Cara Cek Nilai UNBK 2019 Online SMP, SMA dan SMK
Cara Cek Nilai UNBK 2019 Online SMP, SMA dan SMK

Cara Cek Nilai UNBK 2019 Online SMP, SMA dan SMK – Kemendikbud melalui puspendik memberikan fasilitas untuk mengecek nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Setelah pelaksanaan UNBK selesai di laksanakan, maka nilai hasil ujian nasional sudah bisa di lihat di website Puspendik.

Nilai UNBK ini di dapat dengan susah payah oleh para peserta didik. Demi mendapatkan nilai yang maksimal diharapkan siswa lebih giat dalam belajar dan mempersiapkan diri untuk mengikuti UNBK.

Baca Juga : Aplikasi CBT Online, APlikasi Ujian Online

Cara Cek Nilai UNBK Online 2019 Untuk SMP, SMA dan SMK baik negeri maupun swasta bisa di lihat melakui portal website milik Puspendik Kemendikbud dengan alamat website (https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/)

Cara Cek Nilai UNBK 2019 Online SMP, SMA dan SMK

Untuk melihat nilai UNBK secara online bisa dengan menggunakan alamat URL di atas. Pada Website tersebut hanya menampilkan rekapitulasi hasil Ujian Nasional dan Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat sekolah atau madrasah seluruh wilayah Negara Indonesia.

Cara Cek Nilai UNBK 2019 Online SMP, SMA dan SMK

Untuk bisa melihat rekap hasil ujian nasional tingkat sekolah ada beberapa filter yang di siapkan dan harus di isi supaya bisa melihat hasil yang kita ingginkan. Untuk data yang perlu di filter adalah :

  1. Jenjang : ada pilihan jenjang SMP/MTS, SMK dan SMA/MA
  2. Provinsi : berisi 34 Provinsi di Indonesia.
  3. Kota/Kabupaten : berisi kota dan kabupaten di setiap Provinsi
  4. Status Sekolah : Swasta atau negri
  5. Jenis Sekolah : dari SMP, MTS, Terbuka, SMA, MA, SMK Negri dan Swasta.

Jika data sudah di pilih maka nilai ujian nasional bisa di tampilkan berdasarkan rerata sekolah masing-masing.

Cara Cek Nilai UNBK 2019 Online SMP, SMA dan SMK

Kalo dengan memilih data di atas terasa cukup ribet. Ada juga cara yang bisa kita gunakan. Yaitu dengan cara pencarian dengan menggunakan NPSN atau Kode Sekolah.

Cara Cek Nilai UNBK 2019 Online SMP, SMA dan SMK

Pada halaman hasil UN Puspendik Kemendikbud tidak menampilkan Nilai UN untuk masing-masing peserta didik. Website tersebut hanya menampilkan rata-rata hasil UN untuk setiap sekolah saja.

Bagi para peserta didik yang menginginkan melihat data nilai siswa bisa bertanya kepada sekolah masing-masing apakah ada cara melihat nilai secara online ataukan masih menggunakan cara offline.

Sekian artikel tentang Cara Cek Nilai UNBK Online SMP, SMA dan SMK 2019. Semoga Bermanfaat

Salam Literasi Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here