.

Baca Juga :

Respond For " Sejarah Jaringan "

2 × 5 =

error: Content is protected !!