Pendidikan Vokasi 16 Prinsip Dalil Prosser

Pendidikan Vokasi 16 Prinsip Dalil Prosser

Pendidikan Vokasi 16 Prinsip Dalil Prosser – Prosser merupakan seorang akademisi atau praktisi dari Amerika serikat. Prosser memiliki nama lengkap Dr. Charles Allen Prosser Lahir Tahun 1871 dan Meninggal tahun 1952.

Prosser sering dianggap sebagai bapak pendidikan kejuruan atau bapak pendidikan vokasi. Prosser mendapatkan gelas PhD setelah kuliah di Columbia University. Prosser ternyata adaselah seorang guru Fisika dan Sejarah di New Albany High School.

Keterkaitan Teori Prosser Dengan Pelaksanaan Pendidikan Kejuruan

Dengan 16 Prinsip atau 16 Dalil Prosser membuat dirinya menjadi sangat terkenal dikalangan akademisi pendidikan vokasi dan kejuruan di Indonesia.

Menurut Prosser bahwa pendidikan vokasi atau pendidikan kejuruan pada jenjang Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan akan mampu menjadikan para siswa dan alumni sekolah tersebut menjadi lebih Independen.

MAKALAH TEORI PROSSER

Ciri ciri pendidikan vokasional : Prosser juga meyakini bahwa sekolah juga harus membantu dan terlibat dalam membantu para siswanya untuk memperoleh pekerjaan, mempertahankan pekerjaan yang dimiliki dan terus maju dalam karirnya.

Sekolah Vokasi adalah sekolah yang menyediakan pelajaran dan kompetensi untuk berbagai jenis-jenis pekerjaan yang ada di dunia kerja dan dunia industri.

Berikut akan kami sampaikan 16 Prinsip Prosser yang sudah diterjemahkan di dalam bahasa indonesia.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  1

Pendidikan kejuruan akan efisien jika lingkungan dimana siswa dilatih merupakan replika lingkungan dimana nanti ia akan bekerja. “The training environment is the working environment itself or a replica of the working environment.”

Jika menggunakan prinsip ini maka sekolah harus memberikan fasilitas yang berupa replika atau berupa keadaan yang seperti dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri saat ini. Oleh karena itu sekolah harus menyediakan Bengkel atau Laboratorium yang sesuai dengan perkembangan teknologi yang terjadi di DU/DI.

Ciri ciri pendidikan vokasional : Biaya yang besar diperlukan untuk menerapkan prinsip yang satu ini. Sekolah dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi di DU/DI.

Dengan adanya fasilitas praktik yang sama dengan fasilitas di tempat DU/DI maka siswa akan terampil dalam menggunakan alat-alat yang sudah dipelajari sejak di banku sekolah. Pidah DU/DI juga akan dimudahkan dan akan sangat terbantu dengan adanya sistem yang seperti ini.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  2

Pendidikan kejuruan yang efektif hanya dapat diberikan dimana tugas-tugas latihan dilakukan dengan cara, alat dan mesin yang sama seperti yang ditetapkan di tempat kerja. “The training jobs are carried on in the same way as in the occupation itself.

Dengan adanya cara yang sama alat yang sama dan mesin yang sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri maka siswa tidak akan sulit dalam beradaptasi ketika memasuki dunia kerja. Tugas-tugas yang sudah dikerjakan siswa seharusnya sudah mengacu dengan SOP yang berada di perusahaan.

Diharapkan sekolah juga mampu untuk menyelenggarakan praktik kerja langsung di dunia usaha dan dunia industri. Dengan adanya sistem praktik di dunia industi maka siswa akan mengetahui cara, alat dan mesin yang berada pada perusahaan dan mulai dari awal siswa akan mempelajari dan mengerti penggunaan alat yang berada pi perusahaan atau Dunia Usaha / Dunia Industri.

Pendidikan Vokasi 16 Prinsip Dalil Prosser

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  3

Pendidikan kejuruan akan efektif jika melatih seseorang dalam kebiasaan berpikir dan bekerja seperti yang diperlukan dalam pekerjaan itu sendiri.” The trainee is trained specifically in the manipulative habits and thinking habits required in the occupation itself.

Suasana Industri atau Budaya Industri harus ditumbuhkan sekolah-sekolah vokasi atau kejuruan. Dengan adanya kebiasaan berfikir dan kebiasaan bekerja maka siswa akan dengan mudah memili pola fikir dan kesiapan diri ketika berada di Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Lingkungan industri seharusnya juga sudah mulai diterapkan dalam lingkungan sekolah. Dengan adanya lingkungan, Suasana dan budaya industri yang berada di sekolah maka akan mempermudah siswa dalam belajar dan akan memberikan gambaran kepada siswa tentang situasi yang sebenarnya di tempat kerja nantinya.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  4

Pendidikan kejuruan akan efektif jika dapat memampukan setiap individu memodali minatnya, pengetahuannya dan keterampilannya pada tingkat yang paling tinggi. “The training helps the trainee to capitalize his interests and abilities to the highest possible degree.

Untuk mendapatkan hasil pendidikan kejuruan yang efektif sekolah diharapkan untuk memfasilitasi minat dan bakat siswa dengan secara penuh. Pengembangan pengetehuan siswa diberikan dengan tingkatan atau level pelajaran yang berbeda dikarenakan setiap siswa memiliki kemampuan tersendiri dalam mengerti dan mampu menyerap ilmu yang diberikan oleh guru.

Keterampilan siswa diharapkan bisa di asah untuk ke level yang paling tinggi berfungsi untuk memahamkan siswa bahya kompetensi yang berada sekarang levelnya sama dengan yang dimili oleh para pekerja di perusahaan. Siswa diaharapkan lebih berperan  aktif dalam pengembangan minat, pengetahuan dan keterampilan diri masing-masing.

Pendidikan Vokasi 16 Prinsip Dalil Prosser

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  5

Pendidikan kejuruan yang efektif untuk setiap profesi, jabatan atau pekerjaan hanya dapat diberikan kepada seseorang yang memerlukannya, yang menginginkannya dan yang mendapat untung darinya. ” The training is given to those who need it, want it, and are able to profit by it.”

Provit atau sebuah keuntungan merupakan salah satu tujuan dalam pendidikan kejuruan yang efektif. Setiap jabatan, profesi atau pekerjaan seharusnya hanya dapat di isi atau diberikan kepada seseorang yang memerlukanya dan membutuhkanya.

Teori vokasional : Tetapi pengalaman di sekolah-sekolah masih banyak siswa yang ketika masuk di dunia ppendidikan vokasi atau kejuruan dalam memilih atau menentukan jurusan yang dipilih masih banyak yang hanya asal dan belum memiliki dasar yang kuat dalam penentuan jurusan.

Teori vokasional : Dengan adanya hal tersebut mengakibatkan bakat dan potensi yang dimiliki oleh siswa tidak tersalurkan dengan benar pas. Dikarenakan siswa tidak memiliki semangat dan motivasi dalam belajar tentang materi kejuruan atau vokasi.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  6

Pendidikan kejuruan akan efektif jika pengalaman latihan untuk membentuk kebiasaan kerja dan kebiasaan berpikir yang benar diulang-ulang sehingga sesuai seperti yang diperlukan dalam pekerjaan nantinya. ” Adequate repetitive training in experiences from the occupation fixes right habits of doing and thinking to the degree necessary for employment.

Dengan siswa melakukan latihan yang benar dan dikerjakan berulang-ulang maka akan memberikan pengalaman yang luar biasa untuk siswa tersebut. Pengalaman dan keterampilan sangat dibutuhkan oleh siswa di dalam dunia kerja.

Siswa akan dengan sendirinya terampil jika siswa tersebut bisa mengerjakan pekerjaan secara berung-ulang dan paham langkah demi langkah sesuai dengan SOP yang diberikan.

Makalah 16 Prinsip Prosser

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  7

Pendidikan kejuruan akan efektif jika gurunya telah mempunyai pengalaman yang sukses dalam penerapan keterampilan dan pengetahuan pada operasi dan proses kerja yang akan dilakukan. ” The instructor is himself master of the skills and knowledge he teaches.

Guru di SMk atau sekolah vokasi atau sekolah kejuruan diharapkan juga memiliki pengalaman di dunia kerja secara nyata. Dengan adanya magang untuk guru dan siswa diharapkan guru setelah magang bisa memberikan pengertian kepada siswa dan memberikan pengalaman yang sangat berharga kepada siswa.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  8

Pada setiap jabatan ada kemampuan minimum yang harus dipunyai oleh seseorang agar dia tetap dapat bekerja pada jabatan tersebut. ” Training is carried to the point where it gives the trainee a productive ability with which he can secure employment or hold employment.

PHILOSHOPY PENDIDIKAN KEJURUAN : Kompetensi yang dimiliki guru adalah salah satu hal mendasar yang harus disiapkan oleh sekolah. Kemampuan dasar atau kemempuan minimum akan memberikan awal yang sangat berguna bagi siswa. Dengan adanya kemanpuan dasar dan kemampuan minimum maka jika suatu perusahaan membutuhkan tenaga terampil dengan jumlah banyak maka akan mudah untuk ditemukan.

Makalah 16 Dalil Prosser

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  9

Pendidikan kejuruan harus memperhatikan permintaan pasar. ” Training meets the market demands for labor whatever these may be in any given occupation.

PHILOSHOPY PENDIDIKAN KEJURUAN : Sekolah kejuruan diharapkan membuka jurusan kompetensi yang sesuai dengan pasar. Jangan hanya mengejar banyaknya siswa yang bisa di tampung di jurusan tersebut. Tetapi bagaimana kita bisa mengkondisikan kebutuhan pasar sebagai acuan dalam pembentukan jurusan baru.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  10

Proses pembinaan kebiasaan yang efektif pada siswa akan tercapai jika pelatihan diberikan pada pekerjaan yang nyata (pengalaman sarat nilai). ” Training is given on actual jobs and not in exercises or pseudo jobs.

Prakerin (PKL) praktek kerja industri atau praktek kerja lapangan sudah di jalankan oleh sekolah-sekolah. Dengan adanya Prakerin maka anak akan di ajarkan bagaimana caranya bekerja di dunia kerja yang sebenarnya dan juga siswa akan mendapatkan banyak manfaat.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  11

Sumber yang dapat dipercaya untuk mengetahui isi pelatihan pada suatu okupasi tertentu adalah dari pengalaman para ahli okupasi tersebut. ” The content of the training which is taught  is obtained from masters from the occupation, not theorists.

PRINSIP PEND KEJURUAN CHARLES PROSSER : Literasi atau sumber bacaan dan sumber pemecahan masalah sekarang sudah sangat mudah bisa ditemui. Dengan adanya internet akan mempermudahkan siswa dalam mencari sumber bacaan dan sumber literasi.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  12

Setiap pekerjaan mempunyai ciri-ciri isi (body of content) yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. ” This teaching contents applies so directly and specifically to the occupation that it has functioning value for this occupation only.

Makalah teori prosser: Denngan adanya perbedaan satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lain diharapkan siswa bisa fokus dalam mempelajari satu kompetensi. Siswa dengan fokus dalam memahami satu kompetensi maka siswa akan ahli dalam bidang tersebut dan akan dengan mudah mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  13

Pendidikan kejuruan akan merupakan layanan sosial yang efisien jika sesuai dengan kebutuhan seseorang yang memang memerlukan dan memang paling efektif jika dilakukan lewat pengajaran kejuruan. ” The training needs of any group are met at the time they most require help and in the way that gives the most help.

PRINSIP PEND KEJURUAN CHARLES PROSSER : Setiap kompetensi atau bidang keahlian memerlukan materi, bahan ajar, pendekatan dan metode pembelajaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu maka membutuhkan sumber daya yang besar dalam penerapanya.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  14

Buku prosser :Pendidikan kejuruan akan efisien jika metode pengajaran yang digunakan dan hubungan pribadi dengan peserta didik mempertimbangkan sifat-sifat peserta didik tersebut. ” The particular characteristics of those it serves are considered –both in methods of instruction and in personal relations with learners.

Makalah teori prosser : Dengan banyaknya siswa yang diajar oleh satu orang guru maka setiap anak membutuhkan pendekatan yang berbeda-beda. Setiap anak memiliki karakteristik tersendiri dan memiliki kemampuan dan bakat yang berbeda-beda. Oleh karena itu guru diharapkan bisa menampung semua kebutuhan dan keinginan anak didiknya. Dan juga guru diharapkan bisa memfasilitasi para siswa semuanya.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  15

Administrasi pendidikan kejuruan akan efisien jika luwes. ” The administration is elastic and fluid.

Dengan fleksibilitas administrasi pendidikan di sekolah kejuruan atau vokasi maka akan memberikan efek yang luar biasa kepada siswa. Tetapi juga harus ada manajemen mutu yang tinggi untuk mengawasi setiap administrasi yang ada disana.

PRINSIP ATAU DALIL PROSSER KE  16

Pendidikan kejuruan memerlukan biaya tertentu dan jika tidak terpenuhi maka pendidikan kejuruan tidak boleh dipaksakan beroperasi. ” The funds expended on training are at least sufficient to permit good training to be done.”

Ini merupakan bagian buku prosser yang paling krusial dalam manajemen dalam pendidikan kejuruan. Dengan adanya dana yang dialokasikan secara tepat akan mempermudah perkembangan sekolah tersebut.

Terima kasih. Sekian dahulu untuk artikel dengan judul Pendidikan Vokasi 16 Prinsip Dalil Prosser

kali ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya.

Penelusuran terkait dengan dalil prosses :

buku prosser, makalah teori prosser, teori vokasional, ciri ciri pendidikan vokasional, latihan vokasional adalah

Baca Juga Artikel Terkait :

Respond For " Pendidikan Vokasi 16 Prinsip Dalil Prosser "

10 − 5 =

error: Content is protected !!